Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya


Cara Plamir Tembok Yang Benar – Sebagian besar orang beranggapan bahwa hanya dengan menggunakan cat saja sudah bisa mendapatkan hasil yang bagus dan dinding yang indah. Padahal untuk mendapatkan hasil yang sempurna, tentu dibutuhkan lebih dari sekedar cat berkualitas.



Anda bisa mendapatkan hasil lebih baik dengan melakukan plamir tembok. Mungkin proses pengerjaan plamir tembok akan memakan banyak waktu dan tenaga, namun dengan cara ini dinding Anda nantinya akan lebih terawat. Bahkan dapat dipastikan Anda akan merasa kagum pada hasil akhir pengecatan dinding.

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Lalu apa itu plamir tembok? Plamir tembok adalah suatu cara untuk melapisi dinding atau tembok menggunakan material khusus sebelum melakukan proses pengecatan. Material plamir tembok umumnya berupa cairan putih yang merupakan campuran kalsium, lem dan air sehingga mempunyai tingkat kelengketan tertentu.

Plamir mampu menghaluskan bagian permukan dinding yang bertekstur, berlubang, dan tidak rata yang bisa mengakibatkan adanya gangguan saat melakukan proses pengecatan. Dengan mengaplikasikan plamir tembok yang benar maka akan memberikan dampak besar pada hasil akhir pekerjaan mengecat cat tembok.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil akhir cat dinding tembok secara sempurna, penting sekali untuk mengetahui lebih banyak mengenai plamir tembok. Berikut ini kami akan memberikan informasi yang lengkap mengenai manfaat, harga, dan cara plamir tembok yang bagus.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Retak

Manfaat Plamir Tembok

Manfaat Plamir Tembok



Pengaplikasian plamir tembok akan memberikan banyak manfaat untuk rumah Anda, yaitu:

  • Dapat Menutupi Celah atau Pori pada Tembok

Plamir memiliki fungsi untuk dapat menutupi celah atau pori pada tembok, meratakan plester, tembok, atau beton yang retan dan kurang rata. Dengan plamir maka bagian permukaan tembok nantinya akan menjadi rata, halus, dan sudah siap untuk dilakukan pengecatan.

  • Dapat Menutupi Warna Asli Tembok

Jika Anda melakukan pengecatan pada tembok tanpa plamir maka warna asli tembok nantinya dapat mempengaruhi warna cat asli. Tanpa plamir dapat dipastikan bahwa cat Anda nantinya bisa menghasilkan warna yang kusam atau lebih gelap.

  • Hasil Pengecatan akan Menjadi Lebih Halus dan Rata

Sebelum melakukan pengecatan pada tembok, usahakan di plamir lebih dulu supaya mendapatkan hasil yang bagus. Disini plamir memiliki fungsi menjadi dasar untuk stain, sehingga bagian permukaan akhir pada dinding nantinya akan menjadi lebih halus dan rata.



  • Warna Cat Tembok Terlihat Lebih Seragam

Plamir dengan cat warna yang kurang stabil akan membuat keseragaman warna tembok sangat sulit untuk diwujudkan. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan plamir supaya mendapatkan hasil pengecatan yang lebih seragam.

  • Cat Mampu Tahan Lama

Selain membuat dinding menjadi halus dan rata, plamir juga memiliki manfat untuk semakin memperkuat lapisan finishing cat. Dengan demikian maka hasil pengecatan akan mampu tahan lama.

Cara Plamir Tembok yang Tepat

  1. Membersihkan Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Langkah pertama ketika ingin melakukan plamir tembok adalah dengan membersihkan tembok terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya plamir tembok nantinya bisa merekat dengan sempurna. Karena memang kotoran atau debu yang menempel pada tembok mampu menurunkan daya lekat plamir tembok.

Tak hanya itu, tekstur dari kotoran atau debu ternyata juga bisa menyebabkan bagian permukaan tembok tidak rata. Apabila dinding sudah bercat, sangat disarankan untuk mengkelupas cat lamanya terlebih dahulu supaya proses pengecatan selanjutnya bisa lebih sempurna tanpa adanya sisa.

  1. Menyiapkan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya



Bahan plamir tembok bisa didapatkan dengan dua cara, yaitu dengan membuatnya sendiri atau bisa juga membelinya langsung di toko bangunan. Anda bisa membuat plamir tembok sendiri dengan cara mencampur kalsium, lem dan juga air menggunakan perbadingan tertentu.

Atau Anda juga bisa menggunakan plamir tembok yang bisa Anda beli di pasaran sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri. Dengan membeli plamir tembok di pasaran maka akan membuat Anda terhindar dari risiko gagal dalam proses pembuatan.

  1. Mengaplikasikan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Langkah ketiga ini merupakan proses paling inti, yakni mengaplikasikan plamir tembok itu sendiri. Anda bisa menuangkan plamir tembok dalam suatu wadah supaya lebih mudah untuk digunakan.

Usahakan untuk menggunakan kape, yakni sejenis alat yang digunakan untuk mengerik cat kering dengan bagian utama berupa besi dalam bentuk alas segitiga.

Anda bisa mengoleskan cairan plamir mulai dari bagian atas menju ke bagian bawah tembok untuk mendapatkan hasil plamir yang lebih rata dan rapi. Pastikan bahwa seluruh pori-pori tembok bisa tertutup dengan sempurna.

  1. Mengeringkan Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya

Jika proses pengaplikasian plamir tembok sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah menunggu plamir tembok sampai benar-benar kering. Proses ini biasanya akan memakan waktu selama 24 jam untuk memastikan plamir tembok bisa menempel dengan sempurna.

  1. Pengamplasan Dinding

Cara Plamir Tembok Yang Bagus Dan Harganya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *