Harga Dan Ukuran Bondek Per Lembar


Harga Dan Ukuran Bondek –  Sekarang ini hampir semua rumah modern dengan bangunan bertingkat kebanyakan menggunakan bondek. Hal ini karena bondek memang memiliki peran yang sangat penting dalam struktur rumah bertingkat.



Bondek sendiri merupakan bahan bangunan yang umumnya digunakan sebagai pelapis di bagian bawah cor lantai beton sebagai pengganti bekisting kayu.  Bondek memiliki kekuatan yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan bekisting atau yang biasa disebut dengan triplek.

Bentuknya sama seperti kertas yang mempunyai lekukan teratur atau gelombang. Adapun bentuk tersebut dibuat secara khusus supaya bondek nantinya mampu menahan beban dari lantai 2 di sebuah bangunan rumah. Bahan bangunan yang satu ini memang biasa ditempatkan di bawah dak cor beton lantai dua atau di bawah plafon.

Baca juga: Cara Menghitung Borongan Bondek Cor

Ukuran Bondek

 

Bondek memiliki ukuran yang sangat bervariasi, ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran panjang yang dimiliki oleh material bondek adalah mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter, sampai dengan 6 meter. Sedangkan untuk ukuran ketebalannya mulai dari 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm hingga 1 mm.



Namun pada umumnya, ukuran bondek yang biasa digunakan adalah bondek yang memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm. Sedangkan untuk ukuran lebar bondek yang ada di pasaran juga cukup beragam, mulai dari 0,6 meter sampai dengan 10 meter.

Jenis-Jenis Bondek

Ada dua jenis bondek yang paling sering digunakan dalam suatu konstruksi bangunan. Adapun jenis-jenis bondek tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bondek Galvanis

Galvanis sendiri merupakan salah satu bahan bangunan yang sudah digunakan sejak tahun 1837. Sampai saat ini material galvanis masih banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kebutuhan bangunan, termasuk untuk bondek.



Bondek galvanis adalah jenis bondek yang dibuat dari bahan campuran antara seng dengan aluminium. Komposisi yang dimiliki material ini adalah seng sebesar 98% yang dicampur dengan aluminium sebanyak 2%. Jenis bondek ini mempunyai struktur yang ringan, tetapi untuk masalah kekuatan sangat memadai sehingga sudah pasti mampu menahan beban ruang tingkat yang telah dibangun di atasnya. Sedangkan untuk masalah harga, bondek galvanis memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bondek galvalum.

  1. Bondek Galvalum

Jenis bondek yang kedua dan lebih banyak direkomendasikan untuk konstruksi bangunan adalah bondek galvalum. Jika dilihat berdasarkan kekuatannnya, bondek yang dibuat dari material galvalum ini jauh lebih kuat dengan pemakaian yang lebih lama.



Leave a Reply

Your email address will not be published.