Harga Dan Ukuran Besi Angkur Baja


Harga Dan Ukuran Angkur Baja – Angkur (anchor) atau yang biasa disebut sebagai dynalbolt adalah sebuah material yang digunakan untuk menggabungkan dua elemen pada suatu bangunan.  Berbeda halnya dengan mur baut ataupun paku, dynabolt memiliki  sistem yang berbeda. Hal ini karena tipe dan jenisnya pun sangat beragam. Angkur dynabolt sendiri terdiri dari dua komponen sehingga juga sering disebut dengan baut tanam.

Angkur yang sering dijumpai adalah angkur baja type L, yang dimana banyak dipasang di tiang lampu jalan dan tiang-tiang lainnya sebagai pengikat atau pondasi. Ukuran angkur baja mulai dari M10, M12, M16, M19, M20, M24, sampai M34. Untuk finishingnya sendiri juga berbeda-beda, yaitu finishing mentah, electro peltting, galvanis hotdip, dan galvanis biasa.

Angkur baja yang telah diproduksi sejak tahun 1960-an ini mempunyai tiga elemen penting. Beberapa elemen penting tersebut adalah baut berulir yang memiliki bentuk seperti mur, tetapi agak lancip seperti paku, selongsong silinder dan ring atau cincin yang berfungsi sebagai penahan.

Perbedaan antara angkur baja, angkur beton dan angkur beji dengan mur baut biasa yang memiliki bentuk selalu tetap ada di elemen keduanya yang bentuknya hampir sama dengan selongsong peluru, tetapi masih bisa mengembang atau membesar ketika sudah dikencangkan. Elemen yang memiliki fungsi sebagai silinder tersebut adalah ditanamkan di media dinding, beton, dan lain sebagainya. Selama ini angkur menjadi salah satu benda yang sangat dibutuhkan dan pemilihan ukurannnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, terlebih jika mengganti fungsinya dengan material lain.

Baca juga: Harga Dan Jenis Jenis Paku

Syarat-Syarat dalam Pemasangan Angkur Baja Angkur Baja Dijamin Kuat

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa angkur baja merupakan salah satu jenis angkur yang paling umum digunakan dalam bangunan. Angkur baja juga menjadi komponen struktur rangka baja profil yang memiliki fungsi sebagai jangkar sekaligus untuk mengikat antara konstruksi rangka baja dengan struktur pondasi, balok atau kolom beton. Tanpa penggunaan angkur baja, maka konstruksi rangka dipastikan tidak akan bisa menyatu dengan struktur bangunan.

Untuk dapat memastikan apakah angkur baja yang terpasang benar-benar kuat, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, yaitu ketika melakukan perencanaan dan pembuatan yang harus tepat. Sudah banyak sekali teori yang menjelaskan mengenai syarat merencanakan, tetapi apakah hanya dengan syarat tersebut pemasangan angkur baja bisa kuat?

Disini kita akan mencoba untuk menerapkan seperti yang telah dilakukan orang-orang lapangan atau proyek dalam merencanakan, membuat, dan memasang angkur baja. Cara ini bisa dibilang sangat sederhana, tetapi sudah bisa memenuhi persyaratan dan dijamin kuat sehingga Anda tidak perlu ragu.

Syarat Merencanakan Angkur Baja

Saat melakukan perencanaan angkur baja diharuskan untuk mempertimbangkan standar mutu dan jenis bahan yang ingin digunakan. Ini sudah menjadi syarat penting sekaligus sebagai penentu apakah angkur baja tersebut layak atau tidak untuk digunakan sebagai jangkar atau pengikat konstruksi.

  1. Memahami Standar Mutu

Ada banyak sekali ketentuan yang mengatur tentang mutu angkur baja, tetapi pada intinya cukup berpedoman pada ketentuan yang sudah teratur dalam standar di bawah ini.

  • TCPBB (Tata Cara Perencanaan Bangunan Baja) St 37
  • ASTM (American Society for Testing and Materials) A336/A36M
  • JlS (Japanese Standard Association) G3101 SS400
  1. Memahami Standar Jenis Bahan

Standar jenis bahan terbagi dalam 3 jenis, yang bisa dibedakan Ø  berdasarkan diameter bahan yang ingin digunakan. Yang harus melalui ketentuan jenis bahan sebagai berikut ini:

  • Besi beton Bj 37 (besi polos), digunakan untuk angkur baja Ø≤ 16mm,
  • Bahan besi beton Bj 40 (besi ulir), digunakan untuk angkur baja Ø≤ 16mm sampai dengan 25 mm,
  • Besi AS standar U 40, digunakan sebagai angkur baja Ø≥ 25mm

Syarat Membuat Angkur Baja

Pembuatan angkur sendiri pada umumnya diproduksi oleh pabrik dengan menggunakan alat-alat mesin sederhana ataupun modern. Tetapi syarat supaya angkur yang digunakan terjamin mutu dan jenis bahannya maka sangat disarankan untuk produksi sendiri.

  1. Menentukan Ukuran

Menentukan ukuran angkur baja bisa dibilang sangat mudah, caranya bisa Anda lakukan dengan pedoman seperti gambar di bawah ini.

Gambar detail angkur baut

 

Berdasarkan gambar di atas,  bisa kita coba terapkan dalam sebuah contoh kasus dengan tujuan untuk bisa mengetahui ukuran yang ingin dibuat. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Ø      = Diameter angkur, Misalkan menggunakan besi beton Ø16mm jenis Bj 37, maka:
  • Dh    = Diameter lobang <Ø+2mm,                    yaitu: 16+2mm = 18 mm
  • D      = Diameter bengkokan/tekukan >3Ø,      yaitu:  3×16 mm = 78 mm
  • L      = Panjang angkur baut >35Ø,                   yaitu: 35×16 mm = 560 mm
  • L1    = Panjang tekukan >4Ø,                      yaitu: 4 x16 mm = 64 mm
  • S      = Panjang drat ulir >5Ø,                                 yaitu: 5 x16 mm = 80 mm
  • S1    = Sisa ulir untuk base plate dan mur  >3Ø,    yaitu: 3 x48 mm = 48 mm

Dari contoh kasus di atas, sekarang kita tinggal tentukan panjang total angkur. Caranya sangat mudah, yakni: (L + L1) atau 560 + 64 + 624 mm. Jadi panjang total angkur baja jika dibulatkan menjadi 650 mm.

  1. Membuat Drat Ulir

Membuat drat ulir pada angkur baja bisa dibilang cukup praktis, dalam hal ini hanya membutuhkan mesin senai drat ulir luar atau Electric Bolt Threader. Adapun cara yang bisa dilakukan dalam membuat drat ulir dengan mesin Electric Bolt Threader adalah sebagai berikut:

  • Menentukan jenis ulir: Salah satu jenis ulir yang cukup kuat adalah ulir UNC atau Unified Coarse Thread. Namun jenis ulir ini lebih kasar jika dibandingkan dengan jenis ulir yang lainnya, sehingga bisa dipastikan bahwa mur akan terpasang secara lebih kuat.
  • Memilih jenis mur: Sebelum mulai untuk melakukan drat ulir pada bahan angkur, kita harus mentukan jenis mur yang ingin digunakan terlebih dahulu. Tujuannya tak lain supaya mur nantinya bisa terpasang dengan sempurna pada drat ulir yang dibuat.
  • Membuat drat ulir: Dalam hal ini harus sesuai dengan ketentuan ukuran seperti yang sudah ada pada contoh kasus.

Agar bisa mengethui panjang drat ulir (S), yang akan dibuat adalah >5Ø. Pada contoh kasus tersebut, bahan yang digunakan adalah besi beton Ø16 mm yang memiliki panjang 650 mm. Namun kali ini drat ulir yang akan kita buat memiliki panjang 5×16 = 80 mm.

Syarat Pemasangan Angkur Baja

Tutorial pemasangan angkur baja sebenarnya sudah banyak di chanel Youtube. Silahkan Anda bandingkan sendiri, yang mereka terapkan dalam video tersebut sudah bisa memenuhi syarat atau tidak.

  1. Tahap Persiapan

Selain harus menyiapkan berbagai macam alat kerja yang akan digunakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasangan, yaitu:

  • Melakukan pembengkokan atau menekuk bagian bawah, sesuai dengan ketentuan ukuran seperti yang sudah disinggung sebelumnya.
  • Membuat mal angkur, yakni Mockup plat landas atau base plate yang dibuat dari tripleks atau baja plat dengan ukuran tipis. Pembuatan mal harus esuai dengan ukuran real pelat landas. Untuk contoh plat landas sudah ada pada gambar detail yang sebelumnya.
  • Membuat tarikan benang, yakni untuk memastikan jarak antara pelat landas apakah sudah sesuai dengan ukuran yang ditentukan pada shop drawing.
  • Pastikan bahwa masing-masing pelat landas sudah menumpu tepat di tengah (as) kolom atau balok beton.
  1. Tahap Pemasangan

Tahap pemasangan menjadi faktor yang akan menentukan kuat atau tidaknya angkur baja untuk dijadikan sebagai jangkar atau pengikat suatu konstruksi. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para tukang dalam pemasangan angkur baja agar kuat.

  • Semua material angkur baja diharuskan untuk berada ditengah besi tulangan kolom atau balok beton,
  • Sisa ulir sebagai plat landas dan mur (S1) harus sesuai dengan ketentuan ukuran seperti yang sudah disinggung di atas,
  • Setiap angkur baut harus dipasang dengan 2 buah mur, yakni pada bagian atas dan bawah mal.
  • Mal tersebut harus bisa membentuk sudut 90 derajat terhadap garis as benang.
  • Usahakan untuk permukaan mal harus rata atau tidak miring.
  • Pengelasan juga penting untuk dilakukan supaya benar-benar menyatu dengan besi tulangan kolom maupun balok beton. Bahkan jika perlu bisa diperkuat dengan menambahkan stek atau pengaku.

Syarat dalam pemasangan angkur baja yang kami sampaikan di atas sudah banyak diterapkan di lapangan atau proyek karena lebih praktis. Dengan menerapkan sesuai dengan syarat-syarat tersebut maka dijamin angkur baja nantinya akan lebih kuat untuk digunakan sebagai jangkar atau pengikat suatu konstruksi.

Baca juga: Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per m2

Jenis Angkur Baja

Macam-macam angkur baja ada 2 jenis yaitu:

  1. Anchor Klasik/ Angkur Tanam / Cast-In-Place Anchor Bolt (Sudah Dijelaskan Di Atas)

Anchor klasik ialah sejenis angkur yang ditanam terlebih dulu. Angkur ini dipasang di dalam bersamaan dengan proses pengecoran struktur. Baut angkur yang sudah ditanam di dalam struktur beton tidak perlu dilakukan pengeboran pada struktur beton.

Ini adalah jenis baut angkur yang paling sederhana dan paling kuat. Baut angkur tipe ini dipasang sesuai disain pada bagian struktur beton yang akan di cor,sehingga penggunaannya hanya terbatas pada konstruksi baru. Berikut beberapa tipe angkur cor di tempat, yaitu: headed bolt, L-bolt, J-bolt dan Headed stud.

  1. Chemical Anchor/ Baut Angkur Kimia / Bonded Anchor (Penjelasan Ada Di Bawah)

Sesuai namanya, chemical anchor merupakan angkur yang menggunakan campuran zat kimia untuk menambah kekuatan, supaya tahan terhadap air, air laut dan sebagainya. Mekanisme chemical anchor berbeda-beda. Umumnya, angkur jenis ini terdiri atas dua komponen, yaitu steel anchor dan bahan kimia sebagai pengikatnya.

Jadi ada dua komponen utama, yaitu baut angkur dan material pengikatnya. Chemical angkor banyak dipasang pada beton, tapi tidak menutup kemungkinan untuk ditempelkan pada dinding bata atau batu. Kekuatan media beton tersebut sangat berpengaruh terhadap kapasitas sistem angkur yang dipasang.

Metode pemasangan chemical anchor tidak selalu sama, ada yang betonnya dibor terlebih dulu kemudian lubangnya dibersihkan dengan menginjeksi zat kimia baru steel anchor dimasukkan. Tapi, ada pula yang diinjeksi dengan kapsul.

Secara garis besarnya seperti gambar berikut ini:

Tergantung pada perbedaan angkur beton, angkur baja dan angkur besi. Baut angkur kimia ini juga disebut sebagai bonded anchor bolt atau adhesive anchor bolt. Materi pengikatnya kadang disebut mortar, yang terdiri dari resin epoxy, plyester atau vinylester.

Beberapa merk terkenal yang sering digunakan untuk jenis pekerjaan chemical anchor ini adalah merk hilti dan sika.

Video Pemasangan Chemical Anchor Hilti

Video Pemasangan Chemical Anchor Sika

Harga dan Ukuran Besi Angkur Baja Terbaru 2021

Untuk melengkapi pembahasan kali ini, kami juga akan memberikan daftar harga angkur baja terbaru di pasaran yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut ini adalah daftar harganya:

Harga Angkur Tanam Berbagai Ukuran

Preorder
angkur L m12 x 25cm x 10cm hitam
Rp 14.500
5.0Terjual 180
baut angkur m12 galvanis
Rp 15.500
5.0Terjual 28
angkur L hitam m12
Rp 16.000
5.0Terjual 204
angkur L m16 x 30cm x 10cm hitam
Rp 20.500
5.0Terjual 8
Preorder
angkur L m16 x 40cm x 10cm hitam (beton)
Rp 22.000
5.0Terjual 148
angkur L m16 x 30cm x 10cm galvanis (beton)
Rp 23.000
Terjual 1
baut anchor bolt, angkur L M16 x 50 x 10 hitam (beton)
Rp 25.000
Preorder
anchor bolt,angkur L M16 x 40 x 10
Rp 25.000
5.0Terjual 20
Preorder
angkur L m19 x 40cm x 10cm (beton) hitam
Rp 26.000
Terjual 24
Preorder
baut angkur L M16 x 50 x 10 Galvanis (beton)
Rp 26.500
Sisa 4
angkur L m19 x 50 x 10 hitam
Rp 27.500
5.0Terjual 121
Preorder
angkur L m16 x 60cm x 10cm hitam (beton)
Rp 28.000
angkur L m16 x 60cm x 10cm galvanis (beton)
Rp 28.500
angkur L m19 x 50 x 10 galvanis
Rp 29.000
5.0Terjual 44
angkur L m19 x 50cm x 10cm hitam (baja)
Rp 42.000
angkur L m19 x 50cm x 10cm galvanis
Rp 46.000
5.0Terjual 36
anchor bolt/angkur L m16x100x10
Rp 48.500

Harga Angkur Kimia

Merk Hilti

HILTI HIT RE-100 Chemical Anchor HILTI, LEM ANGKUR, BETON, REBAR, STEK
Rp 299.935
5.0Terjual 37
HILTI HIT RE-100 Chemical Anchor HILTI, LEM ANGKUR, BETON, STEK, REBAR
Rp 299.935
4.9Terjual 49
HIT RE-500-V3 Chemical Anchor HILTI, Lem Angkur, Beton, rebar, stek
Rp 399.935
4.9Terjual 3,1 rb
Chemical Angkur Hilti HIT RE 500 V3/500ml, lem beton, rebar, stek,
Rp 399.935
4.9Terjual 801
Sisa 2
HDM 500 Plastic case Hilti Dispenser Manual a.k.a. Gun Chemical HILTI
Rp 2.525.000
4.9Terjual 35

Merk Sika

Chemical Anchor Sika AnchorFix 2 / anchoring adhesive/lem ankur /beton
Grosir
Rp 299.000
4.9Terjual 586
Chemical Anchor Sika AnchorFix 1 / lem beton / lem angkur
Rp 199.000
4.9Terjual 1,3 rb

Harga Angkur Baja

CHEMICAL ANGKUR 24X300/STUD BOLT/CHEMICAL ANCHOR GRADE 5.8 M24X300
Grosir
Rp 56.800
5.0Terjual 173
CHEICAL ANGKUR 20X260/STUD BOLT/CHEMICAL ANCHOR GRADE 5.8 M20X260
Grosir
Rp 38.600
4.8Terjual 516
CHEMICAL ANGKUR M16/STUD BOLT 16MM/CHEMICAL ANCHOR GRADE 5.8 M16X190
Grosir
Rp 17.500
4.8Terjual 1,7 rb
CHEMICAL ANGKUR M12/STUD BOLT 12MM/CHEMICAL ANCHOR GRADE 5.8 M12X160
Grosir
Rp 8.200
4.9Terjual 3,0 rb
CHEMICAL ANGKUR M10/STUD BOLT 10MM/CHEMICAL ANCHOR GRADE 5.8 M10X130
Grosir
Rp 4.900
4.8Terjual 1,1 rb


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *