Cara Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi


Tingkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi – Bagi sebagian orang terutama yang di daerah perkotan, “meningkat rumah” tentu menjadi solusi yang paling tepat untuk menambah ruangan di lahan yang sangat terbatas. Faktanya, untuk meningkat rumah menjadi 2 lantai tidak semudah seperti yang kita bayangkan.

Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi Tapi Aman

Hal tersebut cukup sulit dilakukan karena kita harus mempertimbangkan struktur bagian bawah bangunan. Apabila struktur bawah bangun tidak cukup kuat maka rumah nantinya bisa saja ambruk dan tentunya sangat merugikan Anda.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata rumah masih bisa ditingkat tanpa perlu menambah pondasi? Bahkan hanya dalam waktu kurang dari satu minggu saja rumah bertingkat Anda sudah selesai di renovasi.

Nah, maka dari itu kami disini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara meningkat rumah 2 lantai tanpa suntik pondasi. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Detail Pondasi Cakar Ayam

Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi Tapi Aman

Cara Meningkat Rumah 2 Lantai Tanpa Menambah Pondasi

 

Penggunan Pelat Lantai GRC

Penggunaan pelat lantai GRC

Membuat pondasi rumah tingkat supaya kuat sebenarnya memang sangat dibutuhkan.  Hanya saja saat Anda tidak berpikir bahwa nantinya ingin membuat rumah tingkat maka untuk pondasi rumah akan dibuat dengan proporsi material yang berbeda.

Akan tetapi, jika Anda tidak ingin menambahkan pondasi untuk meningkat rumah maka Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan pelat lantai GRC. Penggunaan bahan ini memiliki tujuan untuk mendapatkan ruangan baru di atas tetapi tidak akan menambah beban pondasi rumah.

Pada umumnya pelat lantai GRC atau glassfiber reinforced cement ini dijual dengan ukuran yang sangat beragam di pasaran. Untuk ukurannya bisa Anda pilih dengan bebas mulai dari ukuran 15 mm.

Lalu jenis rangka yang bisa digunakan untuk pelat lantai adalah rangka kayu. Glassfiber reinforced cemment ini sendiri bisa dibilang merupakan bahan yang cukup ringan karena dibuat dari semen, glassfiber dan juga pasir.

Fungsi glassfiber adalah menggantikan fungsi tulang utama yang umumnya dibuat dari bahan beton. Dengan adanya susunan material inilah Anda bisa membuat meningkat rumah tanpa harus menambah beban berat pondasi sebelumnya.

Selain itu, penggunaan GRC juga bisa dipasang dengan sangat cepat dan lembaran GRC memang ringan. GRC umumnya digunakan untuk menyusun kamar tidur tambahan di lantai dua. Supaya ruangam terlihat semakin menarik jangan sampai lupa unuk merancang desain kamar tidur.

Penggunaan Gipsum untuk Dinding

Penggunaan Gipsum untuk Dinding

Jika Anda sudah menemukan bahan yang pas untuk lantai maka sekarang Anda bisa memilih bahan dinding yang ringan dengan kualitas terbaik. Bahan berkualitas yang bisa Anda pilih adalah gipsum. Ini karena gipsum merupakan material yang kuat untuk dinding.

Namun jika Anda lebih memilih penggunaan batu bata maka untuk beban pondasi dibawah nantinya akan terasa jauh lebih berat. Belum lagi penggunaan batu bata membutuhkan besi untuk dijadikan sebagai akar bangunan dan juga semen.

Maka dari itu, dinding gipsum bisa menjadi pilihan yang paling tepat dan bahkan bisa Anda pasang secara langsung dengan sangat mudah. Bentuk dinding gipsum pun cukup ringn dan bisa Anda pasang langsung dengan panel.

Penggunaan Gipsum untuk Dinding

Namun untuk masing-masing dinding diharuskan untuk menggunakan dua dinding gipsum yang kemudian pada bagian tengahnya diisi dengan glasswool yang memiliki fungsi utama sebagai peredam suara.

