Harga Kayu Usuk Per Ikat Dan Per Batang


Harga Kayu Usuk –  Kayu merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting dalam suatu bangunan. Meskipun sekarang ini banyak bermunculan bahan bangunan yang lebih modern, tetapi penggunaan kayu masih menjadi primadona. Dengan menggunakan material kayu pada bangunan maka dapat menciptakan kesan yang hangat, elegan, dan mewah.



Adapun salah satu produk dari kayu yang masih banyak digunakan sampai saat ini adalah kayu usuk. Kayu usuk sendiri dibuat dari berbagai jenis kayu seperti kayu sengon, glugu atau kelapa, jati, bengkirai, mahoni dan lainnya. Untuk masalah harganya sendiri sangat beragam karena ditentukan oleh jenis kayu dan juga ukurannya.

Baca juga: Lisplang Kayu Rumah Minimalis

Mengenal Fungsi Kayu Usuk

Sebagian besar orang tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya usuk. Namun sayangnya masih banyak yang mengartikannya sebagai reng. Padahal keduanya bahan bangunan ini mempunyai perbedaan. Usuk adalah sebuah balok yang biasa digunakan dengan cara diletakkan secara melintang pada gording rumah.

Umumnya memiliki ukuran yang sangat panjang,  bahkan bisa melebih bagian balok dinding hingga keluar. Pastinya hal ini bertujuan untuk bisa menopang lebih banyak reng yang akan digunakan. Namun sebenarnya fungsi utama adanya usuk adalah untuk membentuk overstek yang pas sesuai dengan keinginan.

Usuk yang digunakan harus mampu menopang beban dengan baik, karena nantinya akan menerima beban yang sangat berat dari reng dan juga genteng. Oleh karena itulah, Anda diharuskan untuk mengetahui jenis kayu terbaik yang bisa dijadikan sebagai bahan usuk. Selain itu, juga diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara perawatannya sebelum digunakan.

Sedangkan untuk masalah pemasangan usuk biasanya menggunakan paku dengan jarak sekitar 40 sampai 50 cm. Dalam kondisi yang tertentu, penting untuk melakukan pengeboran sebelum dipaku. Apalagi jika tujuan utamanya untuk menghindari adanya pecah-pecah yang berada di bagian ujung usuk.



Baca juga: Konstruksi Atap Joglo Modern

Jenis Bahan Pembuatan Kayu Usuk

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan usuk sangat beragam. Setiap jenis bahan tersebut sudah pasti memiliki ciri dan ketahanan yang berbeda-beda. Berikut ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis bahan kayu usuk tersebut:

  1. Kayu Jati

Jika Anda sedang mencari jenis kayu usuk yang memiliki tingkat kekerasan hingga keawetan paling bagus maka kayu usuk jati merupakan pilihan yang tepat. Meski demikian, sebenarnya jarang sekali orang orang yang memanfaatkan kayu jati sebagai bahan dalam pembuatan kayu usuk.

Alasannya tak lain karena tampilan kayu jati yang terbilang sangat klasik. Harganya juga lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kayu usuk yang lainnya. Namun untuk masalah harganya akan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.



  1. Kayu Kelapa atau Glugu

Kayu kelapa atau yang biasa disebut dengan glugu ini memiliki banyak kegunaan. Karakteristik yang dimilikinya adalah kuat dan kokoh sehingga cocok untuk dijadikan sebagai usuk. Selain itu, kayu kelapa juga banyak digunakan dalam pembuatan berbagai macam bahan bangunan lain dan furniture.

Untuk kualitas kayu kelapa sendiri sangat ditentukan oleh jenis dan juga tingkat ketuaan kayu. Beberapa pakar pun berpendapat bahwa jenis glugu yang berasal dari pulau Sulawesi memiliki kualitas paling bagus.

  1. Kayu Sengon

Selama ini kayu sengon dikenal sebagai salah satu jenis kayu untuk material bangunan. Kayu ini mempunyai tekstur luna sehingga banyak yang menganggapnya sangat mudah patah. Padahal semakin tua usia dari kayu sengon maka kualitas dan kekuatan kayunya akan semakin bagus.

Jika kualitas yang dimilikinya sudah bagus, maka akan menjadi semakin kuat dan lebih awet. Harga kayu usuk sengon yang dijual di pasaran terbilang sangat murah sehingga bisa menekan biaya pembangunan.



  1. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai juga dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas sangat bagus. Karena memiliki kualitas yang bagus membuat kayu bengkirai juga sering digunakan sebagai bahan ekterior taman, tidak hanya dalam negeri saja namun juga diekspor hingga keseluruh dunia.

Inilah yang menjadi alasan mengapa harga kayu bengkirai sangat mahal di pasaran. Bahkan harga kayu usuk bengkirai untuk per meter kubik saja bisa mencapai sekitar 9 juta. Meskipun harganya mahal, tetapi kualitasnya premium sehingga tidak diperlukan lagi.

Baca juga: Harga Kusen Pintu Kayu Minimalis

  1. Kayu Kruing

Kayu kruing merupakan salah satu jenis kayu yang banyak di temui di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Kayu kruing biasanya dijual dalam ukuran per batang ataupun per meter kubik dengan harga yang cukup bervariasi.

Karakteristik yang dimiliki oleh kayu kruing ada pada segi kekuatannya yang terbilang sangat kokoh. Kayu kruing dapat digunakan dalam konstruksi bangunan kelas menengah hingga berat sekalipun. Selain digunakan sebagai usuk kayu, kayu kruing juga sering dimanfaatkan sebagai bahan kayu lapis dan bubur kertas.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *