Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per M2


Menghitung Biaya Konstruksi Baja – Di jaman modern seperti sekarang ini banyak ditemukan bangunan rumah, gedung, kantor ataupun apartemen yang dibangun dengan menggunakan konstuksi baja. Saat melakukan proses pembangunan pastinya Anda akan menginginkan bangunan yang bisa berdiri kokoh dan tahan lama. Nah, konstruksi baja bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Baja dapat digunakan sebagai bahan rangka bangunan karena menawarkan banyak keunggulan dibandingkan bahan lainnya. Beberapa keunggulannya adalah tahan terhadap gempa bumi, kebakaran, dan juga banjir. Bahkan untuk masalah ketahanan dan kekuatan baja juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jika berbicara tentang konstruksi baja, hal penting yang tak boleh terlewatkan adalah masalah perhitungan. Dalam hal ini perhitungannya harus dilakukan secara tepat untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Namun usahakan untuk menggunakan jasa teknik sipil supaya lebih efektif dan efisien. Sebab, dengan demikian hasil perhitungan nantinya akan bisa untuk dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Detail Biaya Pembuatan Gudang Konstruksi Baja

Manfaat Konstruksi Baja untuk Bangunan

Bagi Anda yang sekarang ini memiliki rencana untuk membangun berbagai bangunan komersil seperti ruko, gudang, pabrik, ataupun ingin menggunakannya dalam pembangunan rumah maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah manfaat konstruksi baja dalam pembangunan suatu bangunan. Berikut ini adalah beberapa manfaat konstruksi baja yang perlu Anda ketahui.

  1. Proses pengerjaan bisa lebih cepat dilakukan sehingga akan menghemat biaya tenaga pembangunan. Bahkan pembangunan struktur baja akan lebih menghemat waktu pengerjaan hingga berbulan-bulan.
  2. Menekan biaya arsitektur, dalam penggunaan struktur baja ini tidak perlu lagi dibungkus menggunakan beton supaya terlihat bagus. Anda hanya perlu melakukan pengecatan untuk memperbaiki penampilan.
  3. Struktur jauh lebih kuat dan mampu tahan lama. Sehingga selain berfungsi sebagai bangunan, struktur baja juga dapat dijadikan sebagai invetasi dalam jangka panjang karena harga baja tidak akan turun jauh meskipun bekas bongkaran.
  4. Memang sangat cocok jika digunakan untuk berbagai bangunan komersil seperti ruko, restoran, ataupun rumah. Selain itu karena proses pembangunannya yang terbilang sangat cepat maka bangunan bisa lebih cepat untuk digunakan sehingga secara tidak langsung keuntungan juga akan segera didapatkan.

Tips Menghitung Biaya Konstruksi Baja

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa perhitungan konstruksi jasa bisa dilakukan dengan menggunakan jasa teknik sipil. Namun tak menutup kemungkinan, perhitungan ini juga bisa Anda lakukan sendiri.

Perhitungannya memang harus dilakukan dengan teliti dan tidak boleh sembarang. Maka dari itu, kami disini akan memberikan tips dalam menghitungan biaya konstruksi baja.  Beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam menghitung biaya konstruksi baja adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu bagaimana posisi yang tepat mengenai kolom atau balok. Perhatikan secara seksama untuk mendapatkan hasil perhitungan secara lebih akurat.
  2. Menentukan struktur dan kolom yang ingin digunakan, seperti misalnya pada plat lantai, jenis atap, balok, dan juga kuda-kuda yang sudah terpasang.
  3. Melakukan perhitungan beban yang bekerja pada jenis struktur, mulai dari beban mati, beban hidup, gempa, dan angin. Jika digunakan untuk bangunan rendah, maka untuk masalah beban gempa tidak perlu diperhitungkan.
  4. Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, langkah berikutnya adalah dengan membuat suatu mekanika struktur secara lebih detail.
  5. Tahapan yang terakhir adalah melakukan perhitungan pada jumlah struktur baja atau beton yang dibutuhkan.

Contoh Konstruksi Baja WF

Perlu diketahui bahwa jenis baja yang ingin digunakan sangat berkaitan dengan sitematika sistem yang digunakan. Salah satu jenis baja yang paling umum digunakan adalah baja WF. Baja WF sendiri adalah singkatan dari Wife Flange yang dimana biasa dimanfaatkan untuk konstruksi balok, kolom, tiang pancang, kantilever kanopi dan lain sebagainya. Bentuknya tidak berbeda jauh dengan besi H-beam.

Baja WF mempunyai kemampuan yang sangat maksimal baik itu kekuatan tarik ataupun tekanan terhadap sebuah beban. Maka tak heran, jika baja WF ini lebih banyak dipilih dan digunakan sebagai konstruksi. Selain itu, baja WF juga merupakan elemen yang mempunyai batas sempurna dan mampu untuk menahan tarik dan tekanan aksial.

Baja WF dibuat dari sistem yang terbilang cukup rumit dan memiliki tujuan utama untuk memperkuat struktur bangunan supaya tetap kokoh dan mampu tahan lama meskipun menopang beban yang sangat berat.

Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan konstruksi baja sendiri sangat bervariasi. Hal ini karena biaya tersebut sangat ditentukan oleh jenis baja yang digunakan. Maka dari itu, terlebih dahulu Anda harus menentukan jenis baja dan bangunan apa yang ingin didirikan.

Cara Menghitung Berat Besi WF (Wide Flange)

Hal yang harus diperhitungkan pertama kali ketika menghitung biaya konstruksi baja adalah berat total dan panjang besi. Sedangkan untuk parameter yang biasa digunakan yaitu panjang, lebar, tinggi, tebal badan dan juga tebal saya. Dengan parameter tersebut akan memudahkan Anda dalam menentukan berat baja WF per meternya.

Ukuran panjang yang dimiliki oleh baja WF pada umumnya adalah 12 meter. Perbedaan antara setiap jenis baja WF ada pada sisi tinggi, lebar, tebal badan, dan ketebalan sayap dari setiap ukuran baja WF. Ukuran ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap biaya konstruksi baja WF.

Seperti misalnya, untuk ukuran yang paling kecil yaitu WF 100 x 50 x 5 x 7 mempunyai berat sekitar 112 kg. Sementara untuk paling besar bisa mempunyai berat yang mencapai sekitar 2000 kg dan bahkan bisa lebih.

Selanjutnya kami disini akan bagikan daftar berat besi WF yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menghitung total biaya konstruksi baja WF. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

Ukuran Berat dihitung dalam  Dalam Kg

Besi Baja I WF 100 x 50 x 5 x 7 mm – 12 M beratnya 112 Kg

Besi Baja I WF 125 x 60 x 6 x 8 mm – 12 M beratnya 158.4 Kg

Besi Baja I WF 148 x 100 x 6 x 9 mm – 12 M beratnya 253.2 Kg

Besi Baja I WF 150 x 75 x 5 x 7 mm – 12 M beratnya 168 Kg

Besi Baja I WF 175 x 90 x 5 x 8 mm – 12 M beratnya 217.2 Kg

Besi Baja I WF 194 x 150 x 6 x 9 mm – 12 M beratnya 367 Kg

Besi Baja I WF 198 x 99 x 4,5 x 7 mm – 12 M beratnya 218.4 Kg

Sedangkan jika Anda mendapatkan harga secara lengkap beserta biaya pemasangannya, kami juga akan memberikan info Harga Tonase Pekerjaan WF diatas 100 Kg yang dapat dijadikan sebagai referensi. Namun, biaya di setiap daerah bisa saja mengalami perbedaan. Anda bisa melakukan perhitungan sesuai dengan berapa meter per kilogram struktur bangunan Anda.

  • Harga ongkos upah tenaga per KG adalah Rp. 7.000,-
  • Harga ongkos upah tenaga dengan alat per KG adalah Rp. 9.500,-
  • Harga ongkos upah tenaga dengan alat dan bahan per KG adalah Rp. 28.500,-
  • Harga ongkos dengan bahan pasang seng atap / m adalah Rp. 105.000,-

Sebagai catatan, untuk biaya jasa dari bongkar dan pasang pekerjaan konstruksi rangka baja sendiri (tidak termasuk pekerjaan pondasi) adalah sekitar Rp 450.000/m2. Namun hal tersebut juga tergantung dari spesifikasi baja WF atau H Beam yang digunakan.

Tabel Harga Borongan Konstruksi Baja WF

No Harga Satuan (Rp) Satuan (per) Pekerjaan Keterangan
A DAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DIBAWAH 10 TON
1            7,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga
2            9,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat
3          28,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat + bahan
4          105,000 m Pekerjaan Atap Zincalume (spandek) tenaga + alat + bahan
B DAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DIATAS 10 TON
1            6,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga
2            9,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat
3          27,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat + bahan
4          95,000 m Pekerjaan Atap Zincalume (spandek) tenaga + alat + bahan
C DAFTAR HARGA KONSTRUKSI RANGKA ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DIBAWAH 100 M2
1          65,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga
2        240,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga + bahan (canal C)
(tdk termasuk genteng)
D DAFTAR HARGA KONSTRUKSI RANGKA ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DIATAS 100 M2
1          55,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga
2        185,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga + bahan (canal C)
(tdk termasuk genteng)

Harga Alternatif Lainnya:

Di Bawah 10 Ton

  • Konstruksi baja WF + tenaga dengan tonase <10 ton di kisaran harga Rp 7.500/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat dengan tonasi <10 ton di kisaran harga Rp 9.500/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat + material dengan tonase <10 ton di kisaran harga Rp 25.00/kg

Di Bawah 20 Ton

  • Konstruksi baja WF + tenaga dengan tonase <20 ton di kisaran harga Rp 7.300/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat dengan tonase <20 ton di kisaran harga Rp 9.500/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat + material dengan tonase <20 ton di kisaran harga Rp 24.000/kg

Di Atas 20 Ton

  • Konstruksi baja WF + tenaga dengan tonase >20 ton di kisaran harga Rp 7.000/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat dengan tonase >20 ton di kisaran harga Rp 9.000/kg
  • Konstruksi baja WF + tenaga + alat + material dengan tonase >20 ton di kisaran harga Rp 23.000/kg

Baca juga: Detail Konstruksi Baja Rumah 2 Lantai

Demikian informasi yang dapat website kami sampaikan mengenai cara menghitung biaya konstruksi baja per M2 secara lengkap dan jelas.

Namun jika Anda masih mengalami kebingunganga mengenai perhitungan detail biaya pembangunan Anda, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa teknik sipil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *