Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton


Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton – Pada bangunan rumah yang bertingkat, biasanya dibutuhkan konstruksi tangga sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai yang lainnya. Maka dari itu, dalam pembuatan konstruksi tangga harus hati-hati dan secara teliti supaya lebih kuat, kokoh, dan tahan lama.



Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis tangga yang biasa digunakan pada bangunan rumah bertingkat, salah satunya adalah tangga beton bertulang. Konstruksi bangunan yang satu ini pastinya mempunyai banyak keunggulan seperti kuat dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Saat membuat tangga beton untuk diaplikasikan di bangunan rumah bertingkat, tentunya Anda harus membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terlebih dahulu. Biaya yang diperlukan dalam pembuatan tangga beton cor bertulang umumnya meliputi biaya pembelian material, dan juga ongkos para tukang baik itu sistem harian maupun borongan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat tangga beton bertulang dengan sistem borongan, maka penting sekali untuk mengetahui kisaran biayannya. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga borongan membuat tangga beton beserta perhitungannya.

Baca juga: Harga Railing Tangga Minimalis

Keunggulan Tangga Beton

Tangga beton memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan material yang lainnya seperti tangga kayu ataupun tangga besi. Adapun keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh tangga beton adalah sebagai berikut:



  • Awet dan tidak mudah aus, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan bisa hingga puluhan tahun.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan juga cukup terjangkau.
  • Beton sendiri sangat mudah untuk diangkut ataupun dicetak, sehingga akan memudahkan dalam melakukan pemasangan serta pengecoran.
  • Mempunyai kekuatan daya tekan tinggi, sehingga dapat dipastikan akan selalu aman bagi semua penghuni rumah.
  • Ukuran untuk tangga beton bisa dibilang lebih kecil daripada beton tak bertulang dan pasangan batu yang sering digunakan dalam pembuatan tangga.

Baca juga: Ciri Ciri Konsep Desain Ecletic

Kelemahan Tangga Beton

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, tetapi bukan berarti konstruksi tangga beton ini tidak mempunyai kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari tangga beton yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama saat melakukan proses pengecoran.
  • Harus menunggu lama sampai cor beton benar-benar menjadi kering.
  • Memiliki bobot yang terbilang sangat berat dan kurang elastis.

Teknik Pengecoran Beton pada Bidang Miring

Sebelum membahas lebih jauh, kami juga akan menjelaskan bagaimana teknik pengecoran beton pada bidang miring, yaitu:

  1. Perhatikan masalah kualitas dari bahan adukan yang bertujuan untuk pencegahan segregasi. Adukan tidak bisa sempurna jika terlalu basah ataupun terlalu kering.
  2. Pengecoran bisa dimulai dari bidang yang ada di tengah supaya nantinya tidak ada bahan yang terbuang.
  3. Beton baru bisa dituangkan langsung pada dasaran yang telah mengeras supaya lebih mudah untuk diratakan.
  4. Apabila penuangan dilakukan secara vertikal, penting untuk memperhatikan jarak dengan ketinggian kurang lebih 2 ingerir. Tujuannya tak lain supaya tidak ada udara yang terperangkap.
  5. Pengecoran harus dilakukan mulai dari titik paling rendah menuju atas ruang.

Tips dalam Pengecoran Tangga Beton



Leave a Reply

Your email address will not be published.