Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan Yang Benar

Wednesday, May 31st, 2017 - Tips

Selamat datang di situs kita yang menyajikan berbagai macam informasi berkaitan dengan perkembangan harga property yang selalu up to date, Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan Yang Benar.

Rangka Atap – Pembuatan rumah dengan rangka atap baja ringan sekarang ini sudah mulai populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun dalam pemasangannya tidak boleh dilakukan sembarangan karena selain ditentukan oleh kualitas dari rangka tersebut kita juga harus bisa menghitung luar dari rangka baja ringan sehingga dengan begitu kita bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan rangka baja tersebut.

Sebelum kita membahas mengenai cara menghitung rangka baja ringan ada baiknya saya jelaskan lebih dulu apa itu sebenarnya rangka atap baja. Material yang satu ini sering dipakai dalam pembuatan rumah modern dengan atap rangka baja menggantikan model lama yaitu yang biasanya terbuat dari kayu.

Rangka atap baja memiliki banyak kelebihan seperti misalnya lebih kuat, lebih tahan lama, tahan terhadap rayap, tidak mudah berkarat dan yang pasti pemasangannya juga lebih cepat. Rangka atap ini sekarang sudah sering dipakai dalam pembuatan rumah, perkantoran, pertokoan sampai gedung pabrik.

Karena terbuat dari rangka atap baja maka proses pemasangannya tidak sama seperti kayu, rangka jenis ini membutuhkan baut untuk menyatukan antara bahan yang satu dengan yang lainnya.

Nah untuk menentukan berapa luas dari bahan atap baja ringan yang dibutuhkan anda harus lebih dulu mengetahui rumusnya. Ada dua cara menghitung luas dari rangka baja ringan tersebut yang pertama yaitu memakai cara manual atau menghitung sendiri dengan bantuan rumus dan satu lagi adalah menggunakan bantuan aplikasi.

Menghitung luas rangka atap baja bisa dibilang gampang-gampang susah, mungkin bagi yang belum pernah melakukan atau baru kali ini pasti akan sedikit mengalami kesulitan namun bagi mereka yang memang bidangnya jelas tidak ada masalah sama sekali.

Baca juga : Harga Atap Galvalum Dan Seng Gelombang Terbaru

Cara menghitung luas rangka atap baja ringan adalah menggunakan luas permukaan miring, dimana luas rangka atap baja ringan telah meliputi oversteck dan kemiringan atap. Dengan cara penghitungannya sebagai berikut :

Misal:

  • Panjang     : 10 m1
  • Lebar        : 10 m1
  • Oversteck : 0.60 m
  • Kemiringan atap: 30 derajat (cosinus 30 = 0.8660)
  • Bentuk atap limas (jatuh air ke empat sisi) dengan oversteck keliling ( depan, belakang, kanan,kiri )

Menentukan luas datar:

Luas Datar = (Panjang + oversteck) x (lebar + oversteck)

= (10+0.6+0.6) x (10+0.6+0.6)

= 11.2 x 11.2

= 125.44 m2

Menentukan Luas Miringnya:

Luas Miring = Luas datar / cosinus kemiringan atap

= 125.44 / 0.8660

= 144.85 m2

Maka Luas Rangka atap Baja ringannya adalah = 144.85 M2

Source:

cara menghitung kemiringan atap baja ringan,atap baja,cara menghitung kap bajaringan jatuh air kedua sisi,cara menghitung kemiringan rumah baja ringan,cara menghitung obnaman pemasngan bajaringn model miring teras depan,cara mrmbuat rangka bajs ringan air jatuh ke depan,rangka atap baja ringan lebih tahan lama

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan Yang Benar | hargadepo | 4.5