Cara Membuat Denah Rumah Dengan Tepat


Cara Membuat Denah Rumah Dengan Tepat – Membuat sebuah denah rumah merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Meski demikian ternyata semua orang bisa mempelajari cara membuat denah rumah secara sederhana dan mendasar.

Dengan memahami caranya maka akan semakin memudahkan Anda dalam merealisasikan rumah impian menjadi kenyataan secara lebih presisi.

Cara Membuat Denah Rumah Dengan Tepat

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui tahapan dasar cara membuat denah rumah yang pada umumnya digunakan oleh para arsitek dan desainer? Jika iya mari silahkan Anda simak bagaimana cara membuatnya secara sederhana berikut ini!

Baca juga: Contoh Denah Rumah Type 100, 120, 150, Dst

Tahapan Cara Membuat Denah Rumah

  1. Karakteristik Membuat Denah Rumah yang Ideal

Karakteristik Membuat Denah Rumah yang Ideal

Supaya denah rumah yang Anda desain menjadi ideal, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Ruang Multifungsi dan Fleksibel

Sebuah ruangan yang sangat fleksibel nantinya akan sangat membantu, seperti misalnya ruang keluarga yang bisa dijadikan sebagai kamar tidur, atau bahkan sebaliknya.

  • Tata Ruang yang Ideal

Apabila ruangan ditata dengan sebaik mungkin dan ideal maka akan membuat Anda merasa sangat nyaman saat beraktivitas. Seperti misalnya Anda bisa menikmati suatu hidangan dengan tenang di ruang mak, maka untuk desain kamar mandi jangan sampai menghadap ke ruang makan tersebut.

  • Menghitung Ukuran Ruang

Menghitung ukuran ruangan merupakan cara membuat denah rumah yang tepat. Jika ruangan sudah terukur dengan tepat, Anda sudah dapat menentukan berapa banyakkah orang yang bisa tinggal di ruang tersebut dan juga kegiatannya. Apakah masih ada ruang untuk menempatkan perabot atau furniture?

  • Sirkulasi Udara yang Baik

Ventilasi dan pintu adalah unsur yang paling penting saat mendesain sebuah rumah. Dengan begitu Anda harus mempertimbangkan dengan sebaik mungkin dimanakah kedua perantara sirkulasi udara tersebut nantinya akan dipasang.

Supaya kesehatan dan kebersihan ruangan nantinya masih tetap terjaga, pastikan bahwa benar-benar tidak ada ruangan yang sumpek dan lembab.

  1. Memilih Model Rumah (Jumlah Lantai)

Memilih Model Rumah

Memilih jenis rumah yang ingin dibangun merupakan tahap pertama dalam membuat rumah. Jenis rumah yang dimaksud disini adalah model rumah yang berdasarkan banyaknya lantai, rumah satu lantai atau lebih?

Secara menyeluruh, hal ini pastinya akan mempengaruhi proses pembuatan denah rumah sesuai keinginan. Anda bisa menggabungkan beberapa ruangan menjadi 1 layout jika model rumah yang dipilih merupakan rumah sederhana 1 lantai.

Sementara untuk 2 layout harus Anda miliki jika memilih denah rumah dengan 2 lantai. 2 layout tersebut dalam bentuk gambar terpisah yang berupa layout lantai atas dan lantai bawah.

Dengan kedua layout ini, Anda bisa menentukan ruangan-ruangan apa saja yang ingin ditempatkan di lantai bawah ataupun atas pada denah.

  1. Mengumpulkan Inspirasi dan Referensi

Mengumpulkan Inspirasi dan Referensi Denah Rumah

Jika sudah menentukan jenis atau model rumah, selanjutnya Anda bisa mengumpulkan inspirasi dan referensi. Silahkan Anda perbanyak referensi dan inspirasi dari berbagai karya yang sudah ada  sebelum Anda nantinya mengimajinasikan kerangka dari desain rumah serta menuangkannya dalam bentuk denah.

Anda bisa menemukan inspirasinya dengan cara mendatangi pameran maupun membaca majalah, dengan jalan-jalan, atau bisa juga Anda temukan dengan mudah di internet.

  1. Membuat Program Ruang untuk Denah Rumah

Membuat Program Ruang untuk Denah Rumah

Berikut ini adalah membuat program ruang untuk denah rumah versi hargadepo:

  • Menentukan Jumlah Ruangan

Silahkan Anda tentukan sendiri jumlah ruangan yang diperlukan. Misalnya saja berapakah banyak kamar tidur utama? Berapa banyak jumlah kamar mandi? Dan lain sebagainya. Hal ini bisa disesuaikan dengan jumlah orng yang akan menghuni rumah tersebut.

  • Mempelajari Kebutuhan Ukuran Setiap Ruangan

Sebelum menggambar sebuah denah rumah, penting sekali untuk mengetahui kebutuhan ruangan. Anda bisa membuat daftar aktivitas apa saja yang ingin dilakukan di rumah dan juga ruangan yang ingin dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan aktivitas tersebut.

Anda juga harus memperhatikan luas setiap ruangannya jika sudah mengetahui berapa dan ruangan apa saja yang diperlukan sesuai dengan luas area yang tersedia.

  • Mengatur Penempatan atau Zonasi Ruangan

Maksud zonasi disini adalah Anda harus mengatur sebaik mungkin letak ruangannya karena harus sesuai dengan fungsinya secara tepat dan sesuai. Seperti misalnya, jangan sampai Anda membuat keadaan rumah menjadi kurang tidak nyaman dengan menempatkan ruang kamar mandi yang dekat dengan ruang tamu.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Tanah

  1. Membuat Sketsa Denah Rumah dengan Garis

Membuat Sketsa Denah Rumah dengan Garis

Langkah berikutnya adalah membuat sketsa denah rumah dengan garis. Silahkan Anda gambarkan sendiri tapak atau lahan yang Anda miliki. Di jaman yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi desain rumah yang bisa memudahkan dan membantu Anda dalam membuat denah rumah.

Adapun aplikasi yang digunakan untuk membuat denah rumah adalah SketchUP, Home Design 3D, DreamPlan, dan masih banyak lagi. Disini Anda bisa menggunakan kertas milimeter block untuk memudahkan proses ini karena bisa membantu setiap tarikan garis-garis supaya sesuai dengan skala yang diinginkan untuk menggambarkan seperti apakah bentuk rumahnya nanti.

  1. Berikan Detail Denah Rumah dan Mulai Penataan Perabot pada Denah Rumah

Berikan Detail Denah Rumah dan Mulai Penataan Perabot pada Denah Rumah

Memberikan detail pada sketsa denah dasar yang Anda miliki adalah proses yang tak kalah pentingnya jika Anda sudah menemukan tatanan yang paling pas.

Detail bisa Anda berikan dengan menambahkan ketebalan pintu, dinding, dan juga jendela. Tak hanya itu, untuk furniture dan juga perabot di setiap ruang yang ada pada sebuah denah jika diberikan detail juga akan semakin baik. Untuk detailnya sendiri bisa berupa ukuran, notasi dan juga detail arsitektural lainnya yang bisa membuat denah terlihat lebih jelas.

  1. Lakukan Uji Coba dan Membuat Alternatif Denah Rumah

Lakukan Uji Coba dan Membuat Alternatif Denah Rumah

Mungkin Anda akan mengalami kendala ketika memasukkan ruang serta mengatur ukuran di dalam denh rumh yang sudah dibuat. Misalnya saja lahan yang tidak muat atau posisi ruang yang kurang pas.

Maka dari itu, sketsa denah harus dirombak hingga berkali-kali sampai bisa menemukan susunan dan formula denah yang paling pas. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika menyediakan alternatif denah rumah hingga denah tersebut nantinya bisa menjadi pilihan Anda yang paling tepat dan sesuai.

Bahka untuk fungsi ruang yang tidak begitu prioritas bisa Anda hapuskan atau bisa juga digabungkan fungsinya dengan ruangan lain. Hal ini dilakukan supaya pada denah rumah semua kebutuhan ruang nantinya dapat terpenuhi.

  1. Membuat Denah Menggunakan Aplikasi Autocad

Membuat Denah Menggunakan Aplikasi Autocad

Jika Anda membuat denah menggunakan aplikasi maka sudah pasti denah yang akan Anda buat nantinya bisa lebih detail dan jelas. Anda bisa membuat desain sebuah denah rumah dengan menggunakan aplikasi AutoCAD Architecture yang merupakan aplikasi rancangan Autodesk yang sudah disediakan secara gratis.

Aplikasi yang satu ini akan membuat desain rumah lebih mudah untuk disusun dengan cara kerja arsitek, cepat, serta penyusunan ala arsitektur.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membuat desain dan dokumentasi yang sangat menakjubkan secara mudah dan banyak sekali pilihannya karena ada 8000 lebih objek arsitektur, termasuk di dalamnya adalah konstruksi dan juga toolset yang dapat Anda pilih sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *