Cara Acian Dinding Yang Rata Dan Halus


Cara Acian Dinding Yang Rata Dan Halus – Pengacian merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan dalam pembuatan dinding. Tujuannya adalah untuk menghaluskan dan meratakan bagian permukaan dinding sehinngga akan terlihat lebih rapi.



Pekerjaan pengacian ini pada dasarnya membutuhkan tingkat keterampilan yang tinggi. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk melakukan suatu gerakan yang sama secara berulang hingga seluruh dinding bisa tertutupi dengan sempurna. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk teliti ketika melakukan pengacian.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Plesteran Dan Acian

Hal tersebut karena nantinya memang ada banyak sekali masalah yang akan muncul saat pengacian dinding. Salah satunya adalah kualitas pengaplikasian bahan acian yang bisa mempengaruhi hasil pada permukaan dinding. Disamping itu, pekerjaan acian pada dinding bangunan bersifat tricky. Pekerjaannya harus dilakukan secara tepat untuk mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai keinginan.

Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan panduan mengenai cara mengaci bagian permukaan dinding untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan memuaskan. Selain itu, dengan menerapkan cara ini maka dipastikan Anda tidak akan mengalami kasus keretakan rambut pada lapisan aciannya.

Baca juga: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menghitung Trasram

Cara Mengaci Dinding yang Baik Agar Tidak Mudah Retak

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Semen
  • Air

Alat-alat yang digunakan :

  • Roskam
  • Jidar
  • Kuas
  • Ampelas halus
  • Ember kecil

Langkah-Langkah:

  1. Bersihkan Bagian Permukaan Dinding

Permukaan dinding yang ingin diaci harus dibersihkan terlebih dahulu dari berbagai macam kotoran dan partikel yang menempel. Hal ini penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi hasil acian nantinya.



Kemudian jika bagian permukaan dinding nampak kering maka bisa disiram dengan sedikit air supaya basah. Dinding yang basah akan membuat acian merekat dengan kuat. Hindari untuk mengaci dinding dalam kondisi kering karena hasilnya akan menjadi retak.

Baca juga: Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter

  1. Membuat Adukan Acian

Buatlah adukan acian dengan kualitas bagus. Dalam hal ini cukup dengan menggunakan campuran air dan semen. Cara pembuatannya juga sangat mudah,  yaitu dengan memasukkkan bubuk ember semen ke dalam ember kecil dalam jumlah cukup.

Kemudian tuangkan air secukupnya dalam ember tersebut hingga berubah bentuk menjadi pasta. Jika semen masih padat maka tambahkan sedikit air supaya sedikit encer. Namun jika adukan terlalu cair, tambahkan beberapa sendok supaya lebih kental.



  1. Pengaplikasian Adukan Acian pada Dinding



Leave a Reply

Your email address will not be published.