Pengertian, Analisa Dan Fungsi Beton Tumbuk


Sebelum membahas lebih jauh, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan beton tumbuk? Kami disini akan memberikan pembahasan secara lengkap tentang beton tumbuk beserta fungsi dan analisa pekerjaannya. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Baca juga: Analisa Pekerjaan Beton Mutu K175

Pengertian Beton Tumbuk



Beton tumbuk merupakan salah satu jenis campuran beton yang memiliki kandungan semen kurang dari 10%. Inilah yang membuat beton tumbuk menjadi bahan dengan kekuatan rendah dan biasa digunakan sebagai alternatif untuk tanah yang dipadatkan.

Bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan beton tumbuk adalah dari campuran beton sitemix 1 pc : 3 ps : 5 kr. Namun bisa juga menggunakan beton ready mix B0 ataupun readymix K-125. Hal tersebut tergantung dari pihak perencana. Beton tumbuk untuk lantai kerja biasanya diperhitungkan dengan menggunakan satuan m3 atau bisa juga dalam satuan m2.

Baca juga: Perhitungan Borongan Dak Cor Beton

Pembuatan Lantai Kerja

Lantai kerja adalah pekerjaan yang biasa dilakukan pada konstruksi bangunan dengan lingkup dan kondisi lingkungan yang sangat kompleks. Ketebalan lantai kerja adalah sekitar 10 sampai dengan 15 cm.  Dalam pembuatan lantai kerja maka beton bertulang tidak boleh diletakkan secara langsung di atas permukaan tanah. Terkecuali jika ditetapkan lain, maka lantai kerja harus dibuat dengan tebal sekitar 5 cm di atas tanah sebelum penempatan beton bertulang.



Leave a Reply

Your email address will not be published.