Harga Hebel 1 Kubik Dan Ukuran Hebel Per Biji


Harga Hebel, 1 Kubik, Per Biji, 1 Biji, Satuan – Bata ringan atau yang biasa disebut dengan hebel merupakan salah satu inovasi terbaru yang digunakan sebagai material pengganti batu bata merah.



Namun berbeda halnya dengan batu bata merah, proses pembuatan hebel jauh lebih kompleks dan terbagi dalam dua metode, yaitu Cellular Lightweight Concrete (CLC) dan Autooclved Aerated Concrete (AAC).

Jika dilihat dari proses pembuatannya maka tak heran jika hebel menawarkan lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bata merah biasa. Hebel ini sendiri di pasaran dijual dengan harga yang cukup bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini berencana untuk membeli hebel sebagai material pembangunan rumah maka kami disini akan bagikan daftar harga hebel terbaru. Dengan mengetahui informasi harga ini maka Anda nantinya bisa menyiapkan budget yang sekiranya dibutuhkan.

Baca juga: Cara Pasang Hebel Yang Cepat Dan Rapi

Jenis-Jenis Hebel

Secara umum material pengganti bata merah atau hebel ini terbagi dalam dua macam, yaitu bata ringan hebel AAC dan bata ringan hebel CLC. Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya mengenai kedua jenis hebel tersebut:

  1. Bata Ringan Hebel AAC



Sebelumnya perlu diketahui bahwa masing-masing jenis hebel ini dibuat dari bahan-bahan yang berbeda. Untuk bata ringan hebel AAC ini biasanya dibuat dari berbagai macam campuran seperti semen, pasir, kapur, pasir kwarsa, air dan gypsum. Berbagai macam bahan tersebut kemudian ditambahkan dengan alumunium pasta yang berguna sebagai pengembang.

Adapun waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan bata ringan hebel AAC ini adalah sekitar 7 sampai 8 jam sampai terjadi pengembangan adonan yang sempurna. Jika sudah maka dilanjutkan dengan proses pengeringan dalam sebuah autoclave chamber yang mempunyai tekanan tinggi dengan suhu mencapai 183 derajat celcius.

Bata ringan ini memiliki warna putih dan dalam proses pemasangannya membutuhkan sebuah perekat khusus dan bukan hanya sekedar semen yang biasa. Jenis ini biasa digunakan sebagai bahan dalam pembuatan dinding atau tembok bangunan.

Baca juga: Harga Semen 1 Sak Merk Terlaris 2022

Baca juga: Harga Semen Mortar, MU, Warna, Dll

  1. Bata Ringan Hebel CLC



Bata ringan hebel CLC ini dikenal sebagai bata konvensional yang dibuat dari beberapa bahan campuran seperti pasir sungai atau pasir tambang, semen dan busa organik. Ketiga bahan ini akan membuat busa yang  dihasilkan ketika pengadukan bahan menjadi tidak stabil dan hanya berfungsi sebagai pembungkus udara saja.



Leave a Reply

Your email address will not be published.