Harga Abu Batu 1 Pick up, Truk Dan Per Kubik


Harga Abu Batu Per Kubik – Pasir adalah bahan utama yang digunakan dalam pengerjaan konstruksi bangunan. Namun yang menjadi masalah biasanya banyak penjual yang menyediakan pasir dengan kualitas rendah.



Pasir yang memiliki kualitas rendah pastinya kurang cocok jika dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembangunan rumah ataupun gedung. Maka tak heran jika sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menyiasatinya dengan menggunakan abu batu. Material abu batu tersebut nantinya digunakan sebagai bahan campuran untuk pasir yang berkualitas rendah.

Bagi Anda yang ingin membeli abu batu, kami disini akan memberikan informasi mengenai abu batu, fungsi, kelebihan, dan harga terbarunya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Harga Batu Belah Gunung Per m3

Pengertian Abu Batu

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Anda akan berpikir bahwa abu batu merupakan jenis pasir biasa dan tidak berasal dari batu. Abu batu atau stone dust merupakan butiran batu kecil dan ampas debu batu yang telah terbentuk melalui proses penghancuran batu yang digunakan sebagai material konstruksi. Sumber bahan abu batu ini umumnya didapat dari hasil produksi di berbagai tambang seperti gunung batu.

Abu batu ini memiliki tekstur seperti butiran halus, tajam, dengan warna abu-abu. Sifatnya sendiri sangat awet, keras, dan unsur pozzolan (terdapat kandungan senyawa silika dan alumina yang tidak bersifat semen, tetapi bentuknya yang halus jika tercampur dengan air maka akan mengalami perubahan menjadi massa padat.



Biasanya abu batu yang banyak dijual di pasaran tersedia dalam berbagai macam ukuran partikel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran yang paling kecil 0 mm sampai dengan 5 mm.

Sedangkan untuk komposisi abu batu sendiri tergantung dari jenis batu yang masuk ke dalam alat stone crusher. Jika misalnya yang masuk batu granit maka komposisinya merupakan batu granit. Namun jika yang masuk batu kapur maka sudah pasti komposisinya adalah batu kapur.

Fungsi Abu Batu

Dalam dunia konstruksi, abu batu memiliki banyak kegunaan. Adapun kegunaan abu batu adalah sebagai berikut:



  1. Sebagai Bahan Utama Pembuatan Batako Press

Abu batu memiliki fungsi untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan batako press, yang dimana biasanya dicampur dengan material semen PC (Portland Cement).

  1. Sebagai Pengganti Pasir untuk Lapisan Dasar Pemasangan Paving Block

Paving block atau yang biasa disebut dengan concrete block merupakan alternatif sebagai pengerasan jalan dan halaman rumah yang sudah banyak diminati sejak dulu. Biasanya dijual dengan berbagai macam ukuran, warna, dan corak yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.