Perhitungan Fengshui Tangga Yang Bagus


Perhitungan Fengshui Tangga – Saat mendesain tangga, ada banyak hal yang harus diperhitungkan. Salah satunya adalah mempertimbangkan masalah keamanan dan kenyamanan dari desain anak tangga. Namun sebagian orang percaya bahwa memasukkan unsur feng shui ketika membuat anak tangga menjadi hal yang wajib.



Menurut feng shui, penataan tangga dapat mempengaruhi energi positif dan negatif serta keseimbangan pada elemen rumah tersebut, dimana nantinya juga dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan para penghuni rumah terutama masalah keberuntungan.

Maka dari itu, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai feng shui tangga rumah yang berkaitan dengan desain anak tangga dan perhitungannya. Lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Perkiraan Biaya Pembuatan Tangga Beton

Baca juga: Harga Railing Tangga Minimalis Terbaru

Posisi Anak Tangga Menurut Feng Shui

Posisi anak tangga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Posisi anak tangga dapat mempengaruhi feng shui dari rumah. Berikut ini adalah beberapa posisi anak tangga yang tidak boleh diterapkan menurut sudut pandang feng shui:

  • Posisi tangga jangan sampai berada di tengah rumah, di barat daya ataupun timur laut rumah.
  • Hindari penempatan tangga di lokasi yang membuatnya terlihat langsung dari luar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bisa menghambat karir dan usaha.
  • Jarak tangga tidak boleh terlalu dekat dengan pintu utama. Sebab, energi Qi yang masuk ke dalam ruangan akan tertekan.
  • Jangan sampai menempatkan tangga yang berhadapan langsung dengan kamar mandi karena bisa membuat energi Qi terseret keluar melalui saluran air.
  • Posisi tangga juga tidak boleh berhadapan dengan kamar tidur. Hal ini akan membuat energi Qi bisa bergerak turun dari atas secara lebih cepat sehingga menabrak pintu kamar. Akibatnya, energi Qi yang berhasil masuk sedang dalam kondisi yang kurang stabil sehingga penghuni nantinya bisa mudah sakit dan bahkan memiliki temperamen yang laib.

Baca juga: Pondasi Rollag Bata Untuk Rumah Tinggal

Baca juga: Desain Kamar Tidur Anak Minimalis Sederhana

Perhitungan Jumlah Anak Tangga

Perlu diketahui bahwa dalam perhitungan feng shui tangga, masing-masing tapak anak mempunyai arti yang berbeda. Berdasarkan konsep kehidupan Tiongkok terbagi dalam 5 tahap, yaitu Lahir, Muda, Tua, Mati dan Sengsara. Berikut ini adalah arti dari masing-masing anak tangga tersebut:

  • Anak tangga pertama = lahir/shēng (baik)
  • Anak tangga kedua = hidup/huó (baik)
  • Anak tangga ketiga = sakit/bìng (jelek)
  • Anak tangga keempat = mati/sǐ (jelek)
  • Anak tangga kelima = sengsara/kǔ (jelek)



Baca juga: Perkiraan Biaya Bangun Rumah Per Meter

Setelah anak tangga terakhir atau kelima maka perhitungan dilanjutkan kembali ke anak tangga pertama. Untuk memperoleh angka 1 atau 2 yang baik maka perhitungan jumlah anak tangga menurut feng shui harus menggunakan rumus kelipatan 5 ditambah 1 atau 2, yaitu (n5 + 1) atau (n5 + 2).



Leave a Reply

Your email address will not be published.