Cara Menghitung Cor Dak Bondek


Dak Cor Bondek – Kesadaran masyarakat untuk bisa membangun konstruksi bangunan yang lebih kuat dan efisien pada akhirnya membuat wiremesh dan bondek dak beton menjadi pilihan yang tepat. Ukuran standar wiremesh untuk bondek dak beton harus benar-benar diperhatikan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sekarang ini wiremesh dan bondek dak beton sudah mulai banyak digunakan di seluruh tipe bangun di Jabodetabek dan kota-kota besar yang berada di wilayah Jawa Barat. Selain di kota besar, bahkan di beberapa daerah juga sudah banyak yang mengaplikasikannya untuk membangun suatu konstruksi bangunan.

wiremesh dan bondek dak beton

Namun masih banyak sekali orang yang berpikir bahwa dak dengan menggunakan bondek akan jauh lebih mahal harganya dan lebih ribet. Padahal jika mereka bisa mencari tahu lebih dalam, bondek akan lebih menguntungkan.

Mereka mungkin masih belum tahu bahwa pengaplikasian bondek dan wiremesh menawarkan banyak sekali keuntungan. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan kedua material ini adalah praktis dan kuat.

Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia atau HAKI pun sangat merekomendasikan untuk menggunakan metode bondek ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi karena memang metode yang satu ini akan sangat bagus sekali untuk Anda aplikasikan dalam konstruksi bangunan.

wiremesh dan bondek dak beton

Penggunaan wiremesh dan dak beton ini memang memiliki tujuan utama agar proses pembangunan nantinya bisa menjadi lebih praktis, lebih cepat, lebih kokoh dan bentuknya tentu bisa semakin rapi. Namun meski demikian masih banyak sekai pengguna baru bondek dan wiremesh yang masih belum paham bagaimana cara menghitung kebutuhan bondek dan wiremesh.

Maka dari itu, kami disini akan menjelaskan cara menghitung bondek dan wiremesh secara akurat. Sebelum itu mari kita simak penjelasan terlebih dahulu mengenai bondek dan keunggulan bondek berikut ini.

Mengenal Bondek Dak Beton

Mengenal Bondek Dak Beton

Bondek merupakan sebuah plat yang dilapisi oleh baja dan galvanis dengan struktur yang sangat kuat apalagi jika digunakan untuk plat lantai. Untuk bondek ini sendiri ternyata juga dapat diaplikasikan untuk dak beton.

Bondek bisa dibilang merupakan pillihan yang paling tepat untuk membangun sebuah bangunan bertingkat. Hal ini karena bondek dak beton sudah tidak diragukan lagi kekuatannya sehingga bisa membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Sistemnya yaitu besi tulangan pada bagian bawah akan digantikan langsung dengan bondek dalam bentuk plat baja ini. Sedangkan untuk wiremesh akan diaplikasikan pada bagian atas. Dengan bentuk konstruksi seperti ini maka proses pembangunan akan menjadi lebih cepat dan lebih efisien daripada pembangunan yang menerapkan sistem konvensional.

Keunggulan Bondek Dak Beton

Keunggulan Bondek Dak Beton

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh metode ini jika dibandingkan dengan metode konvensional. Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh metode bondek dak beton ini adalah sebagai berikut:

  • Apabila menggunakan bondek maka nantinya tidak akan ada lagi material yang terbuang secara percuma. Dengan demikian untuk penggunaan material akan menjadi lebih efisien dan diminimalisir. Hal ini tentu akan jauh lebih menguntungkan daripada cara konvesional yang sudah pasti membutuhkan papan kayu dan bambu.
  • SDM (Sumber Daya Manusia) juga dapat diminimalisir. Anda tidak akan membutuhkan banyak tukang atau kuli untuk membangun suatu konstruksi bangunan dengan menggunakan bondek dak beton. Sehingga nantinya untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tukang atau kuli bangunan juga lebih hemat.
  • Dengan menggunakan metode bondek akan jauh lebih hemat untuk kebutuhan cornya. Berdasarkan perhitungan, jika Anda lebih memilih untuk menggunakan bondek maka akan lebih efisien 20% sampai dengan 30%. Hal ini dikarenakan bondek sendiri memiliki bentuk profil W.
  • Untuk bagian penyangga juga akan menjadi lebih hemat. Perlu Anda ketahui bahwa jarak penyangga paling maksimal adalah mulai dari 1.5 m sampai dengan 1.8 m. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan dak konvensional yang dimana untuk jarak penyangganya adalah 50 cm sampai 80 cm sehingga nantinya akan jauh lebih boros kayu penyangga.
  • Keunggulan berikutnya adalah material bondek terasa jauh lebih ringan. Meskipun cukup ringan, tetapi untuk konstruksinya sangat kuat bahkan cukup kuat dan kokoh untuk menahan gempa.
  • Pengaplikasian bondek yang sangat cepat, ini karena bondek tidak perlu lagi menunggu kering ketika ingin di cor. Bahkan untuk melepas penyangga cor pun juga tidak akan memakan banyak waktu.

Ukuran Bondek dan Wiremesh

Ukuran Bondek dan Wiremesh

Sebelum membahas rumus bagaimana cara menghitung kebutuhan Bondek dan Wiremesh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai ukuran luas setiap lembar bondek dan juga wiremesh beserta diameter atau ketebalannya.

Berikut ini adalah  ukuran bondek dan wiremesh yang perlu Anda ketahui:

Spesifikasi Material Bondek
1 Panjang sesuai pesanan dg maks 8 m
2 Lebar 1 meter
3 Tebal
  • 0,75 mm
  • 0,70 mm
  • 0,65 mm
Spesifikasi Material Wiremesh
1 Panjang 5 meter
2 Lebar 2 meter
3 Tebal /diamter
  • 6,00 mm
  • 8,00 mm
  • 10,00 mm

Langkah Cara Menghitung Kebutuhan Bondek dan Wiremesh

Menghitung Kebutuhan Bondek dan Wiremesh

Jika Anda sudah mengetahui spesifikasi bondek dan juga wiremesh dari tabel yang kami sampaikan diatas, sekarang kita bisa langsung masuk ke pembahasan inti yaitu langkah cara menghitung kebutuhan bondek dan wiremesh.

Langkah perhitungan dari keduanya sengaja kami pisah karena memang untuk cara perhitungannya berbeda. Berikut ini adalah rumus perhitungannya yang harus Anda pelajari:

  1. Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Menghitung Kebutuhan Bondek

Panjang area x Lebar area : 8 = Kebutuhan lembar bondek. Sebagai contoh : 20 m x 10 m : 8 = 25 lembar bondek *angka delapan (8) merupakan ukuran luas yang paling maksimal untuk per lembar bondek.

  1. Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Wiremesh

Menghitung Kebutuhan Wiremesh

Panjang x lebar area : 10 = Kebutuhan lembar wiremesh. Sebagai contoh : 20 m x 10 m : 10 = 20 lembar wiremesh *angka sepuluh (10) merupakan ukuran luas yang digunakan untuk per lembar wiremesh.

Pada dasarnya, yang harus Anda pahami saat menghitung kebutuhan bondek dan wiremesh adalah luas per lembar dari kedua bahan bangunan tersebut. Sementara untuk ketebalannya hanya akan diperlukan untuk jenis aplakasi struktur cor.

Seperti misalnya cor dak lantai menggunakan bondek dengan tebal 0,75 dan wiremesh dengan diameter besi 6,00 mm dan seterusnya untuk cor jalan dan lain sebagainya dapat disesuaikan dengan kebutuhan strukturnya.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Cor Dak Beton

Itulah cara menghitung kebutuhan bahan bangunan bondek dan wiremesh yang sangat mudah dilakukan dan akurat. Jadi, jika misalnya Anda sekarang tertarik untuk menggunakan kedua material diatas maka jangan khawatir mengalami masalah ketika menghitung berapakah kebutuhannya.

Hanya dengan menggunakan rumus yang kami sampaikan diatas maka Anda sudah bisa dengan mudah mengetahui berapa lembar bondek dan wiremesh yang harus dibeli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara menghitung cor dak bondek. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua atau setidaknya bisa membantu memudahkan Anda dalam menentukan kebutuhan bondek dan wiremesh serta memilih ukuran standar wiremesh yang sesuai untuk bondek dak beton.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *