Cara Bayar PBB Online


Cara Bayar PBB Online – Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Maka dari itu, pemerintah diharuskan bisa memberikan suatu fasilitas yang dapat memudahkan proses pengecekan dan pembayaran pajak. Adapun salah satu fasilitasnya adalah memberikan layanan dengan mudah secara online.

Cara Bayar PBB Online

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis pajak yang berlaku dan wajib dibayarkan oleh masyarakat setiap tahunnya, salah satunya adalah PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Cara pembayaran PBB ini bisa Anda lakukan secara langsung di kantor pos.

Namun untuk lebih mudahnya Anda bisa membayarnya secara online dengan melalui online. Nah, sebelum membahas mengenai cara membayar PBB online mari simak terlebih dahulu pengertian PBB berikut ini!

Baca juga: Biaya Tambah Daya Listrik

Pengertian PBB

Cara Bayar PBB Online

Pengertian PBB adalah pajak atas bumi dan bangunan yang dimiliki, dikuasai atau digunakan oleh orang pribadi atau badan, kecuali kawasan yang dimanfaatkan untuk  kegiatan bisnis perkebunan, perhutanan, dan pertambangan, seperti yang sudah tertera dalam UU No.28 tahun 2009, tentang Pajak Daerah dn Retribusi Daerah Pajak Bumi dan Bangunan.

Sebagai warga negara yang baik pastinya kita wajib untuk mentaati aturan pemerintah ini. Jika misalnya Anda mengabaikannya maka nantinya Anda akan dikenakan sanksi sesuai dengan hukum yang diberlakukan.

Seperti yang sudah kami singgung diatas mengenai pengertian PBB, bahwa PBB merupakan jenis pajak yang sifatnya kebendaan, atau suatu pajak terutang yang ditentukan oleh keadaan objek, yaitu bumi/tanah dan/atau bangunan. Lalu bagaimana cara untuk menentukan objek dari PBB?

Objek yang Dikenakan Pajak PBB

Objek yang Dikenakan Pajak PBB

Objek PBB sendiri merupakan “bumi atau bangunan” yang mencakup:

  • Bumi

Suatu permukaan bumi baik itu tanah dan perairan serta tubuh bumi yang berada di pedalaman, bahkan untuk laut juga termasuk dan ada di wilayah Indonesia. Adapun contohnya adalah ladang, sawah, kebun, pekarangan, tanah, dan juga tambang.

  • Bangunan

Suatu konstruksi teknik yang ditanamkan secara permanen (tetap) pada tanah atau perairan.  Adapun contohnya adalah bangunan tempat usaha, rumah tempat tinggal, gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, emplasemen, pagar mewah, taman mewah, dermaga, dan juga berbagai fasilitas lain yang berguna.

Objek yang Tidak Dikenakan Pajak PBB

Objek yang tidak Dikenakan Pajak PBB

Selain dua objek yang kami sebutkan diatas, ada beberapa objek yang tidak akan dikenakan PBB. Objek yang kami maksud disini adalah suatu bangunan yang mempunyai kriteria sebagai berikut ini:

  • Bangunan yang dimanfaatkan sebagai fasilitas umum, seperti untuk kegiatan ibadah, sosial, pendidikan, kesehatan, dan kebudayaan nasional. Beberapa contohnya adalah masjid, gereja, sekolah, rumah sakit, panti asuhan, sekolah, dan candi.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan untuk kuburan, peninggalan purbakala atau semacamnya.
  • Bumi yang termasuk hutan lindung, hutan wisata, suaka alam, tanam nasional, tanah penggembalaan yang dimiliki oleh desa dan tanah negara, yang masih belum diberikan beban kepada suatu hak.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan oleh perwakilan diplomatik menurut asas perlakuan timbal balik.
  • Bumi atau bangunan yang difungsikan oleh suatu badan dan perwakilan organisasi internasional yang sebelumnya ditentukan oleh Menteri Keuangan.

Cara Bayar PBB Secara Online

Bayar PBB Online

Membayar PBB secara online banyak digunakan sebagai pilihan utama jika dibandingkan secara offline. Hal ini karena pembayaran PBB secara online sudah bisa melayani pembayaran di seluruh Indonesia bahkan tidak terikat hari kerja ataupun jam operasional.

Pembayaran PBB secara online yang lebih dipilih adalah melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mendiri) dan mobile banking. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai pembayaran PBB online melalui via ATM dan mobile banking.

  • Membayar PBB Secara Online Melalui ATM

Membayar PBB Secara Online Melalui ATM

Fasilitas elektronik umum seperti mesin ATM bisa dengan mudah dijumpai dan digunakan. Pembayaran PBB melalui ATM merupakan pilihan yang paling tepat jika Anda tidak bisa terkoneksi atau bermasalah dengan jaringan internet. Berikut ini adalah cara membayar PBB melalui ATM yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama Anda harus mencari menu pembayaran lalu pilih.
  2. Setelah itu pilih menu Pajak.
  3. Silahkan Anda masukkan Nomor Objek Pajak.
  4. Kemudian masukkan tahun pembayaran PBB.
  5. Selanjutnya akan tampil sebuah informasi tentang objek pajak, tagihan, dan juga namanya.
  6. Periksa secara teliti mengenai identitas dan jumlah pokok pajak yang wajib dibayar.
  7. Apabila sudah selesai silahkan Anda tekan tombol bayar.
  8. Sebagai catatan jika pembayaran dilakukan melalui metode online maka jangan sampai Anda membuang bukti pembayaran.
  • Membayar PBB Secara Online Melalui Mobile Banking

Membayar PBB Secara Online Melalui Mobile Banking

Membayar PBB secara online berikutnya bisa dilakukan melalui mobile banking. Sekarang ini hampir semua bank sudah memberikan layanan pembayaran PBB melalui mobile banking seperti BCA, MANDIRI, BNI, BNI, dan BTN.

Untuk panduan pembayarannya juga sangat mudah untuk Anda ikuti. Pertama Anda bisa klik langsung menu pembayaran dan pilih pajak atau MPN untuk tahapan awal. Jika sudah silahkan Anda pilih rekening debet dan isi tahun pajak, kode bayar, dan juga nomor objek pajak.

Untuk mendapatkan informasi nomer kode bayar bisa Anda cek secara langsung di laman aplikasi pembayaran pajak daerah seperti ini:

  1. DKI Jakarta: https://pajakonline.jakarta.go.id/
  2. Tangerang Selatan: https://e-sptpd.tangerangselatankota.go.id/
  3. Solo: https://onlinepajak.surakarta.go.id/

Cara Membayar PBB Secara Online Melalui Website

Bayar PBB Online via website

Bagi Anda yang masih belum paham dengan cara mengecek PBB melalui online, Anda bisa mengetahuinya dengan mudah melalui website yaitu dengan menuliskan kata pencariannya menggunakan format “pbb online (nama daerah). Kemudian akan tampil informasi atau panduan bagi Anda yang ingin membayar PBB melalui website.

  • Cara Membayar PBB Secara Online Melalui Website

Situs resmi yang digunakan untuk pengecekan PBB secara online sudah pasti berbeda untuk setiap daerah. Adapun laman-laman yang umumnya menyediakan informasi ini adalah Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Pelayanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (PBB dan BPHTB) Kota Depok, dan PBB Kabupaten Bogor.

  • Mengecek Tagihan Bayar PBB Secara Online Melalui Website

Dasar pengenaan pajak dalam Pajak Bumi dan Bangunan adalah NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak. Ketentuan nilai ini umumnya berdasarkan harga pasar per wilayah dan ditetapkan dalam setiap tahun oleh menteri keuangan.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Per Meter

Untuk jumlah besarnya PBB yang tertuang didapatkan dari perkalian tarif 0,5% dengan NJKP (Nilai Jual Kena Pajak). NJKP ditetapkan sekitar 20% dari NJOP (ini berlaku apabila NJOP kurang dari Rp 1 miliar) atau sebesar 40% dari NJOP (ini berlaku apabila NJOP sebesar Rp 1 miliar atau lebih).

Nah, jika Anda sudah menemukan situs yang digunakan untuk mengecek PBB online sesuai dengan tempat tinggal Anda, maka berikutnya Anda akan langsung diarahkan ke sebuah laman untuk melakukan pengecekan nominal pajak Anda.

Langkah berikutnya adalah memasukkan NOP (Nomor Objek Pajak) dan tahun pajak. Disini nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi sebelum informasi yang Anda cari muncul.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *