Harga Baja Ringan Lengkap Terbaru Juli 2020


Baja Ringan – Saat ini banyak pembangunan yang memanfaatkan baja ringan sebagai kerangka atap rumah, selain lebih kokoh dan proses pemasangan yang lebih cepat harganya pun juga tidak begitu mahal.

Dulu memang kita mengenal rangka atap rumah terbuat dari kayu meskipun terlihat lebih sederhana sayangnya atap kayu juga punya banyak kekurangan misalnya saja bisa dengan cepat rusak karena lapuk atau dimakan rayap. Itulah sebabnya sekarang banyak masyarakat yang beralih untuk memakai kerangka atap baja ringan.

Jenis Baja Ringan

Baja ringan yang dapat ditemui di pasaran terdiri dari beberapa macam berdasarkan bahan pembuatnya. Masing-masing jenis ini memiliki sifat dan juga harga yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis baja ringan yang bisa dibeli di pasaran:

jenis baja ringan

Zincalume

Merupakan salah satu jenis baja lapis yang terdiri dari logam campuran, yakni 45% seng dan 55% aluminium. pembuatan baja ringan ini memanfaatkan teknologi tinggi dan komposisi yang akurat sehingga memiliki kualitas yang baik. Jenis baja ini tahan terhadap suhu tinggi dan juga korosi. Tidak hanya itu, baja zincalume juga cukup terjangkau.

Galvanis

Galvanis merupakan jenis baja ringan yang melewati proses galvanisasi atau pelapisan dengan seng. Baja ini mengalami proses finishing dengan coating 98% seng dan 2% aluminium. Fungsi seng atau zinc ini sebagai perlindungan terhadap korosi. Hanya saja seiring pemakaian baja ini tetap bisa mengalami korosi. Akan tetapi harga Baja ringan galvanis ini lebih terjangkau.

Galvalum

Baja ini bahan pelapis mayoritas pelapis unsurnya adalah aluminium dengan komposisi 55%. Sedangkan unsur zinc mencapai 43,5%, sedang sisanya pelapis lain seperti silicon. Keunggulannya terdapat pada kekuatan dan ketahanan terhadap korosi yang lebih baik. Hanya saja harga galvalum lebih mahal.

Kelebihan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan baja ringan sebagai rangka atap rumah, tentunya penting sekali untuk mengetahui kelebihan baja ringan sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan adalah sebagai berikut:

  • Anti Karat dan Anti Rayap

Rangka atap dengan menggunakan kayu dari sejak dulu sampai sekarang ini masih banyak sekali yang menggunakannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah banyak orang yang mulai pindah untuk menggunakan baja ringan. Hal ini karena baja ringan memiliki kelebihan yaitu anti rayap. Tentunya berbeda dengan kayu yang semakin lama bisa rapuh dan rayapan.

Selain itu, material baja ringan juga memiliki sifat anti rayap karena dalam proses pembuatannya menggunakan campuran material logam. Dengan demikian akan memudahkan anda dalam masalah perawatan.

  • Proses Pemasangan Mudah

Bobotnya yang cukup ringan akan membuat baja ringan mudah dalam proses pemasangan dan tidak membutuhkan tenaga khusus. Secara tidak langsung pemasangan rangka pun akan menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk memperlama proses pemasangan, sehingga biaya yang perlu dikeluarkan nantinya juga akan semakin murah.

  • Daya Tahan Lama

Baja ringan memiliki sifat yang tidak mudah lapuk ataupun mengalami penyusutan. Maka tak heran jika baja ringan mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, tetap kokoh, dan stabil. Meskipun lebih lentur, tetapi masih jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan baja konvensional.

Baca juga: Harga Borongan Bangunan Rumah Per Meter

  • Sifat Seragam

baja ringan memiliki sifat seragam

Dalam proses pembuatan atau produksinya, material baja ringan sudah diproduksi sesuai dengan standar mutu pabrik dan sudah pasti seragam kualitasnya. Jadi untuk masalah mutunya akan selalu konsisten dalam penggunaan.

  • Mudah Dibentuk dan Disambung

Memiliki rumah impian adalah keinginan setiap orang, tetapi dalam pembangunan rumah impian memang tidak mudah. Dengan adanya material baja ringan, maka cukup mudah sekali untuk membentuk rangka atap rumah yang sesuai dengan keinginan anda sendiri. Dalam proses pemasangan, baja ringan juga mudah untuk dipotong dan diaplikasikan ke berbagai bahan material yang lainnya.

  • Mudah Didaur Ulang

Saat melakukan pemasangan atap baja ringan tentunya akan ada sisa-sisa potongan. Nah, sisa potongan ini bisa anda manfaatkan untuk konstruksi rumah yang lainnya karena memiliki daya tahan kuat dan mtahan lama. Bahkan jika perlu anda bisa membongkat material, yaitu dengan cara melelehkan kemudian dibentuk hingga sedemikian rupa atau bisa juga digunakan sebagai pondasi rumah.

Kekurangan Baja Ringan

Kekurangan Baja Ringan

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, kontruksi atap yang menggunakan baja ringan juga memiliki kekurangan. Penting juga untuk mengetahui berbagai kekurangan yang dimiliki oleh baja ringan sehingga nantinya dapat anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Adapun kekurangan dari baja ringan yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Harga Tergolong Mahal

Baja ringan memang memiliki kualitas yang bagus sehingga harganya pun tergolong mahal. Harga baja ringan sangat mahal untuk per 6 cm nya saja dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 120.000. Namun harganya juga tergantung dari merk yang anda pilih.

  • Rentan Terbawa Angin

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa baja ringan memiliki bobot yang sangat ringan. Jadi kemungkinan besar bisa terbawa oleh angin. Maka dari itu, dalam proses pemasangan harus benar-benar sesuai dengan standard bangunan dan menggunakan jasa ahli yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

  • Terlihat Kurang Rapi

Atap rumah sendiri nantinya akan menampung beban yang cukup berat. Dengan demikian maka konstrusi rangka atap rumah harus rapet dan padat. Ini akan terlihat kurang rapi apabila anda menggunakan genteng transparan. Oleh karenanya anda harus menggunakan penutup yang dapat menutupi rangkaian baja ringan tersebut dan bukan yang transparan.

Nah, selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang harga baja ringan untuk kerangka atap rumah, selain bisa digunakan untuk atap rumah sebenarnya baja ringan juga dapat dimanfaatkan dalam beberapa proses pembangunan seperti kerangka kanopi dan masih masih banyak lagi.

Ada banyak faktor yang menentukan harga baja ringan tersebut seperti lokasi dimana pembeli berada dan juga ukuran dari baja yang dibutuhkan. Berikut daftar harga baja ringan secara lengkap terbaru tahun 2020 :

harga baja ringan

No Ukuran(Tebal) Harga
1. Kanal C 0,75 Rp 62.000/btg (6meter)
2. Reng Rp 26.000/btg
3. Skrup Kanal C (1.000)pcs
Skrup Genteng(1.000)pcs
Rp 135.000/dus
Rp 80.000/dus
4. Alumunium Foil Single
(1m x 50m)
Rp 250.000/roll
5. Alumunium Foil Double
(1m x 50m)
Rp 280.000/roll
6. Genteng Metal Pasir
(85cmx85cm)
Rp 28.000/lmbr
Baja Ringan Terpasang
1. Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Metal” Rp 120.000/m2
2. Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Keramik” Rp 125.000/m2
3. Rangka Atap + Genteng Metal Rp 185.000/m2
4. Rangka Atap + Genteng Metal + Alumunium Foil Rp 200.000/m2
Catatan : Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu

Harga Baja Ringan per Batang

No JENIS BAJA PANJANG HARGA
1 Kaso Baja Ringan Prima 0.65 mm 6 Meter IDR 70.000 /Batang
2 Kaso Baja Ringan Prima 0.70 mm 6 Meter IDR 75.000 /Batang
3 Kaso Baja Ringan Prima 0.75 mm 6 Meter IDR 80.000 /Batang
4 Kaso Baja Ringan Prima 1.00 mm 6 Meter IDR 105.000 /Batang
5 RENG Baja Ringan Prima 0.40 mm 6 Meter IDR 35.000 /Batang
6 Reng Baja Ringan Prima 0.45 mm 6 Meter IDR 40.000 /Batang

Harga Baja Ringan Kencana per Batang

No JENIS BAJA SPESIFIKASI HARGA
1 Baja Ringan Kencana Truss C75.T100 mm IDR 120.000 /Batang
2 Baja Ringan Kencana Truss C75.T75 mm IDR 80.000 /Batang
3 Baja Ringan Kencana Truss C75.T70 mm IDR 70.000 /Batang
4 Baja Ringan Kencana Truss C75.T65 mm IDR 65.000 /Batang
5 Baja Ringan Kencana Truss C75.T60 mm IDR 58.000 /Batang
6 Reng Baja Ringan Kencana T45 IDR 40.000 /Batang

Harga Baja Ringan Taso per Batang

No JENIS BAJA PANJANG HARGA
1 Kaso Baja Ringan Taso 0.65 mm 6 Meter IDR 95.000 /Batang
2 Kaso Baja Ringan Taso 0.70 mm 6 Meter IDR 98.000 /Batang
3 Kaso Baja Ringan Taso 0.75 mm 6 Meter IDR 100.000 /Batang
4 Kaso Baja Ringan Taso 1.00 mm 6 Meter IDR 150.000 /Batang
5 Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.40 mm 6 Meter IDR 55.000 /Batang
6 Reng Baja Ringan Taso Tebal 0.45 mm 6 Meter IDR 60.000 /Batang

Baca juga : Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Perlu diketahui untuk rangka baja ringan terdapat beberapa jenis seperti rangka atap baja ringan rangka atap baja plus atap gelombang yang memiliki harga cukup, mahal ada juga rangka atap baja ringan plus atap ondulin, rangka atap baja plus genteng metal dan aluminium serta beberapa jenis lainnya. Semua harga atap baja ringan diatas hanya sebagai patokan saja karena setiap daerah memiliki harga pasaran yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa penggunaan baja ringan memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan bahan lain terutama bisa lebih tahan lama sehingga dapat digunakan hingga puluhan tahun dibandingkan dengan kerangka kayu yang hanya dapat bertahan maksimal belasan tahun saja.

Bahkan  pengerjaan dalam pemasangan baja ringan juga lebih gampang dan tentu saja menghemat waktu dalam proses pembuatan rumah, anda cukup menyerahkan kepada ahlinya dan dalam hitungan hari saja atap rangka baja ringan sudah terpasang dengan sempurna.

Leave a Comment