Harga Dan Ukuran Metal Furing Plafon


Harga Dan Ukuran Metal Furing Plafon – Sekarang ini banyak sekali rumah modern yang menggunakan plafon dari papan gypsum. Hal ini karena plafon gypsum mampu memberikan nilai estetika lebih, yang dimana akan nampak lebih rapi, rata, dan mulus seperti tidak ada sambungan sedikitpun.



Disamping itu, plafon gypsum juga bisa menjadi indikator yang baik apakah atap rumah mengalami kebocoran ataukah tidak. Jika plafon gypsum mengalami kerusakan maka Anda tidak perlu khawatir karena sangat mudah untuk diperbaiki.

Berdasarkan  jenis rangkanya, rangka plafon gypsum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu yang menggunakan rangka kayu dan rangka metal. Untuk rangka kayu kini jarang diminati karena memiliki banyak kekurangan seperti sulit untuk didapat, kurang tahan terhadap serangan rayap, dan kayu harus diserut dengan rata agar mendapat hasil pekerjaan yang nampak rapi.

Sedangkan penggunaan rangka metal seperti metal furing menawarkan banyak kelebihan, seperti tahan rayap serta menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih cepat dan rapi.

Baca juga: Harga Metal Stud Dan U Runner

Metal Furing Plafon

Pengertian metal furing secara umum adalah sebuah produk yang biasa digunakan sebagai rangka plafon bangunan. Produk ini memiliki karakteristik yang sangat kokoh dan proses pekerjannya bisa dilakukan secara cepat.



Metal furing dapat memberikan sanggahan yang stabil dan cukup kuat untuk pengaplikasian papan gypsum jenis apapun pada rangka plafon bangunan Anda. Jadi untuk masalah pekerjaan plafon sudah pasti akan jauh lebih aman jika menggunakan metal furing, lebih praktis dan juga presisi dengan gypsum yang digunakan.

Rangka ini lebih banyak digunakan karena memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis rangka yang lainnya. Metal furing plafon ini banyak digunakan di berbagai jenis bangunan seperti perumahan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk ukuran metal furing plafon adalah sebagai berikut:

  • Panjang mencapai 4000 mm
  • Bahan galvalum dengan lapisan 0.40 BMT
  • AZ100 kekuatan luluh 550

Kelebihan Metal Furing

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa metal furing banyak digunakan karena menawarkan banyak keunggulan. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh metal furing adalah sebagai berikut:



  • Proses pemasangan metal furing jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan besi hollow. Hal ini karena proses pemasangannya menggunakan system knock down, sehingga metal furing bisa dibongkar pasang kempartisi atau penyekat dinding gypsum atau sejenisnya.
  • Rangka plafon dari bahan metal furing saat ini juga sudah banyak digunakan oleh para desainer rumah atau desain interior karena bisa membuat plafon semakin berkualitas dan efisien.
  • Metal furing merupakan rangka plafon yang dibuat dari bahan zincalume sehingga sudah pasti sangat awet dan kokoh digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Memasang Rangka Metal Furing Plafon

Rangka plafon gypsum dari metal furing pada umumnya menggunakan sistem suspended ceiling. Sistem ini mampu menghasilkan kisi-kisi dari metal yang digantung pada bagian bawah atap atau dak beton menggunakan rangkaian kawat. Selanjutnya kisi-kisi ditutup menggunakan papan gypsum.

Perlu diketahui bahwa sistem suspended ceiling dibedakan menjadi dua macam yaitu sistem ekspos (exposed grid) dan sistem tanpa sambungan (concealed grid). Sistem ekspos selalu menonjolkan kisi-kisi rangka plafon sedangkan sistem tanpa sambungan dapat memberikan hasil yang mulus dan bersih.

Pemasangan rangka plafon dari metal furing bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini dibutuhkan ketelitian, bahan dan alat yang dibutuhkan serta teknik pemasangan yang digunakan juga harus tepat. Adapun langkah-langkah dalam pemasangan rangka plafon dari metal furing adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum memulai pemasangan rangka plafon, semua item pekerjaan di atas plafon harus diselesaikan terlebih dahulu.
  2. Tahap pertama yang harus dilakukan dalam memasang rangka adalah dengan mengukur garis ketinggian plafon sekeliling ruangan yang ingin dipasang rangka. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan pengukur waterpas di beberapa titik di sekitar ruangan. Kemudian gambar garis untuk dapat menggabungkan semua titik tersebut.
  3. Langkah selanjutnya adalah memasang wall angle (siku metal) untuk dijadikan sebagai penyangga metal furing. Wall angle atau siku metal ini harus ditempatkan pada tanda garis. Usahakan untuk dimulai dari dinding yang memiliki luas paling panjang. Bor siku metal dengan jarak antar baut atau sekrup kurang lebih 40 cm. Anda harus pastikan bahwa siku sudah dibaut dengan kencang supaya nantinya mampu menyangga metal furing.
  4. Pemasangan siku metal bisa diteruskan hingga di bagian dinding yang lainnya. Perhatikan di bagian sudut dinding, siku metal harus dipasang saling tindih sepanjang 40 cm. Kemudian siku metal harus dibentuk hingga menjadi L pada bagian ujung dengan menggunakan gunting hollow. Jangan lupa untuk mengencangkan juga di daerah metal yang bertindihan tersebut.
  5. Jika siku metal sudah terpasang, beri garis dengan menggunakan pensil atau spidol setiap 40 cm untuk dijadikan sebagai tanda bagi pemasangan metal furing. Untuk jarak antar metal furing kurang lebih sekitar 40 cm. Namun jika ingin lebih longgar maka jaraknya bisa 60 cm dan jangan sampai lebih. Jika jarak metal furing semakin besar maka sangat beresiko untuk menghasilkan plafon yang nampak tidak rata atau melengkung.
  6. Lalu potong metal furing sesuai dengan ukuran panjang yang Anda inginkan dan tempatkan di atas siku metal. Kemudian bisa langsung dikencangkan dengan menggunakan baut.
  7. Setelah itu, rangka utama (main channel atau C channel) harus digantungkan pada kawat penggantung menggunakan U clam. Lalu bisa langsung ditempatkan di atas metal furing yang dimana posisinya harus menyilang. Kaitkan persilangan kedua jenis metal ini menggunakan channel clamp.
  8. Langkah terakhir dari pemasangan rangka metal furing adalah menguatkan rangka tersebut dengan memasang bracket dan hanger.

Pemasangan Bracket dan Hanger

Kawat penggantung (rod hanger) dan besi bracket (angle clip) menjadi aksesoris yang banyak digunakan dalam suspended ceiling. Berikut ini kami akan menjelaskan tahapan cara yang harus dilakukan dalam pemasangan bracket dan hanger.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *