Harga Dan Jenis Jenis Kabel Supreme


Harga Dan Jenis Jenis Kabel Supreme – Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga kabel listrik terbaru 2021 untuk merek Eterna dan merek-merek lain yang saat ini beredar dipasaran. Kabel bangunan menjadi salah satu bagian yang tidak kalah penting dalam pembuatan rumah baru karena nantinya kabel tersebut akan digunakan menyambung instalasi seperti lampu, alat elektronik dan lain sebagainya.

Jika anda datang ke toko bangunan atau toko elektronik maka akan diberikan banyak pilihan seperti ukuran dari kabel tersebut, macam atau jenis kabel dan ketebalan dari kabel itu sendiri. Nah sebelum anda memutuskan datang ke toko bangunan tidak ada salahnya untuk membaca tabel harga tentang kabel merek Eterna dan merek-merek lain.

Jenis Kabel Listrik Sesuai Tegangan

Kabel yang dipakai untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik. Sehingga perangkat tersebut bisa bekerja dengan baik. Kabel listrik berdasarkan tegangannya dikategorikan menjadi tiga macam. Yakni Kabel listrik tegangan rendah, tegangan menengah dan tegangan tinggi.

Secara umum kabel listrik terbagi menjadi dua bagian, yaitu isolator dan konduktor. Isolator adalah bagian pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Sedangkan konduktor berfungsi menghantarkan aliran listrik dan biasanya terbuat dari tembaga atau aluminium.

Kode Huruf Kabel Listrik

Pernahkan Anda mengalami kesulitan dalam membedakan beberapa tipe kabel listrik yang dijual dipasaran? Pada umumnya tipe-tipe kabel listrik di Indonesia menggunakan kode huruf yang biasa disebut dengan tata nama kabel atau Cable Nomenclature. Berikut ini adalah daftar kode huruf yang dimiliki oleh semua jenis kabel listrik yang digunakan di Indonesia:

  • N, adalah kabel Inti atau core tembaga
  • Y, adalah isolasi PVC
  • A, adalah jenis kabel tunggal yang dimiliki jenis kabel tembaga
  • A, dalam hal ini berarti aluminium yang ada pada jenis kabel aluminium
  • F, adalah fiber atau konduktor kawat halus yang ada pada kabel NYAF
  • F, dalam hal ini berarti sebagai pelindung plat kawat baja yang ada pada kabel NYFGbY
  • M, adalah kabel inti tembaga yang lebih dari satu atau multiple
  • G, adalah isolasi karet
  • H, adalah kabel yang fleksibel atau lentur
  • R, adalah pelindung kawat baja yang bundar
  • Gb, adalah lilitan pelat baja

NOTE: Kode huruf yang diberikan pada kabel listrik harus sesuai dengan lapisan atau susunan kabel, sehingga perbedaan lapisan kabel nantinya dapat memberikan arti yang berbeda.

Sebagai contoh, huruf A untuk jenis kabel tembaga yang berarti “kabel tunggal” dan huruf A lainnya pada jenis kabel aluminium yang berarti “Aluminium”, seperti halnya huruf F pada kabel NYAF dan juga NYFGbY.

Ukuran Kabel Listrik

Selain masalah kode huruf, ukuran kabel listrik juga penting untuk diketahui. Berikut ini  adalah pengertian dari ukuran kabel listrik:

  • Seperti misalnya pada kabel NYY dijumpai ukuran 4 x 4 mm2, ini berarti bahwa kabel NYY tersebut memiliki 4 core yang berdiameter 4 mm2.
  • Contoh lainnya adalah pada kabel listrik aluminium NFA 2X-T (3 X 70 mm2 + 1 x 50 mm2). Hal tersebut berarti bahwa kabel NFA 2X-T mempunyai 4 core yang dimana diameternya 3 kali dari 70 mm2 ditambah dengan adanya 1 kabel yang memiliki diameter 50 mm2 sebagai netral kabel.

Kelebihan Kabel Listrik Supreme

Pada pembahasan di atas saya sudah memberikan informasi mengenai harga kabel listrik di pasaran. Dengan mengetahui harga kabel listrik, maka akan memudahkan Anda dalam melakukan kalkulasi mengenai biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah instalasi listrik. Terlebih, kabel listrik supreme menjadi salah satu  jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan.

Kabel listrik supreme sendiri memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis kabel listrik lainnya sehingga layak untuk dipilih. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kabel listrik supreme adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Teknologi Jepang

Kelebihan pertama yang membuat kabel supreme banyak dipilih adalah karena teknologi pembuatan yang digunakan. Proses pembuatan kabel supreme dilakukan dengan menggunakan teknologi dari jepang. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang mengalami kemajuan teknologi terbesar di dunia.

Karena diproses dengan menggunakan teknologi dari Jepang, maka sudah pasti kualitas kabel supreme tidak perlu diragukan lagi. Selama ini jarang sekali dijumpai kabel supreme dengan produk yang cacat. Sebaliknya, produk terbaik ini akan sangat memuaskan keperluan intalasi listrik Anda.

  • Memiliki Sertifikat Resmi

Sertifikat adalah suatu pengakuan dari kualitas produk. Kabel supreme sendiri menjadi salah satu produk kabel yang sudah mengantongi sertifikat resmi dari lembaga tertentu di Indonesia. Sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa kabel listrik ini memiliki kualitas terbaik dan aman jika digunakan.

Pada dasarnya memang penting sekali untuk memilih produk kabel yang sudah mengantongi sertifikat resmi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan produk berkualitas dan  produk yang aman digunakan sehingga tidak perlu khawatir masalah keamanannya.

  • Produksi dalam Negeri

Meskipun proses pembuatannya menggunakan teknologi dari Jepang, tetapi produksi kabel listrik supreme ternyata dilakukan di tanah air atau dalam negeri. Hal ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan. Lokasi pabrik yang digunakan sebagai tempat produksi juga penting untuk diketahui karena berhubungan dengan ketersediaan.

Jika lokasi pabrik tersebut dekat dengan Anda, maka untuk ketersediaan kabel listrik pastinya akan lebih dari cukup. Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan stok kabel listrik yang dibutuhkan karena stoknya sangat melimpah di dalam negeri. Tidak hanya kabel listrik merk supreme saja, stok kabel eterna dalam negeri juga melimpah.

  • Harga Bersaing

Masalah harga memang selalu dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang cukup krusial. Sebenarnya hal ini sangat wajar karena harga dari kabel listrik berpengaruh terhadap alokasi dana yang dibutuhkan untuk proses instalasi listrik. Jika harga kabel listrik semakin mahal, maka sudah pasti biaya yang harus disiapkan dalam proses instalasi listrik juga akan semakin besar. Dalam hal ini harga kabel supreme di pasaran terbilang sangat terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan pilihan utama.

Jenis-Jenis Kabel Supreme

  1. Kabel Supreme NYA

Jenis kabel supreme yang pertama adalah NYA, dimana jenis kabel ini biasa digunakan pada instalasi listrik yang ada di rumah dan sebagai sistem cadangan tenaga. Tak jarang, kabel supreme juga sering digunakan sebagai kabel udara di rumah karena mampu menahan tegangan hingga 450 sampai 750 Volt.

Dilihat dari bentuknya, kabel NYA mempunyai inti tunggal yang sudah dilapisai PVC dengan berbagai macam warna. Ukuran kabel ini sangat bervariasi, mulai dari 1,5 mm2 sampai dengan 2,5 mm2.

Kabel supreme ini lebih cocok digunakan di tempat kering karena memiliki ketahanan yang kuran baik terhadap air. Selain itu, kabel NYA juga kurang kuat karena lapisan pelindungnya mudah terkelupas dan mudah untuk digigit tikus. Maka dari itu, penggunaan kabel ini harus dengan lindungi dengan ladi yang dimasukkan ke dalam pipa PVC supaya airnya selalu terjaga.

  1. Kabel Supreme NYY

Kabel supreme NYY dibuat secara khusus untuk intalasi bawah tanah ataupun tertanam di dinding. Sehingga untuk masalah kekuatan dan keawetan kabel NYY sangat terjamin. Dengan kelebihannya tersebut, harga kabel NYY jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dari segi bentuknya, kabel NYY termasuk dalam kabel multicore atau memiliki banyak inti. Jumlah inti dalam kabel ini sekitar 2 sampai dengan 4. Pada bagian kabel ini sudah dilapisi dengan isolasi PCV dengan warna hitam yang memiliki ukuran tebal yang tidak disukai oleh pengerat. Jenis kabel supreme ini tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

  1. Kabel Supreme NYM

Tampilan kabel supreme NYM ini jauh lebih kuat daripada NYA karena sudah dilapisi secara dobel PVC putih di bagian luar kabel. Kabel supreme NYM juga memiliki lebih banyak inti dibandingkan kabel NYA yang hanya berinti satu. Bahkan kabel ini juga mampu menahan voltase sekitar 300 sampai dengan 500 volt.

  1. Kabel Supreme NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY ini juga dirancang khusus untuk intalasi dalam tanah. Kabel listrik ini memiliki ukuran yang sangat besar karena intinya terdiri dari kawat yang dijadikan satu dan jumlah intinya lebih dari satu.

Karena memiliki ukuran yang cukup besar maka kabel listrik ini juga  mampu untuk menahan voltasi yang sangat besar mulai dari 0.6 sampai dengan 1.2 kV. Didukung dengan lapisan PVC tebal yang memiliki warna hitam dan lapisan baja, kabel ini sangat kuat dan tahan terhadap goncangan di kedalaman tanah sekitar 0.8 meter.

  1. Kabel Supreme NYCY

Jenis kabel listrik supreme yang terakhir adalah NYC. Kabel ini didesain secara khusus supaya digunakan untuk menghantarkan listrik secara konsentris baik itu didalam tanah, ruangan, maupun alam terbuka. Ukuran kabel ini cukup besar karena intinya lebih dari satu. Inti kabel NYC dibedakan menjadi beberapa macam, ada yang seperti kabel optik dan ada pula yang terdiri dari lilitan kawat. Kabel NYC dapat menampung voltase yang lumayan besar, yaitu sekitar 0.6 hingga 1.2 kV.

Tips Memilih Kabel Listrik yang Sesuai

Karena jenis kabel listrik beragam dan mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, maka perlu bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memilih kabel listrik yang tepat. Bila ingin memilih kabel listrik yang akan dipasang di dalam tanah, sebaiknya memilih kabel listrik yang tahan terhadap genangan air, tekanan mekanis, benturan dan mempunyai isolasi yang berlapis. Kabel listrik yang cocok untuk kabel tanam di dalam tanah adalah kabel listrik dengan tipe NYFGbY.

Sedangkan jika ingin memilih kabel listrik yang akan dipasang di atas tiang listrik atau dipasang pada jaringan udara, maka pilih jenis kabel yang lentur, ringan, tidak mudah putus, dapat digantung dan mempunyai isolasi yang tebal. Kabel listrik yang sesuai dengan pemasangan di atas tiang atau jaringan udara adalah kabel listrik berbahan aluminium dengan tipe NFA2X atau NFA2X-T.

Namun perlu dicatat kalau harga yang saya berikan ini hanya patokan saja sehingga tidak menutup kemungkinan di daerah lain juga akan sedikit berbeda. Tapi setidaknya harga berikut bisa menjadi referensi untuk anda yang saat ini sedang melakukan instalasi di rumah baru. Simak harga kabel listrik terbaru dari berbagai merk lengkap tahun 2021 dibawah ini.

Harga Kabel Listrik

Merk ETERNA

Type NYA

Spesifikasi Barang ukuran Harga (Rp.)
Eterna NYA 1×1.5 100 m 145.000
Eterna NYA 1×2.5 100 m 230.000
Eterna NYA 1×4 100 m 360.000
Eterna NYA 1×6 100 m 530.000
Eterna NYA 1×10 100 m 877.000

Type NYM

Spesifikasi Barang ukuran Harga (Rp.)
Eterna NYM 3×1.5 50 m 293.000
Eterna NYM 3×2.5 50 m 417.000
Eterna NYM 2×1.5 50 m 229.000
Eterna NYM 2×2.5 50 m 328.000
Eterna NYM 3×4 50 m 687.000
Eterna NYM 4×2.5 50 m 535.000
Eterna NYM 4×4 50 m 885.000
Eterna NYM 4×6 50 m 1.245.000
Eterna NYM 4×10 50 m 2.027.000

Type NYY

Spesifikasi Barang ukuran Harga (Rp.)
Eterna NYY 2×1.5 50 m 322.000
Eterna NYY 2×2.5 50 m 434.000
Eterna NYY 3×1.5 50 m 398.000
Eterna NYY 3×2.5 50 m 535.000
Eterna NYY 3×4 50 m 830.000
Eterna NYY 3×6 50 m 1.100.000
Eterna NYY 4×2.5 50 m 648.000
Eterna NYY 4×4 50 m 1.010.000
Eterna NYY 4×6 50 m 1.310.000
Eterna NYY 4×10 50 m 2.220.000

Merk SUPREME

Type NYA

Spesifikasi Barang ukuran Harga (Rp.)
Eterna NYA 1×1.5 100 m 185.000
Eterna NYA 1×2.5 100 m 300.000

Type NYM

Spesifikasi Barang ukuran Harga (Rp.)
Eterna NYM 2×1.5 50 m 280.000
Eterna NYM 2×2.5 50 m 400.000
Eterna NYM 3×1.5 50 m 360.000
Eterna NYM 3×2.5 50 m 520.000
Eterna NYM 4×2.5 100 m 1.400.00

 

NYM A List
2×0.75 Rp.
2×1.5 Rp. 656.000
2×2.5 Rp. 940.800
2×4 Rp. 1.296.000
2×6 Rp. 1.712.000
2×10 Rp. 3.027.200
2×16 Rp.
3×0.75 Rp.
3×1.5 Rp. 841.600
3×2.5 Rp. 1.200.000
3×4 Rp. 1.736.000
3×6 Rp. 2.376.000
3×10 Rp. 4.019.200
4×0.75 Rp.
4×1.5 Rp. 1.017.600
4×2.5 Rp. 1.528.000
4×4 Rp. 2.236.000
4×6 Rp. 3.144.000
4×10 Rp. 5.120.000
4×16 Rp.
4×25 Rp.
4×35 Rp.
4×50 Rp.
4×70 Rp.
4×95 Rp.
4×120 Rp.

 

NYM B List
2×23 Rp.
2×0.75 Rp.
2×1.5 Rp. 656.000
2×2.5 Rp. 940.800
3×1.5 Rp. 841.600
3×2.5 Rp. 1.200.000

 

NYA A List
1.5 Rp. 180.000
2.5 Rp. 288.000
4 Rp. 450.000
6 Rp. 669.000
10 Rp. 1.107.000
16 Rp. 1.800.000
25 Rp. 2.850.000
35 Rp. 3.900.000
50 Rp. 5.400.000
70 Rp. 7.800.000
95 Rp. 10.650.000
120 Rp. 13.200.000
150 Rp. 16.500.000

 

NYFGBY A List
2×4 Rp. 2.015.000
2×10 Rp. 4.275.000
2×16 Rp. 5.625.000
3×2.5 Rp. 1.885.000
3×4 Rp. 2.795.000
4×2.5 Rp. 2.340.000
4×4 Rp. 3.445.000
4×6 Rp. 4.472.000
4×10 Rp. 6.600.000
4×16 Rp. 9.540.000
4×25 Rp. 13.200.000
4×35 Rp. 16.800.000
4×50 Rp. 21.600.000
4×70 Rp. 29.400.000
4×95 Rp. 40.950.000

 

Kabel Telepon List
2c Rp. 69.600
3c Rp. 102.200
4c Rp. 118.400
5c Rp. 150.800
6c Rp. 161.000
7c Rp. 204.800
8c Rp. 226.200
9c Rp. 269.000
10c Rp. 280.400
12c Rp. 333.600
14c Rp. 366.200
15c Rp. 387.600
20c Rp. 484.600
27c Rp. 733.600

 

NYY A List
2×0.75 Rp.
2×1.5 Rp. 928.000
2×2.5 Rp. 1.248.000
2×4 Rp. 1.659.200
2×6 Rp. 2.105.600
2×10 Rp. 3.158.400
2×16 Rp. 4.350.000
3×0.75 Rp.
3×1.5 Rp. 1.144.000
3×2.5 Rp. 1.536.000
3×4 Rp. 2.096.000
3×6 Rp. 2.777.600
3×10 Rp. 4.128.000
4×0.75 Rp.
4×1.5 Rp. 1.328.000
4×2.5 Rp. 1.846.400
4×4 Rp. 2.544.000
4×6 Rp. 3.304.000
4×10 Rp. 5.600.000
4×16 Rp. 6.990.000
4×25 Rp. 11.010.000
4×35 Rp. 14.580.000
4×50 Rp. 19.740.000
4×70 Rp. 27.600.000
4×95 Rp. 38.280.000
4×120 Rp. 53.550.000

 

NYMHY B List
2×23 Rp.
2×0.75 Rp. 149.600
2×1.5 Rp.
2×2.5 Rp.
3×1.5 Rp.
3×2.5 Rp.

 

NYAF A List
1.5 Rp. 208.000
2.5 Rp. 364.800
4 Rp. 534.400
6 Rp. 797.200
10 Rp. 1.444.000
16 Rp. 1.800.000
25 Rp. 2.880.000
35 Rp. 3.840.000
50 Rp. 6.300.000
70 Rp. 9.000.000
95 Rp. 12.390.000
120 Rp. 16.710.000
150 Rp. 21.000.000
185 Rp. 24.000.000
240 Rp. 33.420.000

 

NYMHY/NYYHY A List
2×0.75 Rp. 448.000
2×1.5 Rp. 768.000
2×2.5 Rp. 1.040.000
2×4 Rp. 1.336.000
2×6 Rp. 1.856.000
2×10 Rp. 3.280.000
2×16 Rp.
3×0.75 Rp. 720.000
3×1.5 Rp. 1.060.000
3×2.5 Rp. 1.548.000
3×4 Rp. 1.786.400
3×6 Rp. 2.888.800
3×10 Rp. 5.023.200
4×0.75 Rp. 1.240.000
4×1.5 Rp. 1.592.000
4×2.5 Rp. 2.036.000
4×4 Rp. 2.598.400
4×6 Rp. 3.556.800
4×10 Rp. 6.386.400
4×16 Rp. 10.260.000
4×25 Rp. 15.600.000
4×35 Rp. 20.000.000
4×50 Rp.
4×70 Rp.
4×95 Rp.
4×120 Rp.

Demikian tadi informasi secara lengkap dan detail tentang harga kabel eterna dan juga merek-merek lain yang saat ini tengah beredar di Indonesia, semoga info yang sudah saya berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda semua.

Namun sebagai catatan seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa harga kabel tersebut setiap daerah berbeda-beda tergantung dari banderol yang dipatok oleh pemilik toko.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *