Cara Membuat Kandang Ayam Sendiri


Jika pembuatan kandang berada di atas permukaan taah,  kaki kandang bisa dibuat dengan ketinggian mencapai 10 sampai 20 cm. Namun jika tanpa alas atau langsung menempel dengan tanah, maka tidak perlu untuk menambahkan kaki pada kandang. Gunakan paku berukuran sedang untuk merekatkan antar satu bambu dengan bambu lainnya.



  1. Membuat Lantai

Langkah berikutnya adalah membuat lantai kandang, hindari pembuatan dinding terlebih dahulu. Dalam hal ini yang paling utama adalah membuat lantai karena nantinya digunakan sebagai penopang pada langkah berikutnya. Anda bisa menggunakan separuh bambu unti membuat lantai kandang. Kemudian antar bambu harus diberi jarak secukupnya supaya kotoran ayam tidak mudah jatuh langsung ke tanah.

  1. Membuat Dinding

Jika bagian alas sudah terpasang dengan kokoh, selanjutnya Anda bisa langsung membuat bagian dinding kandang. Gunakan bilah bambu yang dipotong dengan ukuran kecil dan mempunyai lebar sekitar 2 sampai 3 cm.

Jika sudah, bambu bisa digergaji sesuai dengan ukuran panjang dinding kandang. Kemudian bisa menggunakan pisau besar, batang bambu bisa dipotong menjadi bilah yang ukurannya lebih kecil. Lalu pasang dan paku bilah bambu tersebut tepat ke kerang bagian dinding. Jangan lupa untuk memberikan jarak antar bilah bambu, jaraknya harus lebih besar dari jarak pada lantai.

Sedangkan dinding yang digunakan sebagai bagian depan harus ditambahkan sedikit ruang untuk pintunya. Untuk membuat pintu kandangnya, Anda bisa menggunakan kawat atau bilah bambu.

Saat memasang beberapa bahan yang digunakan untuk membuat dinding, gunakan paku yang memiliki ukuran kecil. Jika perlu bisa dilakukan amplas pada permukaan bambu yang terasa kasar dan membuat ayam kurang nyaman.

  1. Membuat Atap

Bahan yang digunakan dalam pembuat atap kandang ayam harus tahan air dan panas seperti asbes atau seng. Ukurannya juga harus melebihi ukuran kandang, setidaknya di masing-masing sisinya lebih panjang sekitar 30 cm.



Buatlah sedikit miring dengan bagian belakang yang jauh lebih rendah jika dibandingkan bagian depan. Hal ini bertujuan supaya air yang mengenai atap akan mudah turun secara langsung ke tanah. Dengan demikian nantinya tidak akan ada genangan yang ada di bagian atap.

Pada bagian atap ini, gunakan paku berukuran sedang supaya atap selalu kokoh dan tidak lepas meskipun terkena angin kencang. Ketika musim panas, tambahkan juga pelindung di bagian atap seperti rumput ilalang atau papan kayu supaya suhu yang ada di dalam kandang tidak terasa panas.

  1. Tahap Pengecatan

Tahap pengecetan dilakukan hanya untuk mempercantik tampilan kandang ayam yang sudah dibuat. Namun jika kandang ayam dirasa sudah memiliki penampilan yang cukup baik maka tahap pengecatan tidak perlu dilakukan.

Video Pembuatan:



Tonton video pembuatan kandang ayam dari bambu lainnya di channel Mas GarengTV

Baca juga: Harga Kayu Bahan Kandang Per Batang

Cara Membuat Kandang Ayam dari Kayu

Selain dari bambu, kandang ayam juga bisa dibuat dari balok dan papan kayu. Untuk masalah alat dan bahan sama dengan pembuatan kandang ayam dari bambu. Perbedaannya hanya pada bahan bambu yang diganti menggunakan balok dan papan kayu. Adapun langkah-langkah pembuatan kandang ayam dari balok dan papan kayu adalah sebagai berikut:

  1. Membuat Desain

Tahapan ini memang tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan kandang ayam sebelumnya. Namun ada beragam desain kadang yang memiliki ukiran kayu sangat cantik. Seperti misalnya kandang ayam hias yang memiliki bentuk tabung dengan atap kayu, bagian dindingnya dibuat dari kayu dengan bentuk tabung yang mempunyai diameter kecil. Lalu di bagian atapnya ada yang mempunyai desain bentuk ayam dan berbagai ornamen unik yang lainnya.

Atau dapat dikatakan bahwa secara variasi desain, kandang ayam yang dibuat dari kayu jauh lebih bervariasi jika dibandingkan dengan kandang bambu. Anda bisa membeli beberapa bagian kandang yang sesuai dengan keinginan lalu tinggal dirangkaianya.



  1. Membuat Kerangka

Ukur balok kayu yang sudah disiapkan berdasarkan ukuran kandang. Rangkai balok kayu kemudian rekatkan menggunakan paku berukuran sedang. Jika kandang memiliki ukuran luas, sangat disarankan untuk menggunakan balok kayu yang lebih tebal dan paku besar supaya kokoh.

Bagian permukaan kayu yang ingin dijadikan sebagai kerangka harus dihaluskan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya tidak berserabut karena akan membuat ayam merasa tidak nyaman. Proses ini harus dilakukan sejak awal supaya pengamplasan bisa rata.

  1. Membuat Lantai

Untuk lantainya Anda bisa menggunakan papan kayu yang memiliki ketebalan 1 sampai 2 cm, sedangkan lebarnya bisa dibuat sekitar 2 sampai 3 cm. Beri jarak kurang lebih sekitar 1 sampai 2 cm supaya kotoran ayam mudah untuk dibersihkan. Kayu silinder juga dapat dijadikan sebagai lantai pada kandang ayam.

Anda bisa menggunakan paku berukuran sedang untuk memasang setiap bagian kayunya di kerangka dinding. Jangan lupa juga untuk mengamplas kayu yang ingin digunakan sebagai lantai.

  1. Membuat Dinding

Tahap berikutnya adalah membuat dinding kandang. Anda bisa memotong papan kayu atau silinder yang sesuai dengan ukuran tinggi kandang. Lalu pasang kayu tepat ke kerangka dinding dengan jarak antar kayu kurang lebih sekitar 3 cm menggunakan paku kecil.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *