Harga Cat Minyak Kaleng Kecil Dan Besar


Harga Cat Minyak Kaleng Kecil Dan Besar – Cat minyak merupakan sebuah cat yang dibuat dari bahan dasar minyak. Jenis cat ini seringkali digunakan untuk melukis, untuk mengecat kayu dan juga tembok. Khusus untuk pemakaian tembok umumnya akan digunakan untuk membuat list sebagai pembatas warna jika memanfaatkan 2 warna dalam satu tembok.



Selain itu, cat minyak bahkan juga bisa digunakan untuk besi, seperti misalnya untuk mengecat pagar tralis. Lalu sebenarnya apa itu cat minyak? Apa kelebihannya jika dibandingkan dengan jenis cat lain? Untuk selengkapnya silahkan simak penjelasan mengenai cat minyak di bawah ini.

Baca juga: Cara Pernis Finishing Kayu Yang Benar

Mengenal Cat Minyak

Cat minyak merupakan salah satu jenis cat yang dimana komponennya tersusun dari banyak partikel pigmen warna yang bisa diikat dengan menggunakan media minyak, yaitu linen dan papaver. Bentuk cat ini adalah seperti cairan pasta dan membutuhkan campuran minyak linen atau thinner yang digunakan untuk mencairkannya.

Bisa dikatakan bahwa komponen dalam penyusun cat minyak adalah campuran dari 3 unsur yaitu pigmen, thinner dan binder. Pigmen dalam hal ini adalah elemen warna, sedangkan minyak memiliki fungsi sebagai binder atau operator yang mampu mengikat pigmen untuk diaplikasikan pada kanvas ataupun media yang ingin dicat.

Sementara thinner pada cat minyak berperan sebagai media yang dimasukkan dalam campuran pigmen minyak kental sehingga akan membuatnya menjadi encer. Dengan begitu akan lebih mudah digunakan pada kuas dan media lukis.



Keunggulan Penggunaan Cat Minyak

Sama dengan jenis cat pada umumnya, penggunaan cat minyak juga menawarkan banyak keunggulan. Adapun keunggulan dari cat minyak adalah sebagai berikut:

  • Mudah Dibersihkan

Sebagian besar produk cat minyak memiliki kandungan yang aman untuk digunakan. Di dalamnya sama sekali tidak ada kandungan racun ataupun bahan zat kimia yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika cat minyak terkena tangan secara tidak sengaja karena memang mudah sekali untuk membersihkannya.

  • Mampu Bertahan Pada Cuaca Lembab

Keunggulan cat minyak selanjutnya adalah mampu bertahan pada cuaca yang lembab atau kondisi yang melibatkan air seperti banjir. Hal ini karena cat minyak memiliki sifat yang tidak bisa menyatu dengan air.

  • Harga Terjangkau dan Ekonomis

Jika membahas masalah harga, cat minyak dikategorikan memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau dan murah. Meskipun demikian, di pasaran juga ada beberapa merk cat minyak yang dijual dengan harga lumayan mahal



  • Lebih Pigmented Dibandingkan Cat Tembok yang Lainnya

Cat minyak juga memiliki keunggulan yang dimana lebih pigmented jika dibandingkan dengan jenis cat yang lainnya. Ini karena minyak memang berperan untuk membantu supaya warna yang dihasilkan nantinya bisa terlihat lebih jelas, nyata dan juga mengkilap.

Rekomendasi Cat Minyak Terbaik

Sekarang ini ada banyak sekali merk cat minyak yang dijual dipasaran. Anda bisa memilih merk-merk cat minyak yang sesuai dengan kebutuhan. Namun banyaknya merk  terkadang membuat sebagian orang mengalami kebingungan untuk memilih merk cat minyak yang bagus dan berkualitas. Berikut ini kami merekomendasikan beberapa merk cat minyak yang paling laris di pasaran dan banyak penggunanya.

  • Cat Minyak Avian



Leave a Reply

Your email address will not be published.