Mengenal Air Curtain, Fungsi Dan Harganya


Mengenal Air Curtain, Fungsi Dan Harganya – Air curtain atau yang biasa disebut dengan tirai udara merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menyekat udara luar dan dalam ruangan. Tirai ini berupa udara yang berasal dari blower kipas. Jadi tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun masih bisa dirasakan dengan indra-indra yang lainnya.



Selain untuk menyekat udara, alat ini juga bisa mencegah masuknya hal-hal yang terkontaminasi. Misalnya saja seperti asap knalpot, asap, bau yang berbahaya, dan debu-debu. Sehingga ruangan akan tetap dipenuhi oleh udara bersih (dengan syarat tidak ada aktivitas yang dapat merusak udara), suhunya akan terasa sejuk meskipun di luar sangat pans dan tetap terasa hangat jika di luar dingin.

Alat ini biasanya diletakkan pada pintu masuk suatu area atau bangunan. Namun seringkali ditempatkan pada pertemuan antara dua area seperti area indoor dengan outdoor yang mempunyai ketimpangan suhu udara.

Baca juga: Perbedaan AC Low Watt Dan AC Inverter

Baca juga: Harga AC Standing Kecil Untuk Kamar

Fungsi Air Curtain

Pada pembahasan di atas, sudah kami singgung sedikit mengenai fungsi dari air curtain. Untuk melengkapi pembahasan tersebut maka kami akan membahas secara lebih lengkap mengenai beberapa fungsi lainnya, yaitu:

  1. Menjaga Suhu Ruangan

Suhu udara ruangan bisa mengalami perubaha jika ada interaksi dengan area yang mempunyai suhu lebih tinggi atau lebih besar serta kapasitas udaranya lebih besar. Seperti misalnya, rumah yang dipasang AC maka suhunya bisa berubah jika pintu dan jendela pada ruangan dibuka lebar.



Dalam hal ini tirai udara akan berfungsi untuk memblokade paparan dari suhu yang berada di luar ruangan menjadi titik peletakanya. Udara yang berasal dari blower ke bawah akan langung menghalau udara yang masuk pada ruangan tersebut.

  1. Menghalau Udara yang Terkontaminasi

Ada banyak sekali hal-hal yang dapat mengkontaminasi udara di dalam ruanga. Seperti misalnya asap yang berasal dari terbakarnya suatu benda, asap kendaraan bermotor, atau bisa juga bau yang tidak sedap.

Alat ini nantinya akan berfungsi sebagai penghalang masuknya udara-udara yang terkontaminasi. Sehingga udara tersebut nantinya tidak akan bisa masuk ke dalam ruangan dan tetap berada di luar.

  1. Sebagai Penghalang Masuknya Serangga

Tirai udara berupa udara yang berasal dari alat ini juga memiliki fungsi untuk menghalangi masuknya serangga-serangga ke area lokasi. Sehingga dipastikan bahwa hewan-hewan seperti lalat atau nyamuk tidak bisa masuk melewati pintu masuk dengan tirai udara.



  1. Membuat Ruangan Lebih Sedikit Terpapar Debu

Adaya hembusan angin kencang yang berasal dari blower air curtain, debu-debu dari area luar juga bisa dihalau sehingga tidak bisa masuk ke dalam. Debu-debu tersebut akan berada di luar dan area di dalamnya tidak akan kotor.

Baca juga: Alamat Distributor AC Daikin

  1. Tingkat Efektivitas dari Tirai Udara



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *