Cara Bayar PBB Online


Cara Bayar PBB Online – Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Maka dari itu, pemerintah diharuskan bisa memberikan suatu fasilitas yang dapat memudahkan proses pengecekan dan pembayaran pajak. Adapun salah satu fasilitasnya adalah memberikan layanan dengan mudah secara online.



Cara Bayar PBB Online

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis pajak yang berlaku dan wajib dibayarkan oleh masyarakat setiap tahunnya, salah satunya adalah PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Cara pembayaran PBB ini bisa Anda lakukan secara langsung di kantor pos.

Namun untuk lebih mudahnya Anda bisa membayarnya secara online dengan melalui online. Nah, sebelum membahas mengenai cara membayar PBB online mari simak terlebih dahulu pengertian PBB berikut ini!

Baca juga: Biaya Tambah Daya Listrik

Pengertian PBB

Cara Bayar PBB Online

Pengertian PBB adalah pajak atas bumi dan bangunan yang dimiliki, dikuasai atau digunakan oleh orang pribadi atau badan, kecuali kawasan yang dimanfaatkan untuk  kegiatan bisnis perkebunan, perhutanan, dan pertambangan, seperti yang sudah tertera dalam UU No.28 tahun 2009, tentang Pajak Daerah dn Retribusi Daerah Pajak Bumi dan Bangunan.

Sebagai warga negara yang baik pastinya kita wajib untuk mentaati aturan pemerintah ini. Jika misalnya Anda mengabaikannya maka nantinya Anda akan dikenakan sanksi sesuai dengan hukum yang diberlakukan.



Seperti yang sudah kami singgung diatas mengenai pengertian PBB, bahwa PBB merupakan jenis pajak yang sifatnya kebendaan, atau suatu pajak terutang yang ditentukan oleh keadaan objek, yaitu bumi/tanah dan/atau bangunan. Lalu bagaimana cara untuk menentukan objek dari PBB?

Objek yang Dikenakan Pajak PBB

Objek yang Dikenakan Pajak PBB

Objek PBB sendiri merupakan “bumi atau bangunan” yang mencakup:

  • Bumi

Suatu permukaan bumi baik itu tanah dan perairan serta tubuh bumi yang berada di pedalaman, bahkan untuk laut juga termasuk dan ada di wilayah Indonesia. Adapun contohnya adalah ladang, sawah, kebun, pekarangan, tanah, dan juga tambang.



  • Bangunan

Suatu konstruksi teknik yang ditanamkan secara permanen (tetap) pada tanah atau perairan.  Adapun contohnya adalah bangunan tempat usaha, rumah tempat tinggal, gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, emplasemen, pagar mewah, taman mewah, dermaga, dan juga berbagai fasilitas lain yang berguna.

Objek yang Tidak Dikenakan Pajak PBB

Objek yang tidak Dikenakan Pajak PBB

Selain dua objek yang kami sebutkan diatas, ada beberapa objek yang tidak akan dikenakan PBB. Objek yang kami maksud disini adalah suatu bangunan yang mempunyai kriteria sebagai berikut ini:

  • Bangunan yang dimanfaatkan sebagai fasilitas umum, seperti untuk kegiatan ibadah, sosial, pendidikan, kesehatan, dan kebudayaan nasional. Beberapa contohnya adalah masjid, gereja, sekolah, rumah sakit, panti asuhan, sekolah, dan candi.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan untuk kuburan, peninggalan purbakala atau semacamnya.
  • Bumi yang termasuk hutan lindung, hutan wisata, suaka alam, tanam nasional, tanah penggembalaan yang dimiliki oleh desa dan tanah negara, yang masih belum diberikan beban kepada suatu hak.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan oleh perwakilan diplomatik menurut asas perlakuan timbal balik.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan oleh suatu badan dan perwakilan organisasi internasional yang sebelumnya ditentukan oleh Menteri Keuangan.

Cara Bayar PBB Secara Online

Bayar PBB Online



Leave a Reply

Your email address will not be published.