Cara Membuat Pot Sendiri Dari Semen


Membuat Pot Bunga Sendiri – Jika hunian Anda tidak mempunyai halaman yang cukup luas untuk ditanami beberapa tanaman, maka solusi yang tepat adalah dengan menggunakan pot tanaman. Pot tanaman sekarang ini sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk, warna, dan juga bahan.



Jika dilihat secara sekilas, semua jenis pot memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menempatkan tanaman beserta media tanamnya. Berdasarkan bahan pembuatannya sendiri, pot tanaman ada yang dibuat dari bahan tanah liat, kayu, porselen, plastik, dan semen. Namun yang paling banyak diminati adalah pot dari semen.

Cara Membuat Pot Sendiri Dari Semen

Pot semen bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah, yaitu dengan mendatangi toko pertanian secara langsung ataupun memesan di toko online yang sudah pasti memiliki nilai artistik dan harga yang bervariasi. Bahkan Anda juga bisa membuat pot sendiri dari bahan dasar semen dengan cara yang cukup mudah.

Nah, kali ini kami akan memberikan cara membuat pot dari bahan semen yang mudah untuk Anda ikuti. Namun sebelum itu, mari simak mengenai kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pot semen terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku Sendiri

Kelebihan Pot Tanaman Semen

Cara Membuat Pot Sendiri Dari Semen

Pot tanaman dari bahan semen memang selalu menjadi pilihan utama. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis pot ini adalah daya tahan tinggi dan tidak mudah mengalami retak ataupun pecah. Sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat tanaman yang memiliki akar kuat.



Harga pot semen pun cukup terjangkau dan tersedia dalam berbagai bentuk menarik sehingga Anda bisa memilih sendiri bentuknya. Bahan semen sendiri terkenal akan kemampuannya yang cukup baik dalam menyerap air sehingga suhu di dalam pot akan selalu stabil dan tidak membunuh tanaman.

Meskipun demikian, pot dari bahan dasar semen ini juga memiliki kelemahan. Kelemahannya namun tidak sebanding dengan kelebihannya, kelemahannya hanyalah memiliki bobot yang cukup berat sehingga nantinya akan menyulitkan Anda untuk memindahkannya ke tempat lain.

Jika Anda ingin menggunakan pot semen, Anda harus benar-benar mempertimbangkan secara matang bagaimana posisinya pada interior rumah supaya tidak perlu di lakukan pemindahan di kemudian hari.

Langkah Cara Membuat Pot dari Semen

Cara Membuat Pot Sendiri Dari Semen



Dalam pembuatan pot dari bahan semen ini akan memberikan banyak keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan jika membuat pot tanaman semen:

  • Proses pembuatan yang relatif sangat mudah dan cepat
  • Ukuran dan model dapat disesuaikan sendiri dengan keinginan
  • Alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan pot semen juga mudah didapatkan
  • Pot semen jauh lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan pot dari bahan lainnya

Untuk membuat pot semen ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan yaitu sebagai berikut ini:

  • Semen secukupnya
  • Pasir secukupnya
  • Cetok
  • Air

Jika semua alat dan bahan sudah siap, sekarang Anda sudah bisa mulai membuat pot. Adapun langkah-langkah pembuatan pot dari bahan semen adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Pot Sendiri Dari Semen

  1. Membuat Konsep Pot

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan pot semen ini adalah dengan membuat konsep lebih dahulu. Dengan mengetahui konsep pot yang ingin dibuat maka akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan pot semen nantinya.

Untuk membuat konsep ini bisa Anda lakukan dengan  cara menggambarnya di atas kertas, dalam pembuatan konsep pot ini harus disertai dengan ukurannya.



  1. Menyiapkan Wadah / Tempat Untuk Melakukan Pengadukan

Jika pembuatan konsep sudah selesai, sekarang Anda bisa menyiapkan sebuah wadah atau tempat untuk membuat adukan. Disini Anda bisa menggunakan ember atau bisa juga membuat adukan tersebut diatas tanah.

  1. Membuat Adukan

Apabila wadah atau tempat tadi sudah siap, langkah berikutnya adalah dengan membuat adukan. Anda bisa mencampurkan adukan semen, pasir, dan juga air. Pastikan bahwa komposisinya sudah tepat, aduk sampai adukan tersebut matang.

  1. Proses Pembuatan Pot

Setelah adukan siap, kini Anda sudah bisa mulai untuk membentuk pot tersebut. Anda bisa membuat pot dengan cara menggunakan cetok. Kemudian tinggal disesuaikan ukuran dan bentuknya dengan konsep pot yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Keringkan

Apabila pot sudah terbentuk, Anda bisa langsung mengeringkan pot tersebut dengan cara menempatkannya di bawah cahaya matahari supaya proses pengeringan semakin cepat.

  1. Proses Finishing

Supaya pembuatan pot semakin terlihat menarik, Anda bisa menambahkan cat dalam proses finishing ini. Sesuaikan dengan warna favorit atau tema rumah supaya terlihat serasi nantinya.

Baca juga: Harga Semen Mortar

Model Pot Tanaman dari Semen yang Tren

Sebagai gambaran dalam membuat pot semen, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh model pot tanaman dari bahan semen yang bisa Anda tiru.

  1. Pot Teraso / Granite

 pot teraso

Pot teraso atau granit merupakan jenis pot minimalis, biasanya dalam proses pembuatannya digabungkan dengan bubuk batu marmer atau granit. Namun bahan dasar utama yang umum digunakan tetap semen. Semennya sendiri bisa semen putih, tetapi untuk memberikan hasil warna yang lebih beragam maka bisa menggunakan semen hitam.

  1. Pot Minimalis Alur

Model Pot Tanaman dari Semen



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *