Cara Membuat Rak Buku Dari Barang Bekas


Membuat Rak Buku Minimalis – Seperti yang kita ketahui bahwa bahan baku untuk pembuatan kerajinan tangan tidak harus selalu baru. Kita juga bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai.  Selain dapat menghemat pengeluaran, cara ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menyelamatkan lingkungan.



Kerajinan tangan sendiri juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha. Apalagi jika kualitas dan mutunya mampu bersaing dengan produk buatan pabrik. Rak buku yang dibuat sendiri pun juga memiliki nilai lebih karena dikerjakan dengan tangan, sehingga resiko terjadinya cacat produk dapat diminimalkan.

Cara Membuat Rak Buku Dari Barang Bekas

Beberapa bahan bekas yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kerajinan tangan adalah kardus, kayu, triplek, dan kayu bekas. Bahan-bahan tersebut nantinya akan menjadi produk baru yang mempunyai nilai guna dan bermanfaat.

Selain untuk membuat rak buku, bahan-bahan tersebut juga bisa dimanfaatkan menjadi wadah alat tulis, tas, jam dinding, wadah make up, dan bahkan mainan robot. Namun untuk bisa membuat beberapa produk tersebut tentunya dibutuhkan daya kreatif yang cukup tinggi.

Nah, kali ini kami akan berbagi info mengenai cara pembuatan rak buku dari barang bekas. Cara yang kami sampaikan ini sangat sederhana sehingga bisa Anda ikuti dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga: Cara Pernis Kayu Yang Bagus

Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas

Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas



Manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membuat sebuah rak buku dari kardus bekas adalah keunikannya dan ramah lingkungan. Cara membuat sebuah rak buku dari kardus bekas sangatlah mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat rak buku dari kardus bekas.

Alat dan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • Kardus yang sudah tidak terpakai atau kardus bekas
  • Solatip benih
  • Gunting untuk memotong
  • Kertas kado
  • Cutter kecil
  • Cat berwarna
  • Lem kertas atau lem tembak

Langkah Cara Pembuatan Rak Buku dari Kardus Bekas

  1. Menyiapkan kardus bekas

Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas



Siapkan kardus bekas yang memiliki ukuran ketebalan dan panjang yang berbeda. Untuk ketebalan kardus bekas yang diperlukan setidaknya minimal harus 1 cm dan jangan sampai kurang.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebab jika kardus yang digunakan memiliki ukuran ketebalan sangat tipis maka akan mudah sekali mengalami patah dan bahkan bentuknya akan terlihat kurang bagus. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan kardus bekas sereal yang mudah untuk didapatkan.

  1. Menyiapkan cutter kecil

Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas.png

Langkah berikutnya adalah dengan menyiapkan sebuah cutter kecil. Cutter harus berukuran kecil karena nantinya akan digunakan untuk melubangi kardus pada bagian tengah. Selain cutter, Anda juga harus menyiapkan gunting sebagai pelengkap.

  1. Menyiapkan cat berwarna

Jika Anda ingin memiliki sebuah rak buku yang berwarna supaya terlihat semakin menarik maka Anda bisa menggunakan cat pada setiap sisi kardusnya. Cara membuat sebuah rak buku supaya semakin bagus adalah dengan memberikan warna-warna yang terang atau bisa juga sesuai dengan keinginan.

Gunakan cat akrilik juga supaya bisa menyatu pada kardus. Namun jika Anda ingin memberikan kesan ramah lingkungan pada ruangan, Anda bisa menempelkan sticker yang memiliki gambar-gambar unik dan lucu. Selain itu, gunakan juga kertas kado bekas untuk semakin mempercantik tampilan rak buku buatan Anda.



  1. Menggunakan lem kayu atau lem tembak

Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas

 

 

Jika Anda sudah mengkonsepkan desain kardus bekas yang Anda inginkan, langkah berikutnya adalah dengan menambahkan lem kayu atau lem tembak. Lem disini akan menjadi bahan yang selalu dibutuhkan.

Lem memiliki fungsi sebagai perekat pada setiap bagian dari kerangka rak buku supaya kokoh dan tidak akan mudah lepas. Lem kayu atau lem tembak ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko alat tulis terdekat.

  1. Menambahkan Klip Besi

Terakhir adalah dengan menambahkan klip besi. Menggunakan klip besi memiliki fungsi untuk memperindah pegangan pada rak  buku atau bisa menjadi aksesori rak buku yang baru saja Anda buat.

Membuat Rak Buku dengan Cabang Pohon

Membuat Rak Buku Dari Cabang Pohon

Apakah Anda ingin memiliki sebuah rak buku dengan sentuhan alam yang sangat khas? Jika iya, Anda bisa membuat rak buku dengan menambahkan cabang pohon pada bagian bawahnya. Untuk lebih jelasnya mari simak mengenai alat, bahan dan juga tahapan cara pembuatannya berikut ini.

Alat dan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Obeng 4-in-1
  • Bor tanpa kabel
  • Klem
  • Drill Bit Set
  • Gergaji kayu
  • Anak tangga
  • Detektor Metal atau Stud Finder
  • Anak Tangga
  • Alat ukur (Level)
  • Meteran untuk mengukur
  • Rak dengan ukuran 2,5 x 30 cm
  • Kayu lapis berukuran 24 x 48 x ¾-in
  • Sekrup
  • Cabang pohon
  • Jangkar Drywall

Langkah Cara Pembuatan Rak Buku dengan Cabang Pohon

  1. Siapkan berbagai alat yang dibutuhkan
  2. Siapkan cabang pohon

Dalam menyiapkan cabang pohon Anda harus menemukan dua cabang yang memiliki diameter kurang lebih 1 inci atau 2,5 sentimeter, yang mana untuk satu sisi harus relatif lurus dan duduk sejajar dengan dinding. Selanjutnya harus mempertahankan lebarnya sampai dengan 12 inci atau 30 sentimeter.

  1. Potong cabang pohonnya

Membuat Rak Buku Dari Cabang Pohon



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *