Harga Dan Ukuran Floordeck


Harga Dan Ukuran Floordeck – Sebagian dari Anda mungkin masih belum tahu mengenai fungsi dan kegunaan material floordeck dalam konstruksi suatu bangunan. Aplikasi floordeck umumnya berada di atap bangunan rumah bagian dalam atau langit-langit rumah. Sebelum dilakukan pemasangan dengan plafon, material atap rumah yang satu ini biasanya akan nampak dengan jelas.



Biasanya pengaplikasiannya dilakukan finishing dengan cat, namun ada juga yang membiarkannya terlihat alami. Floordeck memiliki bentuk yang sedikit bergelombang dan dibuat dari bahan yang kuat. Lalu sebenarnya apa pengertian floordeck? Bagaimana cara pemasangannya? Untuk mendapat jawaban silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Cor Dak Beton Per Meter

Pengertian dan Ukuran Floordeck

Floordeck merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki fungsi sebagai penahan lantai cor. Material ini biasa digunakan sebagai pengganti peran bekisting saat mengerjakan pengecoran pelat lantai. Merk dagang produk floordeck yang paling dikenal dan banyak digunakan adalah bondek atau bondeck.

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan floordeck adalah baja galvanis yang memiliki tingkat kekuatan tinggi sehingga mampu menopang beban struktur pelat lantai yang ada di atasnya. Bentuk yang dimiliki oleh material floordeck adalah berupa lembaran pelat tipis yang bergelombang.

Floordeck memiliki standar ukuran ketebalan sangat beragam, mulai dari 0,75 sampai dengan 1 mm. Sedangkan untuk lebarnya adalah 870 mm, 995 mm, dan 1000. Sedangkan untuk panjang floor deck bisa disesuaikan dengan kondisi tempat yang ingin dikenai pekerjaan pengedakan, yakni 8 sampai dengan 12 meter.



Jika dibandingkan dengan bahan konvensional yang lainnya, floordeck yang dibuat dari bahan baja ini bisa lebih menghemat kebutuhan besi tulangan pada suatu pekerjaan dalam pembuatan pelat lantai. Hal ini berarti jika tempat pemasangannya cukup luas, maka akan lebih menghemat anggaran biaya untuk melakukan pembangunan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Bangun Rumah

Kelebihan Floordeck

Sama seperti material bangunan yang lainnya, penggunaan floordeck menawarkan banyak kelebihan. Adapun kelebihan-kelebihan dari floordeck adalah sebagai berikut:

  • Penghematan bekisting lantai karena material floordeck sekaligus juga memiliki fungsi sebagai form work.
  • Floordeck tidak perlu di copot saat beton sudah benar-benar kering, bahkan di bagian bawah floordeck memang bisa ekspos tanpa dilakukan pengecetan ataupun pemasangan plafon. Hal ini karena bagian bawah permukaan floordeck yang rapi.
  • Pengerjaan yang terbilang lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya jika dibandingkan dengan sistem konvensional.
  • Bagian bawah plat lantai memang rapih, namun jika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting plywood maka sangat beresiko beton mengalami keropos dan retak sehingga diperlukan pekerjaan finshing tambahan.
  • Floordeck merupakan material yang anti air dan tahan terhadap karat karena sudah dilapisi oleh lapisan galvanis atau lapisan anti karat.
  • Dapat menghemat volume cor beton hingga lebih dari 15% sampai dengan 25%.
  • Tidak membutuhkan banyak ruang sebagai tempat penyimpanannya, ini karena material floordeck bisa ditumpuk.

Kekurangan Penggunaan Bondek Sebagai Bekisting

Selain menawarkan banyak kelebihan, penggunaan bondek sebagai bekisting juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:



  • Material floordeck sangat sulit untuk dipotong, pemotongan harus dilakukan menggunakan sebuah alat khusus yang disebut dengan angel grinder. Maka dari itu, pemesanan ukuran material floordeck nantinya juga harus Anda perhitungkan secara tepat.
  • Pemasangan material floordeck harus dilakukan oleh ahli atau tukang yang sudah berpengalaman. Bahkan pekerjaan tukang ahli harus diawasi aplikator.
  • Floordeck tidak bisa dipasang di bagian beton yang tidak mempunyai balok tumpuan seperti kantilever.
  • Untuk semakin memperkuat posisi atau kedudukan floordeck maka harus dilakukan pengelasan sehingga akan sedikit menambah beban perkaan dan bahan.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Cor Dak Bondek

Pemasangan Floordeck yang Baik dan Benar

  1. Pedoman Pemasangan

Pada prinsipnya, material floordeck dapat dipasang diatas tumpuan portal konstruksi baja, beton, atau batu bata. Floordeck yang digunakan setidaknya harus memiliki ukuran panjang yang mampu menutupi dua bagian bangunan dan mempunyai jarak bentang yang efisien.

Sambungan yang ada di antara dua panjang panel krisdek juga harus seminimal mungkin. Walaupun panel deck ini dapat dijadikan sebagai bekisting yang aman saat kondisi beton masih basah, namun sebaiknya gunakan papan untuk lintasan pekerja dan hindari pemutusan beban.

  1. Pemasangan Pada Konstruksi Baja

Pemasangan material floordeck di atas tumpuan baja baru bisa dilakukan jika pekerjaan konstruksi portal baja sudah selesai diukur dengan lot dan waterpass. Adapun cara pemasangannya adalah dengan membentangkan material bangunan ini secara terus menerus, kemudian diikat langsung menggunakan las listrik atau bisa juga paku tembak. Lalu untuk jarak pemikul akhir harus ditentukan sesuai dengan gaya geser, yaitu sekitar 5 cm.

  1. Pengikatan dengan Las

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengelasan pada bagian ujung dek mulai dari atas ke bawah menggunakan las cantum yang memiliki diameter 10 mm pada bagian rata sisi-sisi rusuk panel. Selain itu, pada tumpuan tengah masing-masing panel dek juga harus dilas di bagian rata sisi rusuk betina dengan menggunakan kawat las baja colulose AC/CD yang memiliki ukuran 3,25 mm.



  1. Penyempurnaan Pemasangan Dek



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *