Harga Dan Ukuran Aanstamping


Perhitungan Dan Ukuran Aanstamping – Pondasi suatu bangunan biasanya terbagi dalam beberapa bagian atau lapisan, termasuk pondasi batu kali. Beberapa bagian tersebut adalah lapisan pasir urug, kemudian aanstamping yang berguna sebagai bagian badang dalam bentuk pondasi batu belah.



Sebagian besar dari Anda terutama yang masih awam dengan dunia bangunan tentunya masih asing jika mendengar istilah aanstamping. Konstruksi ini juga biasa disebut sebagai aanstampang (susunan batu kosong) yang memiliki fungsi sebagai drainase untuk dapat mengeringkan air tanah yang ada di sekitar pondasinya.

Oleh karena itulah, pembuatan struktur aanstampang penting untuk diperhatikan saat membangun rumah, khususnya bagi bangunan yang menggunakan pondasi turap batu kali. Tetapi masih banyak juga yang masih belum mengerti fungsi dan cara menghitung kebutuhannya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai aanstamping mulai dari pengertian, bahan, ukuran, fungsi, volume, sampai dengan harganya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi

Pengertian dan Bahan Aanstamping

 



Aanstamping memang menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam suatu alas bangunan. Konstruksi yang satu ini adalah susunan batu-batu di atas lapisan pasir urug yang memiliki tinggi mulai dari 20 cm sampai dengan 25 cm. Sedangkan untuk panjangnya mengikuti pondasinya.

Dalam dunia bangunan, aanstampang juga biasa disebut sebagai batu kosong. Biasanya pekerjaan pemasangan batu kosong ini digantikan oleh beton cor. Bahkan pada hunian rumah seringkali menggunakan struktur tersebut hanya karena ingin menambah biaya untuk pondasinya.

Sedangkan bahan yang digunakan dalam pembuatan aanstamping atau aanstampang ini adalah batu kali yang memiliki diameter kurang lebih sekitar 10 sampai dengan 15 cm, disusun tegak dan rapat tanpa adukan sama sekali (batu kosong), di sela-sela-nya diisi oleh pasir urug dalam jumlah cukup yang disiram dengan air hingga penuh lalu ditumbuk atau dipadatkan sampai padat merata.

Sehingga nantinya sudah tidak ada rongga kosong dan pastinya susunan batu akan menjadi kokoh bersama-sama.



Fungsi Aanstamping

Aanstamping memiliki fungsi untuk menyerap beban kemudian menyebarkannya ke bagian bawah, sehingga untuk pondasinya akan menerima beban yang lebih besar. Selain itu, bagian struktur bangunan ini juga berguna sebagai rol sehingga kekakuan yang diakibatkan oleh reaksi gempa bisa dihindari.

Diatas sudah kami singgung bahwa penerapan batuan kosong ini memiliki kegunaan untuk menambah kekuatan pondasinya. Dengan begitu konstruksi yang ada di atasnya akan menjadi kuat dan kokoh. Maka dari itu, jika ingin membangun hunian rumah sangat disarankan untuk menambah aanstampang pada konstruksi pondasinya. Hal ini bertujuan supaya hunian bisa tahan lama dan tidak mudah mengalami roboh.

Ukuran Aanstamping



Leave a Reply

Your email address will not be published.