Meski demikian, pemakaian dinding gipsum juga tak luput dari kekurangan. Jika misalnya diketuk dengan keras maka akan menghasilkan bunyi seperti triplek. Dinding gipsum juga tidak begitu kuat untuk menahan paku sehingga nantinya akan sangat sulit sekali untuk memasang hiasan pada dinding.

Namun sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab, apabila ingin digunakan untuk kamar tidur maka Anda bisa melihat referensi desain interior kamar tidur yang unik dan menarik.

Penggunaan Material Kayu

Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi

Desain yang terkesan unik dan menarik untuk meningkat rumah tanpa harus menambah pondasi adalah dengan menggunakan material kayu. Anda bisa mengubah dinding atas dan juga menambah ruang khusus untuk bagian atas. Dengan demikian untuk konsep atap yang pendek harus Anda rubah menjadi yang lebih tinggi.

Untuk desain rumah tingkat di dalam rumah ini hampir secara menyeluruh dibuat dari material kayu. Material kayu bisa mulai digunakan untuk menjadi tiang penyangga kemudian lantai ruangn. Namun tiang yang ingin Anda gunakan menjadi penyangga harus ditanam di tanah bawah dengan tujuan supaya kekuatannya lebih terjamin.

Selanjutnya untuk lantainya Anda bisa menggunakan papan kayu yang kuat tetapi ringan. Usahakan untuk memilih material kayu yang berkualitas untuk membuat lantai tambahan ini. Disini Anda bisa memilih jenis kayu jati atau bisa juga kayu sengon.

Ciri-ciri jika kayu benar-benar layak untuk digunakan adalah kayu yang sudah sangat keras, warna kayu yang tua, dan kayu sudah dilakukan perendaman dalam air selama beberapa bulan atau tahun.

Sementara itu, untuk bagian dinding Anda bisa menggunakan dari bahan triplek atau dinding gipsum seperti tips yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Dengan menerapkan cara ini maka Anda tidak perlu bingung lagi untuk menambah pondasi.

Dan karena bahan dasar yang digunakan untuk bangunan rumah ini adalah kayu maka Anda harus semaksimal mungkin mampu mencegah semu penyebab munculnya rayap di dalam rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi

Tambahkan Dinding Bangunan

Meningkat Rumah Tanpa Suntik Pondasi

Jika desain sebuah rumah tidak dibuat berlantai dua maka sudah pasti dinding bangunan hanya dibuat standar saja.  Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk menambahkan ruangan pada bagian atas. Namun karena memang ingin dibuat menjadi lantai dua maka Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar.

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menambah dinding. Namun Anda harus terlebih dahulu tes pondasi tersebut dengan tehnik sloof. Apabila sudah benar-benar aman maka bisa Anda tambahkan dinding tersebut. Pastinya untuk bagian atas juga perlu dirubah supaya mengikuti konstruksi ketinggian dinding.

Jika sudah menambahkan dinding, cara berikutnya adalah menyusun lantai dua dalam rumah. Anda harus mempertimbangkan untuk memilih penempatan ventilasi saat menambah dinding bata sehingga nantinya akan ada banyak udara yang masuk ke lantai dua.

Tambahkan Dinding Bangunan

Untuk bahan lantainya Anda bisa menggunakan material kayu atau GRC. Sedangkan untuk bagian dinding Anda bisa memilih menggunakan material gipsum atau bisa juga triplek.

Pada intinya, desain yang satu ini dapat disesuaikan sendiri dengan kebutuhan pada lantai dua. Anda pun tidak perlu lagi untuk menambahkan pondasi atau melakukan perubahan pada pondasi rumah satu lantai Anda.

Itulah informasi yang bisa hargadepo sampaikan kali ini mengenai cara meningkat rumah tanpa perlu menambahkan pondasi tetapi tetap aman. Perlu diingat bahwa memang desain menambah lantai tanpa perlu mengubah pondasi harus Anda lakukan dengan ide-ide desain yang tidak biasa. Maka dari itu, usahakan untuk selalu konsultasikan dengan arsitek pilihan Anda supaya rumah impian Anda terwujud.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *