Harga Aluminium Foil Atap 1 Roll Dan Per M2


Harga Aluminium Foil Atap 1 Roll Dan Per M2 – Aluminium foil merupakan salah satu material yang biasa digunakan sebagai pelengkap rangka atap baja ringan. Aluminium foil dibuat dari bahan plastik polyethylene yang kuat dan tahan robek.



Selain itu, bahan yang digunakan dalam pembuatannya juga tidak mudah tersambar oleh api sehingga dapat dipastikan tidak akan memicu terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Karena berbagai macam keunggulannya tersebut, tak heran jika sekarang ini banyak hunian yang menggunakan lapisan alumunium foil pada atap rumah. Aluminium foil pada atap rumah umumnya tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari 3 mm sampai 25 mm dengan lebar sekitar 1 mm hingga 1,2 m.

Sementara untuk kemasannya biasanya dalam bentuk roll. Bagi Anda yang mengenal material ini lebih dalam, mari simak pembahasan mengenai jenis, fungsi, harga dan cara pemasangannya berikut ini.

Baca juga: Harga Atap Spandek Pasir Per Lembar

Jenis-Jenis Alumunium Foil untuk Atap Baja Ringan

Aluminium foil atap yang biasa digunakan sebagai penutup rangka atap baja ringan terdiri dari dua macam jenis, yaitu aluminium foil single side dan aluminium foil double side. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kedua jenis alumunium foil tersebut:



  • Aluminium Foil Single Side

Sesuai namanya, alumunium foil single side hanya mempunyai satu sisi saja. Jadi bagian atas material akan nampak lebih mengkilap, sedangkan pada bagian bawahnya sedikit buram. Meskipun hanya memiliki satu sisi, tetapi harganya masih lebih murah jika dibandingkan dengan alumunium foil double sid.

  • Aluminium Foil Double Side

Jenus alumunium foil yang kedua adalah double side, dimana kedua sisinya sama-sama mempunyai bagian yang terlihat mengkilap. Jika dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya, alumunium foil ini memiliki kelebihan yang mampu menangkal radiasi cahaya matahari secara lebih kuat dan efektif. Maka tak heran jika memang harganya jauh lebih mahal.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Atap Zincalume

Bahan Pembuatan Alumunium Foil Atap

Selain jenisnya, alumunium foil juga dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan bahan pembuatannya. Setidaknya ada 3 macam yang ada di pasaran sekarang ini, yaitu:



  • Alumunium Foil Woven Laminated

Alumunium Foil Woven Laminated dibuat dari bahan dasar plastik woven yang sudah dilapisi oleh reflektor panas PT Metalizing, dimana lapisan tersebut memiliki fungsi untuk memantulkan panas sinar matahari. Peredam dari bahan dasar woven ini sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu woven single laminated dan woven double side laminated.

Untuk woven single side metalizing terdiri dari satu sisi dan hanya dilapisi oleh lapisan pemantul dari bahan karung plastik yang cukup kuat. Sedangkan double side metalizing memiliki reflector double side yang membuatnya mampu memantulkan panas secara lebih baik jika dibandingkan dengan single side. Dengan demikian maka ruangan yang ada di bawah atap akan menjadi lebih terang.

Woven laminated di pasaran di jual dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Namun meskipun terjangkau, woven laminated memiliki beberapa keunggulan seperti anti air, kuat, dan mudah dalam hal pemasangan. Selain itu, alumunium woven laminated juga bisa digunakan sebagai lapisan tampias kebocoran yang diakibatkan oleh rembesan air hujan dari genteng. Sehingga memang cocok jika digunakan sebagai pelapis atap dengan konstruksi baja ringan.

  • Bubble Laminated

Bubble laminated merupakan salah satu jenis pelapis atap dengan bahan dasar gelembung pada bagian tenggah. Sementara untuk lapisan pemantulnya ada di semua sisi. Kelebihan yang dimiliki oleh pelapis dari bahan dasar bubble ini adalah kemampuannya yang dapat menyerap panas lebih baik. Selain itu, bubble laminated juga bisa meredam suara bising yang ditimbulkan oleh air hujan ketika jatuh di bagian permukaan atap.

  • Foam Laminated

Foam laminated merupakan pelapis atap dengan bahan busa yang memiliki lapisan metalizing di bagian sisinya. Bahan ini memiliki kemampuan yang sangat baik jika digunakan sebagai peredam panas dan suara. Sehingga akan sangat cocok sekali untuk digunakan pada atap pabrik atau gudang. Selain itu, alumunium foil yang satu ini memiliki lapisan cukup tebal hingga 8 mm  sehingga lebih awet. Tetapi untuk masalah bobotnya terbilang lebih berat.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Atap Go Green

Fungsi Alumunium Foil Atap



  1. Sebagai Peredam Panas

Fungsi utama dari alumunium foil adalah sebagai peredam panas dan suara bisik. Material ini bahkan mampu mengurangi radiasi dari sinar matahari hingga 97%. Hal ini tentunya akan membuat suhu ruangan di bawahnya tidak terasa panas sama sekali. Bahkan suhu ruangan tersebut akan menjadi lebih sejuk.

Selain itu, di atas juga sudah kami jelaskan bahwa alumunium foil dapat meredam suara bisik. Dimana saat musim hujan tiba umumnya suara jatuhnya air dapat menimbulkan suara yang bising dari atap bangunan. Tetapi jika Anda menggunakan material ini maka suara bising tersebut tidak akan terdengar.

  1. Dapat Mencegah Kebakaran

Sama halnya dengan alumunium foil yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan, alumunium foil atap juga dapat mencegah terjadinya kebakaran karena tidak mampu merambatkan api. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri karena risiko terjadinya kebakaran di rumah sudah berkurang.

  1. Dapat Memperkuat Rangka Atap

Alumunium foil juga memiliki fungsi yang dapat memperkuat rangka atap. Dengan menggunakan material ini maka dapat dipastikan akan lebih awet dan mampu tahan lama. Jadi Anda bisa lebih menghemat biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan perbaikan ataupun  pembaruan atap karena memang atap ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Mencegah Kebocoran Air

Alumunium foil juga memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran air pada atap. Hal ini karena material ini dapat menghalangi air dengan sangat baik. Sehingga dapat dipastikan air hujan tidak akan bisa merembes ataupun masuk ke rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Atap Limas Dan Pelana

Cara Pasang Alumunium Foil



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *