Desain Interior Vintage Untuk Rumah Klasik


Desain Interior Vintage Rumah Klasik – Sekarang ini sudah ada banyak sekali konsep desain yang bisa dipilih untuk mendesain interior rumah. Salah satunya yang sedang trend adalah desain interior vintage. Desain interior vintage dapat menciptakan nuansa klasik sehingga bisa memberikan nilai yang berbeda dan terlihat unik untuk hunian.



Jika dilihat dari jumlah peminatnya, desain interior vintage memiliki jumlah peminat yang hampir sama dengan peminat desain minimalis modern. Nah, bagi Anda yang ingin mendesain hunian dengan gaya klasik,  simak mengenai pengertian dan ciri-ciri desain interior vintage berikut ini.

Baca juga: Ciri Ciri Konsep Desain Ekletik

Pengertian Desain Interior Vintage

Desain  interior vintage merupakan sebuah konsep interior yang menggunakan barang atau menciptakan kenangan dan tempo dulu. Untuk dapat memberikan kesan tempo dulu, maka barang yang digunakan dalam desain ini adalah barang kenangan dan barang lama.

Barang atau dekorasi yang digunakan umumnya populer pada tahun 1950 – 1970 an. Maka tak heran, jika barang-barangnya terkesan sangat jadul dan kuno. Selain itu, konsep interior vintage juga menggunakan warna tempo dulu. Seperti misalnya warna coklat, warna kayu, ataupun warna alam yang lainnya.

Ciri Desain Interior Vintage

  1. Penggunaan Furniture “Antik” atau Jadul

Desain vintage memang sangat identik dengan kesan jadul sehingga furniture yang digunakan juga bernuansa jadul. Furnitur jadul dalam desain ini terbagi dalam 2 macam, yaitu furnitur dengan model yang populer di masa lampau dan furnitur model modern yang memiliki kesan lusuh. Adapun beberapa contoh furnitur dengan model populer di masa lampau adalah meja, kursi, dan lemari jengki.



Sementara itu, untuk furnitur dengan model moder yang terkesan lusuh bisa Anda buat sendiri. Caranya adalah dengan mengecat ulang sebuah furnitur kesayangan dengan efek cat mengelupas di beberapa bagian. Selain mengecat ulang, Anda bisa mengubah sebuah benda menjadi furnitur yang memiliki kesan vintage yang khas. Misalnya saja dengan menggunakan peti bekas sebagai meja kopi atau drum bekas minyak dengan ukuran cukup sebagai tempat duduk.

Baca juga: Konsep Desain Industrial Minimalis

  1. Pemilihan Warna Pada Desain Vintage

Rumah klasik dengan desain vintage umumnya menggunakan warna-warna yang lembut (warna pastel) seperti biru mudah, kuning, oranye, hijau telur asin, merah, pink, dan akuamarin. Beragam warna tersebut biasa diaplikasikan pada bagian dinding, lemari TV, dekorasi, sofa bed dan peralatan makan.

  1. Pilihan Dekorasi yang Khas





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *