Proses Pemasangan Plafon GRC Rangka Hollow


Proses Pemasangan Plafon GRC Rangka Hollow – Bagi Anda yang sekarang ini sedang membangun rumah dan sudah memasuki tahap finishing maka salah satu bagian penting yang harus diperhatikan adalah langit-langit rumah.



Untuk finishing pada langit-langit rumah bisa dilakukan dengan memasang  plafon. Supaya plafon ini nantinya bisa terpasang dengan kuat maka juga harus  didukung dengan penggunaan rangka dari bahan yang kuat dan kokoh. Ada banyak sekali material  yang bisa dipilih, namun  yang paling umum digunakan adalah besi hollow.

Proses pemasangannya bisa dibilang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Maka  dari itu, pada artikel kali ini akan bagikan panduan cara memasang plafon GRC rangka hollow secara detail sehingga bisa Anda ikuti dengan mudah.  Simak pembahasan selengkapnya berikut ini sampai akhir !

Baca juga: Model Plafon GRC Ruang Tamu Minimalis Terpopuler

Tahapan Cara Pemasangan Plafon GRC Rangka Hollow

  1. Mengukur Tinggi Sekeliling Plafon

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur langit-langit tinggi ruangan.  Adapun caranya bisa dilakukan dengan membuat titik di empat sudut ruangan menggunakan  sebuah alat yang dinamakan waterpass jenis selang.

Alat ukur  tersebut berisi cairan  yang nantinya digunakan sebagai alat ukur. Namun Anda juga bisa menggunakan alat ukur lainnya, yang paling  penting bisa memberikan hasil yang  akurat.



Lalu tarik garis lurus  mulai dari satu titik ke titik yang lainnya  dengan menggunakan  pensil atau penanda sejenis seperti paku. Garis ini biasa disebut dengan garis elevasi,  yang dimana fungsinya adalah sebagai acuan supaya pemasangan rangka plafon menjadi lurus dan seimbang.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Plafon GRC

Baca juga: Harga Dan Ukuran Gypsum Per Lembar

  1. Memasang Angle Wall

Pemasangan plafon GRC rangka hollow dimulai dengan memasang angle wall tepat  di atas garis lurus yang sudah dibuat sebelumnya. Angle wall ini nantinya memiliki fungsi untuk menopang beban plafon.

Paku yang digunakan untukk pemasangan adalah paku beton  yang memiliki ukuran sekitar 2 cm atau 3 cm.  Sedangkan untuk jarak antar paku beton tidak boleh kurang dari 30 cm. Silahkan lihat ilustrasinya berikut ini.



Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah yang tertentu mungkin angle wall masih sangat sulit untuk ditemukan. Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah yang besar karena Anda  masih  bisa menggunakan hollow sebagai alternatif yang tepat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.