Harga Dan Ukuran Besi Angkur Baja


Harga Dan Ukuran Angkur Baja – Angkur (anchor) atau yang biasa disebut sebagai dynalbolt adalah sebuah material yang digunakan untuk menggabungkan dua elemen pada suatu bangunan.  Berbeda halnya dengan mur baut ataupun paku, dynabolt memiliki  sistem yang berbeda. Hal ini karena tipe dan jenisnya pun sangat beragam. Angkur dynabolt sendiri terdiri dari dua komponen sehingga juga sering disebut dengan baut tanam.



Angkur yang sering dijumpai adalah angkur baja type L, yang dimana banyak dipasang di tiang lampu jalan dan tiang-tiang lainnya sebagai pengikat atau pondasi. Ukuran angkur baja mulai dari M10, M12, M16, M19, M20, M24, sampai M34. Untuk finishingnya sendiri juga berbeda-beda, yaitu finishing mentah, electro peltting, galvanis hotdip, dan galvanis biasa.

Angkur baja yang telah diproduksi sejak tahun 1960-an ini mempunyai tiga elemen penting. Beberapa elemen penting tersebut adalah baut berulir yang memiliki bentuk seperti mur, tetapi agak lancip seperti paku, selongsong silinder dan ring atau cincin yang berfungsi sebagai penahan.

Perbedaan antara angkur baja, angkur beton dan angkur beji dengan mur baut biasa yang memiliki bentuk selalu tetap ada di elemen keduanya yang bentuknya hampir sama dengan selongsong peluru, tetapi masih bisa mengembang atau membesar ketika sudah dikencangkan. Elemen yang memiliki fungsi sebagai silinder tersebut adalah ditanamkan di media dinding, beton, dan lain sebagainya. Selama ini angkur menjadi salah satu benda yang sangat dibutuhkan dan pemilihan ukurannnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, terlebih jika mengganti fungsinya dengan material lain.

Baca juga: Harga Dan Jenis Jenis Paku

Syarat-Syarat dalam Pemasangan Angkur Baja Angkur Baja Dijamin Kuat

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa angkur baja merupakan salah satu jenis angkur yang paling umum digunakan dalam bangunan. Angkur baja juga menjadi komponen struktur rangka baja profil yang memiliki fungsi sebagai jangkar sekaligus untuk mengikat antara konstruksi rangka baja dengan struktur pondasi, balok atau kolom beton. Tanpa penggunaan angkur baja, maka konstruksi rangka dipastikan tidak akan bisa menyatu dengan struktur bangunan.



Untuk dapat memastikan apakah angkur baja yang terpasang benar-benar kuat, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, yaitu ketika melakukan perencanaan dan pembuatan yang harus tepat. Sudah banyak sekali teori yang menjelaskan mengenai syarat merencanakan, tetapi apakah hanya dengan syarat tersebut pemasangan angkur baja bisa kuat?



Leave a Reply

Your email address will not be published.