Cara Memasang Karpet Plastik Yang Rapi


Lantai Karpet Plastik –  Membahas tentang desain interior, jika Anda ingin membuat tampilan desain interior rumah terlihat lebih berestetika maka Anda bisa menggunakan karpet plastik. Menurut Architectural Digest, lantai atau dinding yang diselimuti karpet akan menjadi trend paling baru karena memiliki tampilan yang fresh dan jauh lebih elegan.

kelebihan karpet plastik

Penggunaan karpet plastik memang mampu menciptakan suasana yang nyaman dalam ruangan dan memberikan nilai lebih untik keindahan. Sekarang ini karpet plastik jauh lebih digemari jika dibandingkan dengan jenis karpet yang lainnya. Disamping itu, pemasangan karpet plastik juga tidak terlalu sulit.

Nah, kali ini kami akan berbagi info mengenai cara pemasangan karpet plastik yang benar sehingga akan terlihat rapi. Namun sebelum itu, berikut ini kami akan membahas keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh jenis karpet plastik. Mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Harga Lantai Kayu Per Meter

Keunggulan Karpet Plastik

Karpet plastik merupakan jenis alas lantai yang dibuat dari bahan dasar polypropylene. Selain digunakan untuk lantai, karpet plastik juga bisa dipasang di dinding untuk membuat tampilan interior semakin menarik.

Jenis karpet yang satu ini memang banyak digandrungi oleh para pecinta desain interior karena memiliki banyak sekali keunggulan. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh jenis karpet plastik adalah sebagai berikut ini:

  1. Mudah Dibersihkan

keunggulan karpet plastik

Karpet yang terbuat dari bahan dasar plastik sangat mudah untuk dibersihkan. Sama halnya dengan lantai keramik, karpet plastik juga bisa dihinggapi kotoran dan debu. Anda bisa menggunakan beberapa alat kebersihan seperti sapu atau bisa juga kain lap untuk membersihkan karpet plastik.

Jenis karpet ini setidaknya harus dibersihkan satu hari sekali. Supaya lebih bersih dan terbebas dari kuman, Anda bisa coba untuk mencelupkan kain lap ke dalam air sabun lalu lap bagian permukaan karpet plastik secara perlahan.

Cara membersihkan karpet plastik pun bahkan bisa dibilang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan cara membersihkan karpet kain atau karpet berbulu yang hanya bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Jika misalnya terkena tumpahan minuman atau makanan, Anda bisa mencucinya secara perlahan atau membawanya langsung ke tukang laundry jika tidak ingin kerepotan.

  1. Tidak Menyerap Noda

keunggulan karpet plastik.png

Seperti yang kita tahu bahwa material plastik terkenal akan kemampuannya yang tidak bisa menyerap noda maupun cairan. Hal ini juga berlaku untuk jenis karpet yang satu ini. Ketika Anda menumpahkan minuman atau makanan, tinggal Anda lap saja maka tampilan karpet plastik tersebut akan kembali bersih.

Namun hal ini tentunya berbeda sekali dengan karpet kain atau bulu yang mudah sekali untuk menyerap noda. Meskipun sudah dibersihkan, noda yang menempel tersebut nantinya akan membekas. Dengan demikian tampilan karpet akan terlihat kurang menarik lagi.

  1. Tahan Lama

keunggulan karpet plastik.png

Penggunaan karpet plastik bisa dibilang sangat awet dan mampu tahan lama karena sifatnya yang tidak akan menyerap air. Bakteri dan jamur dijamin tidak akan bisa bersarang di dalam karpet ataupun membuatnya menjadi lapuk. Apabila karpet ini ditempatkan di dalam sebuah ruangan, sudah pasti akan lebih awet lagi karena tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sifatnya yang awet dan mampu tahan lama ini membuat karpet plastik tidak perlu diganti dalam hitungan bulan atau bahkan. Tentu akan jauh lebih efisien dan menghemat pengeluaran, kan?

  1. Harga Murah dengan Motif Beragam

Keunggulan karpet plastik

Jika dibandingkan dengan jenis karpet lainnya, karpet plastik memiliki harga jual material yang lebih murah dan umumnya dihitung per meter. Tersedia motif yang sangat beragam sehingga bisa Anda bisa memilih dengan bebas.

Ada motif yang menyerupai kayu, geometris, keramik, anyaman, dan masih banyak lagi motif menarik lainnya. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan selera atau gaya interior ruangan yang ingin dilapisi dengan karpet plastik.

  1. Ukuran Bisa Disesuaikan

kelebihan karpet plastik

Diatas sudah kami bahas bahwa karpet plastik ini di pasaran biasanya dijual per meter. Ukurannya dapat disesuaikan dengan luas setiap ruangan dalam rumah. Jika misalnya satu sisinya kelebaran maka Anda bisa menggunakan gunting untuk memotongnya. Dengan begitu maka seluruh bagian permukaan lantai akan tertutup dengan sempurna oleh karpet.

  1. Bersifat Sejuk

kelebihan karpet plastik

Tinggal di wilayah tropis memaksa kita untuk pandai dalam mencari bahan sebagai perlengkapan rumah tangga yang memiliki sifat sejuk ketika disentuh. Salah satu dari bahan tersebut adalah plastik.

Sifat yang dimiliki oleh karpet plastik pun juga tidak mampu menyerap panas, sehingga ketika dipijak akan tetap terasa sejuk. Hal ini pastinya dapat mempengaruhi suhu ruangan dan membantu Anda dalam menghadapi panas ketika siang hari dengan bersantai di atas karpet plastik tersebut.a

Baca juga: Penutup Lantai Homogenous Tile

Pemasangan Karpet Plastik

kelebihan karpet plastik

Sebelum melakukan pemasangan, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Karpet plastik
  • Pisau untuk memotong karpet
  • Tiang penahan karpet atau stair rods
  • Lem karpet
  • Spidol

Jika sudah menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan, selanjutnya pemasangan karpet plastik sudah bisa dilakukan. Berikut ini adalah tahapan cara pemasangan karpet plastik yang bisa Anda ikuti:

  • Silahkan Anda ukur terlebih dahulu lantai atau dinding yang ingin dilapisi oleh karpet. Ukuran karpet harus sesuai dengan jumlah yang diperlukan, bisa Anda lebihkan kurang lebih 10 sampai 20 cm setiap sisinya untuk berjaga-jaga gagal.
  • Jika Anda sudah menggunakan lapisan bawah atau underlay karpet, silahkan rapikan dahulu sebelum melakukan proses pemasangan karpet lantai. Underlay sendiri sangat direkomendasikan untuk lantai atau dinding yang memiliki permukaan kurang rapi supaya mendapatkan hasil akhir yang terlihat lebih rata dan tidak bergelombang.
  • Oleskan lem karet atau floor grippers pada lantai. Anda harus pastikan bahwa Anda sudah mengoleskan lem dengan rata supaya nantinya tidak akan ada area yang membentuk balon di dalam karpet plastik.
  • Diamkan selama beberapa detik hingga lem setengah mengering, kemudian tempelkan karpet plastik tersebut dengan posisi yang baik dan benar.
  • Anda bisa menggunakan kaki untuk dapat memastikan antara ujung satu dengan ujung yang lainnya supaya tidak saling bergeser (sangat disarankan untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga atau teman untuk memudahkan pekerjaan ini).
  • Supaya pemasangan karpet terlihat lebih rapi dan telah dipasang secara profesional, Anda bisa meratakan kembali dengan menggunakan tiang penahan karpet. Tiang ini memiliki fungsi sebagai pencegah gelombang yang umumnya terbentuk karena adanya ruangan di bawah karpet.
  • Biarkan lem kurang lebih selama 5 jam sampai benar-benar mengering. Jadi jangan sampai Anda menginjak atau membiarkan orang lain melewati ruangan sampai lem tersebut sudah mengering.

Itulah keunggulan yang dimiliki oleh karpet plastik lengkap dengan cara pemasangannya. Penting untuk diingat bahwa dalam pemasangan karpet plastik ini harus menggunakan lem yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pemasangan supaya karpet tidak bergelombang. Selamat mencoba!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *