Cara Pernis Kayu Yang Benar Dan Harganya


Cara Pernis Kayu Dan  Harganya – Material kayu selama ini memang selalu menjadi pilihan paling utama untuk dijadikan sebagai material rumah maupun furnitur. Namun meski demikian, untuk masalah perawatannya bisa dibilang cukup sulit karena ada resiko terjadinya retak, terkena jamur dan bahkan dimakan rayap.

Maka dari itu, produk kayu biasanya akan dilapisi dengan pernis dan plitur. Hal ini bertujuan supaya produk kayu tersebut tetap terawat dan lebih menonjolkan kesan alami dari serat-serat kayu.  Keduanya memiliki ciri yang hampir sama sehingga banyak orang yang menganggap bahwa pernis kayu dan plitur merupakan hal yang sama.

cara pernis kayu

Baca juga: Harga Kusen Dan Pintu Kayu

Pernis sendiri merupakan sebuah produk finishing yang sudah digunakan oleh manusia sejak beberapa abad yang lalu. Pernis mempunyai kemampuan dalam menutupi pori-pori kayu. Ada banyak sekali jenis pernis yang bisa ditemukan dengan mudah dipasaran. Lalu bagaimana cara pernis kayu yang benar?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penggunaan pernis kayu yang benar. Namun sebelum kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan pernis kayu dan plitur. Hal ini penting untuk diketahui supaya nantinya Anda bisa memilih finishing yang tepat untuk produk kayu Anda.

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur Kayu

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur Kayu

Meskipun hampir sama, pernis kayu dan plitur kayu memiliki perbedaan mendasar antara satu dengan lainnya. Maka dari itu, disini kami akan membahas perbedaan keduanya, mulai dari bahan dasar pembuatan sampai dengan fungsinya.

  • Bahan Dasar yang Berbeda

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur

Bahan dasar pembuatan pernis kayu adalah drying oil, resin, dan pelarut. Untuk pelarut yang biasa digunakan dalam pembuatan pernis kayu adalah pelarut yang berjenis water based dan solvent based. Perbedaannya, solvent based adalah campuran dari thinner yang digunakan sebagai pelarut. Sedangkan untuk pernis kayu yang berjenis water based hanya menggunakan air untuk dijadikan sebagai pelarutnya.

Sementara itu, plitur adalah sebuah cat transparan yang dibuat dari bahan dasar oker. Oker sendiri adalah ranah lunak yang telah mengalami proses oksidasi. Proses inilah yang akhirnya membuat oker memiliki berbagai macam warna mulai dari cokelat, kuning muda, hingga kuning keemasan. Berbeda halnya dengan pernis kayu, dalam pembuatan plitur tidak menggunakan pelarut sama sekali.

  • Hasil Tak Serupa

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur

Pada umumnya, pemakaian pernis kayu ataupun plitur kayu pada perabot dan furnitur akan membuat produk tersebut terlihat semakin mengkilap. Namun ternyata ada sedikit perbedaan antara furnitur yang dilapisi oleh plitur kayu dan pernis kayu, yaitu pada warnanya.

Pemakaian pernis kayu tidak akan  memberikan warna pada suatu bidang yang telah dioleskan. Dalam hal ini pernis kayu hanya berfungsi untuk membuat bidang kayu tersebut terlihat semakin mengkilap. Tidak ada perubahan warna sama sekali pada permukaan kayu. Hal ini tentunya akan membuat warna kayu dan juga serat-seratnya nampak sangat jelas sehingga akan memberikan kesan yang lebih alami.

Sedangkan untuk plitur kayu akan memberikan warna pada bidang atau permukaan kayu yang telah dioleskan. Karena dibuat dari oker maka plitur akan membuat warna permukaan kayu yang telah dioleskan mengalami perubahan sesuai dngan warna oker yang menjadi bahan dasar plitur.

Untuk warnanya sendiri cukup bervariasi, antara warna cokelat, kuning, dan keemasan. Warna inilah yang nantinya akan membuat bidang kayu terlihat kurang alami. Namun penggunaan plitur tetap menjadi solusi yang tepat untuk material kayu yang memiliki warna kurang merata.

  • Fungsi Lain

Perbedaan Pernis Kayu dan Plitur

Perbedaan lain yang terlihat cukup menonjol antara pernis kayu dengan plitur kayu adalah pada fungsinya. Pernis kayu mempunyai keunggulan daripada plitur kayu, ini karena pernis kayu mampu mempertahankan keawetan material kayu yang telah dilapisi.

Berbagai macam perabotan ataupun furnitur seperti meja atau kursi yang menggunakan pernis kayu dipastikan akan jauh lebih awet dan tahan lama. Sebab, pernis kayu nantinya akan membuat serat-serat kayu menjadi lebih kuat. Dengan demikian maka kayu tidak akan cepat mengalami lapuk atau rusak.

Sedangkan plitur sendiri hanya digunakan khusus untuk mengkilapkan dan mewarnai bagian permukaan kayu. Jadi bisa dikatakan bahwa plitur tidak mempunyai fungsi seperti pernis kayu yang mampu menguatkan bidang kayu yang telah dioleskannya.

Setelah mengetahui perbedaannya, tentunya Anda sekarang sudah tidak mengalami kebingungan untuk membedakan antara pernis kayu dan plitur kayu? Keduanya mempunyai keunggulan tersendiri dalam masalah penggunaannya. Anda bisa menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sendiri.

Nah, jika Anda sudah memahami perbedaan antara pernis kayu dan plitur kayu, maka pembahasan berikutnya kami akan menjelaskan bagaimana tahapan cara dalam menggunakan pernis kayu yang benar.

Baca juga: Harga Cat Kayu

Tahapan Cara Menggunakan Pernis Kayu

Melakukan finishing dengan menggunakan pernis kayu memang sangat mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini adalah cara menggunakan pernis kayu yang baik dan benar:

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan disini adalah mebel, kayu, atau berbagai furnitur yang ingin dipernis. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan kuas, amplas, wadah, masker, dan kain lap.

  1. Amplas

pernis kayu

Hal penting yang akan menentukan hasil akhir finishing adalah amplas. Jadi nantinya Anda harus benar-benar memaksimalkan penghalusan kayu dengan menggunakan amplas, mulai dari kasar ke halus.

Anda bisa mulai melakukan pengamplasan menggunakan nomor 120 yang searah dengan serat kayu untuk  dapat menghilangkan bagian permukaan yang kasar. Apabila sudah mulai halus maka bisa langsung diganti dengan menggunakan amplas nomor 400 yang jauh lebih halus.

  1. Membersihkan Bagian Permukaan Kayu

pernis kayu

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian permukaan kayu yang halus secara keseluruhan. Disini harus benar-benar dibersihkan sampai tidak ada debu ataupun kotoran sisa amplas yang masih menempel.

  1. Menentukan Lokasi untuk Mengecat

Menentukan lokasi untuk mengecat merupakan hal penting, hal ini bertujuan supaya mendapatkan hasil yang lebih bagus dan halus. Anda harus memilih area pengecatan yang terang dan luas, supaya pengecatan nantinya bisa menjadi lebih halus.

Jika misalnya Anda melakukan pengecatan di dalam ruangan atau indoor, maka jangan sampai lupa untuk jaga pintu dan jendela ruangan selalu terbuka supaya bau pernis nantinya tidak terlalu mengganggu.

  1. Mengaplikasikan Lapisan Pertama Menggunakan Kuas Halus

pernis kayu

Pengaplikasian lapisan pertama harus mengunakan kuas yang halus. Dalam hal ini Anda harus pastikan bahwa semua pojok dan bagian tersembunyi kayu secara menyeluruh benar-benar terlapisi oleh pernis. Jika sudah maka biarkan selama kurang lebih 4 jam sampai kering.

  1. Amplas Kembali

Apabila bagian permukaan kayu sudah mengering, lakukan pengamplasan kembali dengan menggunakan amplas halus. Hal ini bertujuan untuk dapat menghilangkan bagian permukaan kasar yang diakibatkan oleh kotoran yang masih tersisa dan juga pengaplikasian lapisan pertama yang kurang merata. Amplas hanya dilakukan amblangnya saja dan jangan sampai terlalu ditekan.

Harga Pernis Kayu Terbaru 2020

1. Harga Pernis Kayu Water Based

Harga Pernis Kayu Water Based

Merk Pernis Kayu Kemasan Harga
Belmont Natural Coat Wood Clear Doff 1 Liter Rp. 76.000
Belmont Natural Coat Wood Clear Gloss 1 Liter Rp. 74.500
Belmont Natural Coat Wood Clear Gloss 20 Liter Rp. 1.350.000
Propan Woodstain Clear Gloss 1 Liter Rp. 75.000
Biovarnish Clear Coat Gloss 1 kg Rp. 81.000
Biovarnish Clear Coat Gloss 400 gram Rp. 43.000
BioDuco Top Coat Clear Gloss 400 gram Rp. 44.000
Milan Acqua Stain Clear Coat Gloss 1 Liter Rp. 85.000
Propan Aqua Lacquer Impra Al-961 Clear Gloss/Doff 1 Liter Rp. 81.000
Mowilex Woodstain 1 Liter Rp. 72.500
Mowilex Woodstain 2.5 Liter Rp. 187.000
Boyo Vernis Water Base 1 kg Rp. 65.000
BioColour Biothane Clear Coat 1 kg Rp. 207.000

2. Harga Pernis Kayu Solvent Based

Harga Pernis Kayu Solvent Based

Merk Pernis Kayu Kemasan Harga
Ultran Vernish Propan V-09 0.8 Liter Rp. 45.000
Ichiban Clear Doff 0.9 Liter Rp. 55.000
Vernis Besi Kayu Kampak 1 kg Rp. 25.000
Propan Polyurethane Wood Finish Clear Gloss 1 Liter Rp. 120.000
Propan Polyurethane Wood Finish Clear Gloss 5 Liter Rp. 548.000
Copal Vernish Cap Bunga 700 ml Rp. 38.800
Copal Vernish Cap Bintang 425 ml Rp. 25.000
Boyo Vernis Politur Clear 1 Liter Rp. 57.500
Boyo Vernis Politur Clear 0.5 Liter Rp. 33.500
Propan Impra Meuble Lack NC141 1 Liter Rp. 68.300
Danagloss NC Clear 1 Liter Rp. 85.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *