Harga Batu Bata Merah Terbaru Juli 2019


Batu Bata – salah satu material yang paling dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah atau bangunan adalah batu bata atau yang dikenal juga dengan batu batako. Keperluan batu batau / batako dapat digunakan berbagai keperluan untuk membuat pondasi ataupun tembok bangunan.

Ada beberapa jenis batu bata terbaik yang dapat kita temukan di toko-toko bangunan terdekat di kota anda. Dengan begitu anda dapat menyesuaikan jenis dan ukuran batu bata yang cocok untuk digunakan dalam membangun rumah, tentunya juga disesuaikan dengan anggaran biaya agar tidak membengkak.

Anda bisa memilih batu bata merah, batu bata putih ataupun batu bata beton sebagai bahan material bangunan. Dari berbagai jenis yang ada tersebut tentunya harga batu bata memiliki nominal yang berbeda seiring dengan kualitasnya.

Misalnya saja ada beberapa batu bata yang murah bisa dijual dengan harga 400 rupiah per buah, dan juga ada yang dijual lebih mahal hampir 8x lipatnya sampai harga 3000 rupiah per buah.

Jika sudah menentukan batu bata yang akan digunakan untuk membangun pondasi ataupun membuat tembok bangunan silahkan dianggarkan kebutuhan batu bata dan disesuaikan dengan rencana anggaran bangunan (RAB).

Pastinya dalam membangun rumah, jumlah batu bata yang digunakan tidak lah sedikit. Sebagai bentuk efisiensi ada baiknya membeli batu bata secara bertahap. Langsung saja untuk informasi harganya bisa dilihat berikut di bawah ini.

Daftar Harga Batu Bata Terbaru 2019

Spek Barang
Satuan
Harga
Batako
Biji
3.500,-
Batu Bata Merah (biasa)
Biji
725,-
Batu Bata Merah (oven)
Biji
900,-
Batu Kali Belah
m3
185.000,-
Split
pick up
270.000,-
Split
truk
1.270.000,-
Batu Knecker
m3
210.000,-
Batu Candi (30 x 30)
m2
120.000,-
Batu Andesit (30 x 30)
m2
160.000,-
Batu Bali
10 kg

70.000,-

 

Tentunya harga batu bata di atas hanyalah sebagai gambaran saja untuk menentukan harga kisaran dalam menentukan anggaran. Selisih harga dapat terjadi di setiap daerah di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Medan, Makassar, dan kota lainnya.

Dalam memilih batu bata merah, cermati beberapa hal supaya tidak salah saat membelinya. Seperti memperhatikan ukuran dan bentuk bata merah.

Pada dasarnya bata merah yang baik mempunyai bentuk prisma segi empat panjang dengan sudut siku-siku tajam dan permukaan yang rata serta tidak retak. Sedangkan ukuran standar bata merah adalah modul M-5a (190 x 90 x 65 mm), modul M-5b (190 x 140 x 65 mm) dan modul M-6 (230 x 110 x 55 mm).

Untuk ukuran kelas bata merah ada kelas 25, 50, 100, 150, 200 dan 250. Di samping itu juga tanyakan kandungan garam dalam bata merah. Sebab idealnya bata merah tidak boleh mengandung garam terlalu banyak lantaran bisa mengakibatkan pengkristalan.

Untuk mengetahui kualitas bata merah bisa dengan mendengarkan bunyi benturannya. Apabila Anda saling mengetukkan dua buah bata merah dan bata mengeluarkan suara yang nyaring, maka kualitasnya sudah baik.

Cara lainnya adalah dengan membelah atau merendamnya ke dalam air. Jika dibelah bata merah memiliki warna merah yang rata. Sedangkan untuk perendaman dilakukan untuk melihat daya serap bata merah terhadap air. Jika saat direndam air yang terserap semakin sedikit, maka itu artinya kualitas bata merah sudah baik.

Untuk mengecek tidak perlu dilihat satu per satu. Cukup ambil secara acak untuk menentukan kualitasnya. Dan yang tak kalah penting beli di tempat yang sudah terpercaya dengan harga yang bersaing.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, untuk update terbaru bahan bangunan lainnya bisa ditemukan di kolom pencarian.

Leave a Comment