×

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Ramadhan Effendi yang merupakan Project Sales Manager PT Propan Raya ICC, produsen cat Propan menjelaskan bahwa untuk mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara mencegah terjadinya retak rambut pada dinding tembok:

  • Menggunakan semen acian yang sudah siap digunakan untuk dapat mengurangi terjadinya penyusutan yang sangat tinggi (shrinkage) ketika proses pengeringan acian.
  • Jika menggunakan semen konvensional untuk acian maka diharuskan untuk melakukan penyiraman secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk memperlambat proses pengeringan.
  • Apabila retak rambut pada dinding sudah terlanjur terjadi, Anda harus membersihkan dan amplas bagian dinding yang retak. Aplasikasikan cement filler atau plamir sesuai dengan posisi retakan, silahkan Anda amplas bagian plamir yang kasar atau kurang rata. Jika sudah kering dengan sempurna maka tinggal aplikasikan alkali resisting atau wall sealer, selanjutnya sapukan cat akhir atau top coating.

Untuk dapat meminimalkan potensi retak rambut, untuk top coating akhir sangt disarankan untuk menggunakan cat dari jenis elastomeric. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ini karena memang cat dari jenis elastomeric untuk elastisitasnya sangat tinggi.



Namun  harga cat elastomeric tergolong sangat mahal. Meskipun mahal, cat elastomeric ini mampu untuk mengikuti muai susut tembok sampai mencapai diameter yang tertentu.

Baca juga: Cara Plamir Tembok Yang Benar

Mengatasi Dinding Retak Rambut Secara Bertahap

Suatu bangunan yang mengalami keretakan, meskipun terbilang cukup ringan sekalipun masih bisa membuat air meresap dengan sangat mudah ke dalam pori-pori tembok. Hal ini tentunya bisa mempercepat proses pelapukan.

Jika Anda tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasi dinding retak rambut maka bangunan bisa saja roboh. Maka dari itu, kami disini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi dinding retak rambut dengan mudah.

  1. Menginspeksi Lokasi Retakan

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Sebelum melakukan pekerjaan untuk menutup bagian retakan pada dinding, Anda harus terlebih dahulu menginspeksi bagian yang retak untuk dapat menentukan apakah bagian tersebut memang mengalami retakan rambut.

Jenis retakan dinding yang satu ini pada umumnya mencapai bagian acian dinding dengan celah selebar sekitar satu milimeter. Anda pun juga bisa memberikan suatu tanda bagian manakah yang mengalami keratakan.

  1. Menghapus Permukaan Cat

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

 

Langkah kedua untuk mengatasi dinding retak rambut adalah dengan menghapus cat pada bagian permukaan tembok. Untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan pekerjaan ini Anda bisa menggunakan sikat besi.



Leave a Comment