Harga Metal Stud Dan U Runner


Harga Metal Stud Dan U Runner – Bagi Anda yang memiliki ruangan dengan ukuran yang terlalu besar dan ingin menyekatnya menjadi dua ruangan tentu ada banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti yang kita tahu bahwa membangun tembok untuk membagi ruangan akan memakan banyak waktu dan biaya.



Kebanyakan orang sekarang ini lebih memilih cara yang lebih praktis dan hemat, termasuk dalam pemasangan rangka partisi. Adapun material bangunan yang banyak dipilih masyarakat adalah rangka baja ringan. Dalam hal ini bahan yang dibutuhkan dan banyak dipilih untuk pembangunan partisi adalah Metal Stud dan U Runner.

Metal Stud memang menjadi salah satu rangka baja ringan yang banyak digunakan sebagai rangka partisi karena memiliki banyak kelebihan. Ketebalan yang dimiliki oleh material ini sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan U Runner merupakan bagian dari Metal Stud, dimana rangka ini memiliki bentuk seperti huruf U.

Baca juga: Harga Metal Furing Plafon

Pengertian Metal Stud dan U Runner

Metal Stud merupakan rangka baja ringan yang memiliki fungsi untuk membentuk berbagai partisi ruangan yang bisa dikolaborasikan dengan papan gypsum, papan semen, triplek, dan lain sebagainya. Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan Metal Stud adalah baja dengan kualitas tinggi dan ringan.

Namun kekuatan yang dimiliki oleh baja tersebut tidak kalah jika dibandingkan dengan baja konvensional. Adapun bahan baja ringan yang digunakan sudah dilapisi dengan aluminium zinc sehingga sudah pasti memiliki banyak keunggulan.



Untuk U Runner sendiri merupakan bagian dari Metal Stud System, yaitu sistem partisi rangka metal yang mempunyai sifat-sifat sangat ringan, tahan terhadap api, dan sangat ekonomis. Sistem yang satu ini terdiri dari papan gypsum yang dipasang dengan menggunakan sekrup pada rangka Metal Stud berlapis zincalum dan untuk finishingnya menggunakan sistem compound.

Pada bagian penyambungan papan gypsum supaya menghasilkan permukaan yang hasil dan rata sehingga sesuai untuk desain ruangan. Ukuran ketebalan yang dimiliki oleh  U Runner juga bervariasi yaitu mulai dari 0,35 mm, 0,40 mm, sampai dengan 0,45 mm.

Kelebihan Metal Stud

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Metal Stud memiliki banyak keunggulan yang lebih baik jika dibandingkan dengan partisi konvensional seperti kayu. Adapun beberapa kelebihan Metal Stud adalah sebagai berikut:



  1. Kuat dan Ringan

Karena menggunakan bahan dasar baja ringan yang memiliki daya tarik mencapai 550 MPa (MegaPascal), Metal Stud ini sangat kuat dalam menopang gypsum. Selain mampu menopang gypsum yang sangat tebal, Metal Stud ini juga terbilang sangat ringan. Inilah yang menjadi perbedaan tampak jelas antara Metal Stud dengan partisi konvesional yang terbuat dari bahan dasar kayu, yang dimana rangka konvensional tersebut cenderung lebih berat.

  1. Tahan Api

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan partisi konvensional, maka sudah pasti partisi Anda tidak akan memiliki ketahanan lebih terhadap api. Hal ini karena partisi konvensional dari bahan kayu sangat mudah untuk terbakar. Sedangkan untuk Metal Stud tahan terhadap api karena dibuat dari bahan dasar api, jadi dengan menggunakan partisi ini Anda tidak perlu khawatir lagi masalah api.

  1. Tahan Terhadap Rayap dan Anti Karat

Kelebihan yang dimiliki oleh Metal Stud selanjutnya adalah tahan terhadap rayap dan anti karat. Untuk kelebihan ini tak lain dikarenakan bahan dasar yang digunakan dari baja dan dilapisi dengan aluminium zinc yang memiliki fungsi untuk menahan karat. Sehingga dapat dipastikan bahwa rayap nantinya tidak akan bisa menggerogoti rangka partisi tersebut.

  1. Mudah dalam Pemasangan

Metal Stud memang memiliki sifat ringan sehingga akan memudahkan tukang dalam proses pengerjaannya karena lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Terlebih material ini memang sudah didesain sedemikian rupa supaya lebih praktis dan dapat memudahkan para tukang dalam melakukan pemasangan. Bahkan untuk proses pemasangannya juga sangat mudah dilakukan. Jika pemasangan  Metal Stud ini dilakukan dengan baik dan benar maka strukturnya nanti akan menjadi rigid dan kaku.

  1. Biaya Terjangkau

Harga baja ringan sendiri jauh lebih murah jika dibandingkan dengan material kayu. Hal ini pastinya akan lebih menguntungkan bagi orang-orang yang sedang membangun rumah terutama bagi developer karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Spesifikasi Metal Stud dan U Runner Beserta Harganya





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *