Cara Menghitung Cor Dak Beton


Namun dak beton ini juga memiliki kekurangan, yaitu pemasangannya memakan banyak waktu. Disamping itu, dari segi material juga akan membutuhkan jumlah yang sangat besar. Dengan demikian, jika Anda lebih memilih jenis cor dak beton ini akan membutuhkan biaya yang tinggi dan menghasilkan limbah kayu.



  1. Dak Beton dengan Floor Desk

Dak Beton dengan Floor Deek

Jenis dak beton yang satu ini juga biasa disebut dengan Bondek yakni material pengganti papan kayu atau triplek yang digunakan sebagai bekisting. Bondek sendiri pada umumnya dibuat dari bahan dasar besi yang memiliki ukuran ketebalan mulai dari 0,6 sampai dengan 1,1 mm. Untuk ukuran lebarnya kurang lebih sekitar 80 sampai 100 cm.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan dak jenis ini yaitu akan lebih menghemat material. Meskipun lebih menghemat material tetapi untuk harganya tergolong sangat mahal.

Baca juga: Menghitung Biaya Bondek Cor

  1. Panel Lantai Beton

Panel Lantai Beton

Panel lantai beton adalah bahan alternatif dak yang masih tergolong baru di pasaran. Bahan dasar pembuatan panel lantai beton adalah beton ringan aerasi yang biasanya digunakan untuk bata ringan.

Keuntungan dari jenis dak yng satu ini  yaitu menghilangkan kebutuhan akan bekisting dan dapat mengurangi jumlah pemakaian semen dan juga besar. Sedangkan untuk kekurangannya terletak pada masa pemesanan atau fabrikasi di pabrik yang bisa dibilang cukup lama, bahkan  sampai 1 bulan jika stok tidak tersedia di pabrik.



Perhitungan Biaya Cor Dak Beton

Biaya Cor Dak Beton

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara menghitung biaya untuk cor dak beton. Perhitungan yang akan kami sampaikan ini bersifat sementara dan tidak tetap. Ini karena setiap daerah memiliki standar harga material serta gaji kuli yang tidak sama, sehingga untuk biaya yang harus disiapkan juga berbeda.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menyusun rencana pengeluaran saat ingin mengecor dek rumah. Beberapa diantara adalah melakukan survey terlebih dahulu sebelum belanja material, membandingkan beberapa harga material, dan mempertimbangkan masalah kualitas material. Jangan sampai Anda tergoda dengan harga yang sangat murah karena harga murah kebanyakan sebanding dengan kualitasnya.

Hal lain yang harus diperhatikan saat menghitung biaya untuk cor dak beton adalah pemilihan tenaga kerja yang ingin mengerjakan pengecoran dak rumah Anda. Ada dua pilihan untuk hal ini, yaitu menggunakan jasa tukang atau bisa juga tenaga profesional.



Baca juga: Harga Besi Beton Terbaru

Jika Anda memilih tenaga tukang tentu harganya akan jauh lebih murah, tetapi kualitasnya tergantung dari pengalaman tukang itu sendiri. Akan tetapi, jika pengecoran manual dikerjakan oleh banyak tukang pastinya akan membutuhkan budget yang sangat besar.



Leave a Reply

Your email address will not be published.