Harga Marmer Per Meter Persegi


Harga Marmer Per Meter Persegi – Marmer merupakan salah satu bahan bangunan dengan kualitas premium. Material ini pada umumnya dijual dengan harga tinggi di pasaran karena kualitasnya terjamin dan bisa memberikan tampilan yang terlihat mewah pada suatu bangunan.



Marmer biasanya digunakan sebagai material dinding atau lantai bangunan. Adapun bagian rumah yang cocok menggunakan material marmer adalah kamar mandi dan ruang dapur. Bahkan marmer juga sering dijadikan sebagai batu nisan. Coraknya yang sangat menawan akan membuat pemakaman tidak menyeramkan dan justru terlihat indah.

Baca juga: Harga Granit Lantai Per Dus

Jenis-Jenis Marmer untuk Mempercantik Ruangan

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil marmer lokal yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, ada juga marmer import yang berasal dari beberapa negara luar seperti India, Turki, Yunani, Spanyol, Italia, dan Tiongkok. Berikut ini adalah beberapa jenis lantai marmer yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Marmer Travertine

Marmer travertine mempunyai tampilan yang khas berupa guratan dan lubang-lubang alami. Selain itu, juga tersedia dalam berbagai macam warna seperti warna coklat, abu-abu, sampai biru.

Lubang-lubang alami tersebut bisa dibiarkan terbuka sehingga akan memberikan kesan yang natural. Namun bisa juga ditutupi oleh resin ataupun polimer transparan, kemudian dilakukan pemolesan agar terlihat mengkilap. Travertine biasanya digunakan sebagai interior bangunan.



  1. Marmer Statuario

Marmer yang memiliki warna putih dengan gurat hitam ini ditambang dari perbukitan yang tertutup oleh salju dan umumnya didatangkan dari Tiongkok. Untuk masalah harga jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Tampilannya sangat mengkilap dan dapat menambah kesan yang lebih dingin, sehingga cocok sekali jika digunakan sebagai lantai marmer yang berada di wilayah tropis termasuk Indonesia. Dengan menggunakan marmer statuario maka akan memberikan kesan yang mewah dan membuat suasana rumah terasa sejuk.

Baca juga: Mata Gerinda Potong Untuk Batu Marmer

  1. Marmer Onyx

Dinamakan dengan marmer onyx karena tampilannya seperti batu onyx yang berlapis-lapis dan terlihat transparan. Pola dan corak pada lantai marmer onyx yang berlapis-lapis itulah yang akan memberikan kesan elegan dan mewah. Jenis marmer yang satu ini biasa diaplikasikan di berbagai sudut rumah seperti lantai, dinding, dan aksen pada furniture.



  1. Marmer Kristalin

Lampung dan Poso merupakan wilayah penghasil marmer kristalin yang terkenal di Indonesia.  Warna dasar yang dimiliki oleh marmer Lampung sendiri adalah abu-abu mengkilap, urat putih atau abu-abu sedikit kehitaman, memiliki permukaan halus, tidak memiliki lubang, transparan dan keras.

Sedangkan untuk marmer kritalin mempunyai pola dan corak sangat khas yang membedakannya dengan berbagai pola lain yang ada di pasaran. Maka tak heran, jika marmer kristalin kini banyak dipilih oleh sebagian orang.

  1. Marmer Carrara

Warna dasar dari marmer carrara adalah abu-abu, biru keabu-abuan, atau putih yang memiliki gurat halus dan tipis. Biasanya digunakan dalam pembuatan patung atau dekorasi bangunan karena harganya yang terbilang sangat terjangkau dan mudah untuk ditemukan di pasaran.  Penggunaan marmer ini dapat menciptakan kesan bersih sehingga akan sangat cocok sekali jika digunakan di kamar mandi.

  1. Marmer Calacatta atau Calcutta

Marmer calacatta atau yang biasa disebut dengan calcutta ini merupakan jenis marmer yang paling mewah. Hal ini karena ketersediaan marmer calcutta di pasaran sangat langka. Jenis marmer ini memiliki ciri khas yang berwarna putih dengan gurat yang gelap dan dalam.

Namun juga mempunyai variasi lain seperti gurat yang berwarna keemasan, abu-abu, campuran antara abu-abu dan keemasan, dan juga abu-abu dan perak. Jika budget yang Anda miliki cukup banyak, Anda bisa memilih marmer ini untuk digunakan sebagai lantai di ruang kerja ataupun ruang khusus untuk menampilkan kesan elegan.



  1. Marmer Emperador

Marmer emparador merupakan produk import dari negara Spanyol yang memiliki ciri khas variasi warna coklat muda sampai coklat tua. Marmer yang memiliki warna coklat tua akan nampak serasi jika dipadukan dengan furnitur yang berwarna keemasan.  Selain itu juga cocok untuk dijadikan sebagai lantai rumah yang bertema klasik dan mewah.

Baca juga: Harga Dan Merk Pernis Batu Alam Yang Bagus

Kelebihan Lantai Marmer

Sebelum memutuskan untuk membeli marmer sebagai material lantai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihannnya. Adapun beberapa kelebihan lantai marmer adalah sebagai berikut:

  1. Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan pertama dari penggunaan material marmer adalah memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Marmer juga tahan terhadap segala macam cuaca dan anti gores. Sehingga bisa digunakan untuk interior ataupun eksterior ruangan.

  1. Perawatan Mudah

Perawatan lantai marmer bisa dibilang sangat mudah. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi lantai marmer untuk berubah menjadi kusam. Untuk perawatan lantai marmer bisa dibilang cukup mudah, hanya perlu menyapu dan mengepelnya saja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *