Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut


Memperbaiki Tembok Retak – Retak rambut merupakan jenis retak-retak berukuran kecil dengan diameter kurang lebih 1 mm pada tembok yang sudah kering. Jenis retak tembok ini tidak akan mampu menembus sisi dinding di sebelahnya. Maka dari itu, kebanyakan orang menganggapnya sangat sepele.

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Padahal jika hal tersebut dibiarkan begitu saja maka bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur dan lumut. Sehingga nantinya sudah pasti bisa merusakan nilai keindahan dan kekuatan dinding rumah Anda. Oleh karenanya penting sekali untuk mengetahui apa sajakah penyebab retak rambut pada dinding tembok dan bagaimanakah cara mengatasinya.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Semen Plesteran

Penyebab Retak Rambut Pada Dinding

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Penyebab tembok retak rambut yang paling utama adalah karena perbedan muai susut material pembentuk dinding rumah akibat pengaruh suhu udara. Perlu Anda ketahui bahwa material yang digunakan untuk pembangunan dinding seperti batako, bata merah, bata ringan, dan adukan semen atau plester mempunyai nilai muai susut yang tidak sama.

Pada saat suhu di sekitar bangunan mengalami perubahan, beberapa bahan mungkin bisa mengalami penyusutan dan perubahan dengan sangat cepat. Penyusutan inilah yang akan memicu gerakan sehingga bisa mengakibatkan keretakan pada dinding tembok.

Selain itu, retak rambut juga bisa disebabkan karena kelalaian ketika proses pengerjaan dinding. Seperti misalnya, plester tidak dibasahi terlebih dahulu sebelum melakukan pengerjaan acian, atau bisa juga karena campuran plesteran burut (jumlah pasir yang jauh lebih banyak dibanding semen, pasir memiliki kandungan bahan organik, dan lain sebagainya).

Tak hanya itu saja, penyebab lainnya adalah karena penggunaan cat dinding dengan nilai kerapatan dan elastisitas yang kecil atau cat biasa sehingga tidak akan bisa menempel dengan sempurna saat mengering.

Saran

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Ramadhan Effendi yang merupakan Project Sales Manager PT Propan Raya ICC, produsen cat Propan menjelaskan bahwa untuk mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok:

  • Menggunakan semen acian yang sudah siap digunakan untuk dapat mengurangi terjadinya penyusutan yang sangat tinggi (shrinkage) ketika proses pengeringan acian.
  • Jika menggunakan semen konvensional untuk acian maka diharuskan untuk melakukan penyiraman secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk memperlambat proses pengeringan.
  • Apabila retak rambut pada dinding sudah terlanjur terjadi, Anda harus membersihkan dan amplas bagian dinding yang retak. Aplasikasikan cement filler atau plamir sesuai dengan posisi retakan, silahkan Anda amplas bagian plamir yang kasar atau kurang rata. Jika sudah kering dengan sempurna maka tinggal aplikasikan alkali resisting atau wall sealer, selanjutnya sapukan cat akhir atau top coating.

Untuk dapat meminimalkan potensi retak rambut, untuk top coating akhir sangt disarankan untuk menggunakan cat dari jenis elastomeric. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ini karena memang cat dari jenis elastomeric untuk elastisitasnya sangat tinggi.

Namun  harga cat elastomeric tergolong sangat mahal. Meskipun mahal, cat elastomeric ini mampu untuk mengikuti muai susut tembok sampai mencapai diameter yang tertentu.

Baca juga: Cara Plamir Tembok Yang Benar

Mengatasi Dinding Retak Rambut Secara Bertahap

Suatu bangunan yang mengalami keretakan, meskipun terbilang cukup ringan sekalipun masih bisa membuat air meresap dengan sangat mudah ke dalam pori-pori tembok. Hal ini tentunya bisa mempercepat proses pelapukan.

Jika Anda tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasi dinding retak rambut maka bangunan bisa saja roboh. Maka dari itu, kami disini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi dinding retak rambut dengan mudah.

  1. Menginspeksi Lokasi Retakan

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Sebelum melakukan pekerjaan untuk menutup bagian retakan pada dinding, Anda harus terlebih dahulu menginspeksi bagian yang retak untuk dapat menentukan apakah bagian tersebut memang mengalami retakan rambut.

Jenis retakan dinding yang satu ini pada umumnya mencapai bagian acian dinding dengan celah selebar sekitar satu milimeter. Anda pun juga bisa memberikan suatu tanda bagian manakah yang mengalami keratakan.

  1. Menghapus Permukaan Cat

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

 

Langkah kedua untuk mengatasi dinding retak rambut adalah dengan menghapus cat pada bagian permukaan tembok. Untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan pekerjaan ini Anda bisa menggunakan sikat besi.

Anda bisa memberikan jarak 5 sentimeter di bagian kanan dan kiri tepat dimana lokasi retakan berdasarkan inspeksi Anda. Jika Anda sudah berhasil menghapus permukaan cat sampai acian benar-benar terlihat, selanjutnya Anda bisa menggunakan amplas untuk dapat memastikan bahwa bagian dinding tersebut sudah bersih dari cat.

Bagian paling kasar dari amplas yang bisa digunakan untuk menggosok sisa-sisa cat sampai acian bisa terlihat sepenuhnya.

  1. Membersihkan Dinding Tembok

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Pekerjaan ini penting dilakukan karena untuk menjamin bahwa hasil akhir yang didapatkan nantinya bisa terlihat rapi. Anda harus membersihkan dinding tembok yang baru diamplas dari berbagai kotoran dan debu.

Anda bisa menggunakan kain lap yang sudah dibasahi terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan ini. Anda harus pastikan bahwa semua bagian permukaan benar-benar sudah bersih dari segala macam kotoran.

Seteleh itu, dinding yang baru saja Anda lap dengan kain basah tersebut harus ditunggu selama beberapa saat sampai kering. Jika sudah kering maka Anda bisa mulai untuk melanjutkan ke tahapan cara berikutnya.

  1. Menambal Celah yang Retak

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Langkah cara untuk mengatasi dinding retak rambut selanjutnya adalah menambal bagian-bagian atau celah yang retak. Untuk melakukan tahapan Ini Anda bisa menggunakan wall sealer.

Bahan lain yang bisa Anda gunakan adalah mortar acian dan juga semen nat. Usahakan menggunakan trowel untuk dapat mengaplikasikan material penambal pada tembok yang mengalami retak.

Anda bisa membiarkan dinding tembok tersebut dalam kondisi seperti ini selama beberapa jam dan bahkan selama beberapa hari, ini tergantung dari bahan penambal yang Anda gunakan.

  1. Mengecat Ulang Dinding

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Apabila dinding sudah didiamkan selama beberapa saat, Anda harus melakukan inspeksi kembali dengan tujuan untuk dapatkan melihat apakah tambalan sudah rata atau masih belum.

Bagian yang masih belum rata bisa Anda haluskan dengan menggunakan amplas. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan bahwa bagian permukaan dinding tembok akan nampak lebih rapi dan rata.

Setelah mengamplas dinding tembok, Anda harus membersihkan semua debu dengan sebaik mungkin. Pengecatan ulang juga bisa dilakukan. Sangat disarankan untuk menambahkan lapisan cat dasar kemudian dilanjutkan kembali dengan cat yang diinginkan.

Setelah membaca penjelasan yang kami sampaikan di atas, Anda bisa melihat bahwa sebenarnya cara untuk mengatasi dinding retak rambut tidak begitu sulit. Meski demikin Anda harus bersabar di setiap tahapan caranya.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya sendiri, menyewa jasa tukang bangunan merupakan solusi yang paling tepat. Namun yang pasti Anda bisa semakin terampil dalam urusan perawatan rumah apabila berusaha untuk melakukannya sendiri.

Demikian artikel kali ini mengenai langkah cara mengatasi dinding retak rambut. Semoga informasi yang Harga Depo Bangunan sampaikan ini bermanfaat bagi pembaca semua. Terima kasih sudah berkunjung!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *