Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut


Memperbaiki Tembok Retak – Retak rambut merupakan jenis retak-retak berukuran kecil dengan diameter kurang lebih 1 mm pada tembok yang sudah kering. Jenis retak tembok ini tidak akan mampu menembus sisi dinding di sebelahnya. Maka dari itu, kebanyakan orang menganggapnya sangat sepele.



Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Padahal jika hal tersebut dibiarkan begitu saja maka bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur dan lumut. Sehingga nantinya sudah pasti bisa merusakan nilai keindahan dan kekuatan dinding rumah Anda. Oleh karenanya penting sekali untuk mengetahui apa sajakah penyebab retak rambut pada dinding tembok dan bagaimanakah cara mengatasinya.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Semen Plesteran

Penyebab Retak Rambut Pada Dinding

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Penyebab tembok retak rambut yang paling utama adalah karena perbedan muai susut material pembentuk dinding rumah akibat pengaruh suhu udara. Perlu Anda ketahui bahwa material yang digunakan untuk pembangunan dinding seperti batako, bata merah, bata ringan, dan adukan semen atau plester mempunyai nilai muai susut yang tidak sama.

Pada saat suhu di sekitar bangunan mengalami perubahan, beberapa bahan mungkin bisa mengalami penyusutan dan perubahan dengan sangat cepat. Penyusutan inilah yang akan memicu gerakan sehingga bisa mengakibatkan keretakan pada dinding tembok.

Selain itu, retak rambut juga bisa disebabkan karena kelalaian ketika proses pengerjaan dinding. Seperti misalnya, plester tidak dibasahi terlebih dahulu sebelum melakukan pengerjaan acian, atau bisa juga karena campuran plesteran burut (jumlah pasir yang jauh lebih banyak dibanding semen, pasir memiliki kandungan bahan organik, dan lain sebagainya).



Tak hanya itu saja, penyebab lainnya adalah karena penggunaan cat dinding dengan nilai kerapatan dan elastisitas yang kecil atau cat biasa sehingga tidak akan bisa menempel dengan sempurna saat mengering.

Saran

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Ramadhan Effendi yang merupakan Project Sales Manager PT Propan Raya ICC, produsen cat Propan menjelaskan bahwa untuk mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok:

  • Menggunakan semen acian yang sudah siap digunakan untuk dapat mengurangi terjadinya penyusutan yang sangat tinggi (shrinkage) ketika proses pengeringan acian.
  • Jika menggunakan semen konvensional untuk acian maka diharuskan untuk melakukan penyiraman secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk memperlambat proses pengeringan.
  • Apabila retak rambut pada dinding sudah terlanjur terjadi, Anda harus membersihkan dan amplas bagian dinding yang retak. Aplasikasikan cement filler atau plamir sesuai dengan posisi retakan, silahkan Anda amplas bagian plamir yang kasar atau kurang rata. Jika sudah kering dengan sempurna maka tinggal aplikasikan alkali resisting atau wall sealer, selanjutnya sapukan cat akhir atau top coating.

Untuk dapat meminimalkan potensi retak rambut, untuk top coating akhir sangt disarankan untuk menggunakan cat dari jenis elastomeric. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ini karena memang cat dari jenis elastomeric untuk elastisitasnya sangat tinggi.





Leave a Reply

Your email address will not be published.