Harga Abu Batu 1 Pick up, Truk Dan Per Kubik


Harga Abu Batu Per Kubik – Pasir adalah bahan utama yang digunakan dalam pengerjaan konstruksi bangunan. Namun yang menjadi masalah biasanya banyak penjual yang menyediakan pasir dengan kualitas rendah.



Pasir yang memiliki kualitas rendah pastinya kurang cocok jika dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembangunan rumah ataupun gedung. Maka tak heran jika sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menyiasatinya dengan menggunakan abu batu. Material abu batu tersebut nantinya digunakan sebagai bahan campuran untuk pasir yang berkualitas rendah.

Bagi Anda yang ingin membeli abu batu, kami disini akan memberikan informasi mengenai abu batu, fungsi, kelebihan, dan harga terbarunya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Harga Batu Belah Gunung Per m3

Pengertian Abu Batu

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Anda akan berpikir bahwa abu batu merupakan jenis pasir biasa dan tidak berasal dari batu. Abu batu atau stone dust merupakan butiran batu kecil dan ampas debu batu yang telah terbentuk melalui proses penghancuran batu yang digunakan sebagai material konstruksi. Sumber bahan abu batu ini umumnya didapat dari hasil produksi di berbagai tambang seperti gunung batu.

Abu batu ini memiliki tekstur seperti butiran halus, tajam, dengan warna abu-abu. Sifatnya sendiri sangat awet, keras, dan unsur pozzolan (terdapat kandungan senyawa silika dan alumina yang tidak bersifat semen, tetapi bentuknya yang halus jika tercampur dengan air maka akan mengalami perubahan menjadi massa padat.



Biasanya abu batu yang banyak dijual di pasaran tersedia dalam berbagai macam ukuran partikel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran yang paling kecil 0 mm sampai dengan 5 mm.

Sedangkan untuk komposisi abu batu sendiri tergantung dari jenis batu yang masuk ke dalam alat stone crusher. Jika misalnya yang masuk batu granit maka komposisinya merupakan batu granit. Namun jika yang masuk batu kapur maka sudah pasti komposisinya adalah batu kapur.

Fungsi Abu Batu

Dalam dunia konstruksi, abu batu memiliki banyak kegunaan. Adapun kegunaan abu batu adalah sebagai berikut:



  1. Sebagai Bahan Utama Pembuatan Batako Press

Abu batu memiliki fungsi untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan batako press, yang dimana biasanya dicampur dengan material semen PC (Portland Cement).

  1. Sebagai Pengganti Pasir untuk Lapisan Dasar Pemasangan Paving Block

Paving block atau yang biasa disebut dengan concrete block merupakan alternatif sebagai pengerasan jalan dan halaman rumah yang sudah banyak diminati sejak dulu. Biasanya dijual dengan berbagai macam ukuran, warna, dan corak yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Paving block memang banyak diminati karena termasuk jenis material yang ramah lingkungan dan anti banjir. Hal ini karena air nantinya bisa meresap dengan baik melalui celah yang ada pada susunan paving block.

Saat memasang paving block, sangat disarankan untuk menggunakan abu batu sebagai lapisan dasar pemasangannya. Ini karena abu batu bersifat sebagai pengikat yang lebih kuat dan jika terkena air maka bisa mengeras. Namun jika menggunakan pasir maka terjadinya penurunan (amblas) pada paving block lebih tinggi karena material pasir akan mudah terurai jika terkena air.

Agar bisa mendapatkan kuat tekanan paving block yang sesuai, Anda bisa menggunakan perbandingan komposisi 1PC : 6 abu batu, dengan kekuatan tekanan yang mencapai 200 Kg / Cm2.

  1. Sebagai Campuran Bahan Bangunan

Abu batu bisa dicampurkan dengan adukan semen sehingga bisa menghasilkan tektur yang lebih liat dan kuat. Dengan demikian maka secara tidak langsung akan menghemat penggunaan pasir dan semen.



Sedangkan jika dikombinasikan  dengan bahan campuran beton, abu batu dapat menghasilkan campuran yang pas daripada pasir. Hal ini karena memang abu batu mempunyai ukuran partikel yang lebih halus jika dibandingkan dengan pasir, sehingga bisa mengurangi jumlah udara yang ada pada beton dan akan semakin meningkatkan kualitas dari beton.

  1. Campuran Tanah untuk Menambah Kesuburan

Sebagai informasi tambahan, selain digunakan sebagai material bangunan ternyata abu batu juga mempunyai fungsi yang lain. Selama ini banyak sekali petani yang menggunakan bahan abu batu (yang berasal dari batuan vulkanik) tanah. Ini karena abu batu bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Bahkan juga dapat mengubah tingkat pH tanah.

Pada lokasi tanah yang sudah dilakukan penanaman secara intensif atau tanah dengan iklim tropis, demineralisasi telah menjadi persoalan besar. Maka dari itu, banyak yang menggunakan abu batu (batuan vulkanik) untuk mengatasi masalah ini. Karena memang abu batu bisa memberikan mineral serta mengembalikan kehidupan ke tanah. Sehingga dapat membantu ekosistem tanah dan mendukung kehidupan tanaman.

Sudah banyak sekali bukti yang menunjukkan bahwa abu batu (batuan vulkanik) bisa memberikan energi paramagnetisme tanah yang akan semakin meningkatkan pertumbuhan tanaman. Namun sayangnya, masih banyak juga petani yang tidak percaya dengan konsep seperti ini.

Kelebihan Abu Batu



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *