Cara Pernis Kayu Yang Benar Dan Harganya


Cara Pernis Kayu Dan  Harganya – Material kayu selama ini memang selalu menjadi pilihan paling utama untuk dijadikan sebagai material rumah maupun furnitur. Namun meski demikian, untuk masalah perawatannya bisa dibilang cukup sulit karena ada resiko terjadinya retak, terkena jamur dan bahkan dimakan rayap.



Maka dari itu, produk kayu biasanya akan dilapisi dengan pernis dan plitur. Hal ini bertujuan supaya produk kayu tersebut tetap terawat dan lebih menonjolkan kesan alami dari serat-serat kayu.  Keduanya memiliki ciri yang hampir sama sehingga banyak orang yang menganggap bahwa pernis kayu dan plitur merupakan hal yang sama.

cara pernis kayu

Baca juga: Harga Kusen Dan Pintu Kayu

Pernis sendiri merupakan sebuah produk finishing yang sudah digunakan oleh manusia sejak beberapa abad yang lalu. Pernis mempunyai kemampuan dalam menutupi pori-pori kayu. Ada banyak sekali jenis pernis yang bisa ditemukan dengan mudah dipasaran. Lalu bagaimana cara pernis kayu yang benar?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penggunaan pernis kayu yang benar. Namun sebelum kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan pernis kayu dan plitur. Hal ini penting untuk diketahui supaya nantinya Anda bisa memilih finishing yang tepat untuk produk kayu Anda.

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur Kayu

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur Kayu

Meskipun hampir sama, pernis kayu dan plitur kayu memiliki perbedaan mendasar antara satu dengan lainnya. Maka dari itu, disini kami akan membahas perbedaan keduanya, mulai dari bahan dasar pembuatan sampai dengan fungsinya.



  • Bahan Dasar yang Berbeda

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur

Bahan dasar pembuatan pernis kayu adalah drying oil, resin, dan pelarut. Untuk pelarut yang biasa digunakan dalam pembuatan pernis kayu adalah pelarut yang berjenis water based dan solvent based. Perbedaannya, solvent based adalah campuran dari thinner yang digunakan sebagai pelarut. Sedangkan untuk pernis kayu yang berjenis water based hanya menggunakan air untuk dijadikan sebagai pelarutnya.

Sementara itu, plitur adalah sebuah cat transparan yang dibuat dari bahan dasar oker. Oker sendiri adalah ranah lunak yang telah mengalami proses oksidasi. Proses inilah yang akhirnya membuat oker memiliki berbagai macam warna mulai dari cokelat, kuning muda, hingga kuning keemasan. Berbeda halnya dengan pernis kayu, dalam pembuatan plitur tidak menggunakan pelarut sama sekali.

  • Hasil Tak Serupa

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur



Pada umumnya, pemakaian pernis kayu ataupun plitur kayu pada perabot dan furnitur akan membuat produk tersebut terlihat semakin mengkilap. Namun ternyata ada sedikit perbedaan antara furnitur yang dilapisi oleh plitur kayu dan pernis kayu, yaitu pada warnanya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *