Harga Dan Ukuran Bondek Per Lembar


Harga Dan Ukuran Bondek –  Sekarang ini hampir semua rumah modern dengan bangunan bertingkat kebanyakan menggunakan bondek. Hal ini karena bondek memang memiliki peran yang sangat penting dalam struktur rumah bertingkat.



Bondek sendiri merupakan bahan bangunan yang umumnya digunakan sebagai pelapis di bagian bawah cor lantai beton sebagai pengganti bekisting kayu.  Bondek memiliki kekuatan yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan bekisting atau yang biasa disebut dengan triplek.

Bentuknya sama seperti kertas yang mempunyai lekukan teratur atau gelombang. Adapun bentuk tersebut dibuat secara khusus supaya bondek nantinya mampu menahan beban dari lantai 2 di sebuah bangunan rumah. Bahan bangunan yang satu ini memang biasa ditempatkan di bawah dak cor beton lantai dua atau di bawah plafon.

Baca juga: Cara Menghitung Borongan Bondek Cor

Ukuran Bondek

 

Bondek memiliki ukuran yang sangat bervariasi, ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran panjang yang dimiliki oleh material bondek adalah mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter, sampai dengan 6 meter. Sedangkan untuk ukuran ketebalannya mulai dari 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm hingga 1 mm.



Namun pada umumnya, ukuran bondek yang biasa digunakan adalah bondek yang memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm. Sedangkan untuk ukuran lebar bondek yang ada di pasaran juga cukup beragam, mulai dari 0,6 meter sampai dengan 10 meter.

Jenis-Jenis Bondek

Ada dua jenis bondek yang paling sering digunakan dalam suatu konstruksi bangunan. Adapun jenis-jenis bondek tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bondek Galvanis

Galvanis sendiri merupakan salah satu bahan bangunan yang sudah digunakan sejak tahun 1837. Sampai saat ini material galvanis masih banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kebutuhan bangunan, termasuk untuk bondek.



Bondek galvanis adalah jenis bondek yang dibuat dari bahan campuran antara seng dengan aluminium. Komposisi yang dimiliki material ini adalah seng sebesar 98% yang dicampur dengan aluminium sebanyak 2%. Jenis bondek ini mempunyai struktur yang ringan, tetapi untuk masalah kekuatan sangat memadai sehingga sudah pasti mampu menahan beban ruang tingkat yang telah dibangun di atasnya. Sedangkan untuk masalah harga, bondek galvanis memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bondek galvalum.

  1. Bondek Galvalum

Jenis bondek yang kedua dan lebih banyak direkomendasikan untuk konstruksi bangunan adalah bondek galvalum. Jika dilihat berdasarkan kekuatannnya, bondek yang dibuat dari material galvalum ini jauh lebih kuat dengan pemakaian yang lebih lama.

Kekuatan yang dimiliki oleh bondek galvalum tersebut dikarenakan oleh komposisinya. Bondek galvalum ini dibuat dari bahan campuran seperti aluminium 55%, seng 45%, dan 5% berbagai bahan lain yang dapat menyempurnakan bentuk material ini. Karena memiliki kandungan alumium yang lebih dominan, maka material bondek ini jauh lebih tahan terhadap serangan karat. Dengan banyaknya keunggulan yang dimilikinya maka tak heran jika memang harga bondek galvalum lebih mahal.

Kelebihan Menggunakan Bondek Pada Bangunan

Sama seperti bahan bangunan lainnya, penggunaan material bondek juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri. Kelebihan dari pemakaian material bondek untuk dak lantai beton pada bangunan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Mengurangi Limbah

Bahan bekisting lain seperti triplek memiliki kelemahan, yang dimana jika masih sisa akan menjadi limbah setelah selesai digunakan. Selain itu, triplek yang digunakan sebagai konstruksi beton akan menjadi kotor dan sulit untuk dibersihkan, sehingga sudah pasti tidak bermanfaat untuk digunakan kembali. Hal tersebut jauh berbeda jika Anda lebih memilih untuk menggunakan bondek karena nantinya sama sekali tidak ada material yang tersisa atau terbuang. Sehingga secara tidak langsung juga dapat mengurangi limbah.



  1. Mengurangi Jumlah Tiang Penyangga

Bondek yang ditempatkan diatas beton tulangan ring balok memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah pemakaian tiang penyangga. Tiang penyangga yang ada di bagian permukaan penahan cor triplek biasanya dipasang dengan jarak kurang lebih 40 sampai dengan 60 cm, dengan adanya bondek maka bisa dilebarkan hingga 1 sampai 2 meter untuk setiap jarak antara penyangga. Sehingga hal ini juga akan lebih menghemat kaso kayu.

  1. Menyatu dengan Hasil Cor

Dengan menggunakan bondek sebagai pelengkap struktur cor dak, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang dimana hasil cor dan bondek tersebut bisa menyatu dengan sempurna. Anda juga tidak perlu lagi untuk melepaskan bondek jika cor sudah kering. Masa kering beton sendiri umumnya adalah pada hari ke 28 setelah pengecoran dilakukan. Masa kering ini bisa terjadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat karena tergantung dari kondisi cuaca dan berbagai faktor yang lainnya.

  1. Hasil Rapi

Kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan bondek selanjutnya adalah memberikan hasil pengecoran yang lebih rapi. Anda akan terhindar dari berbagai resiko buru seperti terjadinya kebocoran pada bondek ataupun berbagai macam gangguan yang lainnya.

Kekurangan Bondek



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *