Harga Dan Jenis Jenis Kabel Supreme


Harga Dan Jenis Jenis Kabel Supreme – Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga kabel listrik terbaru 2021 untuk merek Eterna dan merek-merek lain yang saat ini beredar dipasaran. Kabel bangunan menjadi salah satu bagian yang tidak kalah penting dalam pembuatan rumah baru karena nantinya kabel tersebut akan digunakan menyambung instalasi seperti lampu, alat elektronik dan lain sebagainya.



Jika anda datang ke toko bangunan atau toko elektronik maka akan diberikan banyak pilihan seperti ukuran dari kabel tersebut, macam atau jenis kabel dan ketebalan dari kabel itu sendiri. Nah sebelum anda memutuskan datang ke toko bangunan tidak ada salahnya untuk membaca tabel harga tentang kabel merek Eterna dan merek-merek lain.

Jenis Kabel Listrik Sesuai Tegangan

Kabel yang dipakai untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik. Sehingga perangkat tersebut bisa bekerja dengan baik. Kabel listrik berdasarkan tegangannya dikategorikan menjadi tiga macam. Yakni Kabel listrik tegangan rendah, tegangan menengah dan tegangan tinggi.

Secara umum kabel listrik terbagi menjadi dua bagian, yaitu isolator dan konduktor. Isolator adalah bagian pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Sedangkan konduktor berfungsi menghantarkan aliran listrik dan biasanya terbuat dari tembaga atau aluminium.

Kode Huruf Kabel Listrik

Pernahkan Anda mengalami kesulitan dalam membedakan beberapa tipe kabel listrik yang dijual dipasaran? Pada umumnya tipe-tipe kabel listrik di Indonesia menggunakan kode huruf yang biasa disebut dengan tata nama kabel atau Cable Nomenclature. Berikut ini adalah daftar kode huruf yang dimiliki oleh semua jenis kabel listrik yang digunakan di Indonesia:

  • N, adalah kabel Inti atau core tembaga
  • Y, adalah isolasi PVC
  • A, adalah jenis kabel tunggal yang dimiliki jenis kabel tembaga
  • A, dalam hal ini berarti aluminium yang ada pada jenis kabel aluminium
  • F, adalah fiber atau konduktor kawat halus yang ada pada kabel NYAF
  • F, dalam hal ini berarti sebagai pelindung plat kawat baja yang ada pada kabel NYFGbY
  • M, adalah kabel inti tembaga yang lebih dari satu atau multiple
  • G, adalah isolasi karet
  • H, adalah kabel yang fleksibel atau lentur
  • R, adalah pelindung kawat baja yang bundar
  • Gb, adalah lilitan pelat baja

NOTE: Kode huruf yang diberikan pada kabel listrik harus sesuai dengan lapisan atau susunan kabel, sehingga perbedaan lapisan kabel nantinya dapat memberikan arti yang berbeda.



Sebagai contoh, huruf A untuk jenis kabel tembaga yang berarti “kabel tunggal” dan huruf A lainnya pada jenis kabel aluminium yang berarti “Aluminium”, seperti halnya huruf F pada kabel NYAF dan juga NYFGbY.

Ukuran Kabel Listrik

Selain masalah kode huruf, ukuran kabel listrik juga penting untuk diketahui. Berikut ini  adalah pengertian dari ukuran kabel listrik:

  • Seperti misalnya pada kabel NYY dijumpai ukuran 4 x 4 mm2, ini berarti bahwa kabel NYY tersebut memiliki 4 core yang berdiameter 4 mm2.
  • Contoh lainnya adalah pada kabel listrik aluminium NFA 2X-T (3 X 70 mm2 + 1 x 50 mm2). Hal tersebut berarti bahwa kabel NFA 2X-T mempunyai 4 core yang dimana diameternya 3 kali dari 70 mm2 ditambah dengan adanya 1 kabel yang memiliki diameter 50 mm2 sebagai netral kabel.

Kelebihan Kabel Listrik Supreme

Pada pembahasan di atas saya sudah memberikan informasi mengenai harga kabel listrik di pasaran. Dengan mengetahui harga kabel listrik, maka akan memudahkan Anda dalam melakukan kalkulasi mengenai biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah instalasi listrik. Terlebih, kabel listrik supreme menjadi salah satu  jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan.



Kabel listrik supreme sendiri memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis kabel listrik lainnya sehingga layak untuk dipilih. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kabel listrik supreme adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Teknologi Jepang

Kelebihan pertama yang membuat kabel supreme banyak dipilih adalah karena teknologi pembuatan yang digunakan. Proses pembuatan kabel supreme dilakukan dengan menggunakan teknologi dari jepang. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang mengalami kemajuan teknologi terbesar di dunia.

Karena diproses dengan menggunakan teknologi dari Jepang, maka sudah pasti kualitas kabel supreme tidak perlu diragukan lagi. Selama ini jarang sekali dijumpai kabel supreme dengan produk yang cacat. Sebaliknya, produk terbaik ini akan sangat memuaskan keperluan intalasi listrik Anda.

  • Memiliki Sertifikat Resmi

Sertifikat adalah suatu pengakuan dari kualitas produk. Kabel supreme sendiri menjadi salah satu produk kabel yang sudah mengantongi sertifikat resmi dari lembaga tertentu di Indonesia. Sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa kabel listrik ini memiliki kualitas terbaik dan aman jika digunakan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *