Menghitung Kebutuhan Plesteran Dan Acian


Perlu diketahui bahwa sebenarnya cara menghitung kebutuhan untuk pengerjaan plesteran dan acian hampir sama dengan cara menghitung kebutuhan material untuk pengerjaan pemasangan batu.



Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung berapakah volume pekerjaan plesteran dan volume pengerjaan acian itu sendiri. Selanjutnya, jika kita sudah mengetahui berapakah volume pekerjaannya, maka bisa dimulai perhitungan kebutuhan materi atau material yang diinginkan dengan cara mengkalikan volume pekerjaan dengan angka koefisien keperluan bahannya.

Contoh Perhitungan Volume Kebutuhan Semen dan Pasir untuk Pengerjaan Plesteran dan Acian

Cara Menghitung Kebutuhan Plesteran Dan Acian

 

Diketahui bahwa besarnya volume pekerjaan dinding adalah 77,24 meter persegi (m2). Sekarang bisa mulai dilakukan perhitungan berapakah volume pekerjaan plesteran dan pekerjaan acian yang sesuai dengan tumpuan tersebut.

Volume pekerjaan plesteran adalah 2 kali dari volume dinding. Maka :

Volume pek. plesteran = volume pek. dinding X 2
Volume pek. plesteran = 77,24 X 2
Volume pek. Plesteran = 154,48 m2



Sementara untuk volume pekerjaan acian adalah sama dengan volume pekerjaan plesteran.

Volume pek. Acian = volume pekerjaan plesteran
Volume pek. acian = 154,48 m2

Untuk total volume pekerjaan plesteran dan acian sekarang sudah bisa diketahui. Berikutnya adalah melakukan perhitungan mengenai berapakah kebutuhan material untuk setiap pekerjaan tersebut.

Baca juga: Cara Plamir Tembok Yang Benar

Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen untuk Pengerjaan Plesteran

Cara Menghitung Kebutuhan Plesteran Dan Acian



Berikut ini adalah tabel koefisien kebutuhan materi untuk pengerjaan plesteran:

Menghitung kebutuhan pasir dan semen

Dari tabel diatas sudah bisa diketahui koefisien koefisien untuk beberapa komposisi perbandingan campuran. Mulai dari pengerjaan plesteran yang menggunakan perbandingan adonan 1 : 1, adonan 1 : 2, adonan 1 : 3, hingga plesteran yang menggunakan adonan 1 : 4.

Pada tumpuan perhitungan kali ini kami akan menggunakan koefisien plesteran adonan 1 : 4. Dari tabel diatas bisa didapat bahwa koefisien pasir adalah 0,024 m3 dan semen 6,24 kg untuk setiap m2 pemasangan plesteran yang menggunakan tebal 15 mm.

Maka kebutuhan pasir dan juga semen untuk pekerjaan plesteran dengan total volume 154,48 m2 menyerupai yang kami sebutkan di atas tadi adalah sebagai berikut:

Volume bahan   = volume pekerjaan X koefisien bahan
Volume pasir     = 154,48 X 0,024 = 3,7075 m3
Volume Semen  = 154,48 X 6,24 = 963,955 Kg atau hampir mendekati 20 zak semen (1 zak isi 50 Kg)



Menghitung Kebutuhan Semen untuk Pengerjaan Acian

Untuk melakukan pengerjaan acian dalam setiap satu meter perseginya atau 1 m2 maka akan dibutuhkan semen sekitar 3,25 kg. Jadi kalau volume pengerjaan acian adalah 154,48 m2 maka untuk kebutuhan semen adalah sebagai berikut:

Volume semen = 154,48 x 3,25 = 502,06 kg atau sekitar 10 zak semen dengan isi per zaknya sekitar 50 kg.

Baca juga: Harga Pasir Bangunan Per Kubik

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara perhitungan kebutuhan untuk pekerjaan plesteran dan acian. Semoga informasi yang telah kami sampaikan kali ini bisa memberikan banyak manfaat bagi pembaca semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *