Gazebo Taman Rumah (Pengertian dan Ukuran)


Gazebo Taman – merupakan sebuah bangunan untuk bersantai yang biasanya dibuat di teras, halaman, atau taman. Dengan adanya gazebo ini anda bisa berbincang bersama keluarga atau hanya sekedar menikmati keindahan pemandangan dan menghirup udara segar sambil minum teh atau kopi.

Proses pembuatan Gazebo sebenarnya tidak begitu rumit asalkan ditata sesuai konsep taman dan juga disesuaikan pula berapa ukuran yang anda butuhkan, jika tujuannya ingin digunakan untuk berkumpul bersama teman-teman atau keluarga anda bisa membuat gazebo cukup besar. Dalam pembuatan gazebo sendiri ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan misalnya adalah luas.

Luas dari gazebo yang ideal adalah minimal 2 x 2 meter saja dengan beberapa tambahan perluasan di sekelilingnya. Selain itu anda juga harus memperhatikan antara Gazebo dengan luas taman yang anda miliki.

Baca juga: Harga Anyaman Bambu

Jika punya taman berukuran besar tidak ada salahnya jika anda membuat Gazebo yang cukup besar, namun sebaliknya apabila ukuran taman bisa dibilang sangat kecil maka lebih baik buat dengan ukuran Gazebo kecil asalkan tetap nyaman untuk berkumpul.

Yang tidak kalah penting adalah anda harus memikirkan dimana letak dari Gazebo tersebut dibuat. Saya sarankan untuk Gazebo Minimalis di taman pilih dibagian tengah atau pinggir dan posisikan menghadap ke arah rumah.

Hindari pembuatan Gazebo dibawah pohon berukuran besar karena cukup berbahaya dan juga bisa memberikan kesan kotor karena semua daun-daun serta ranting pasti turun menutupi atap.

Gazebo yang baik adalah dilengkapi dengan berbagai ornamen seperti atap dan juga pagar pembatas. Pilih atap terbaik yang memberikan kesan sejuk namun awet, jangan memilih atap yang justru menimbulkan panas seperti seng karena sudah pasti akan terasa kurang menyenangkan.

Baca juga : Harga Atap Sirap

Nah sebagai pemanis anda bisa menambahkan beberapa hiasan di sekelilingnya seperti misalnya jalan setapak dengan kerikil-kerikil disampingnya atau bisa juga tumbuhan-tumbuhan kecil yang mengelilingi Gazebo tersebut.

Jenis-Jenis Gazebo Taman

Gazebo Rotundas

Desain gazebo ini fokus pada atap berbentuk melingkar dan biasanya berbentuk kubah. Ada dua opsi yang tersedia, yakni transparan atau tertutup penuh. Atap gazebo biasanya memakai material metal untuk terlihat transparan dengan rangkaian sulur-sulur. Sementara untuk atap tertutup penuh biasanya dibuat dari semen.

Gazebo ini menawarkan nuansa romantis ala Eropa. Anda bisa menambahkan beberapa lampu taman di sekitar luar lingkar leher atap sebagai penerangan pada gazebo saat malam hari.

Gazebo Paviliun

Desain gazebo ini cocok untuk taman dengan bunga dan berbagai macam tanaman. Gazebo ini biasanya terbuka di semua sisi dengan atap berbentuk oktagon. Ukuran gazebo paviliun juga lebih besar dari jenis lain.

Gazebo Kanopi Otentik

Gazebo jenis ini memadukan beberapa budaya. Keunggulannya terletak pada kanopi atap atap yang bisa didesain berbeda dari gazebo lainnya.

Gazebo Modern

Sesuai namanya, nuansa modern terasa kental pada gazebo ini. Bentuknya yang persegi panjang menghadirkan nuansa elegan yang berbeda dari gazebo lain.

Gazebo Anti Serangga

Gazebo ini memiliki pintu dan jendela serta sisi yang dipasangi jaring atau kasa nyamuk. Gazebo ini cocok untuk wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Gazebo Portabel

Gazebo ini biasa dibuat dari tiang plastik dan atap terpal. Selain itu juga ada gazebo portabel yang memiliki tiang besi jika ingin memasangnya dalam waktu lama. Gazebo ini lebih murah dan juga minim perawatan.

Leave a Comment