Harga Pasir Bangunan 1 Colt / 1 Truk Terbaru November 2019


Harga Pasir Bangunan – menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam pembangunan, hampir semua hal yang berhubungan dengan sebuah proyek pasir tidak pernah absen dan selalu dibutuhkan mulai dari pembuatan tembok, dasar lantai, dan cor-coran.

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar harga pasir bangunan semua jenis terbaru di tahun 2019.

Beberapa pasir yang sering digunakan oleh masyarakat diantaranya pasir besi, pasir silika, pasir muntilan, pasir beton, pasir putih, pasir semasa, pasir kucing dan masih banyak lagi. Semua jenis pasir diatas bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Soal harga juga tergantung dari kualitas yang anda pilih.

Kalau berbicara soal harga dari pasir bangunan di tahun 2019 ini tergolong stabil namun tetap saja ditentukan oleh beberapa faktor diatas. Meskipun ada kenaikan namun tidak sebesar tahun-tahun lalu, hal itu dikarenakan stok pasir dari daerah penghasil menuju daerah-daerah perkotaan sudah mulai membaik.

Baca juga : Harga Keramik Dinding Terbaru

Pasir biasanya berasal dari tempat yang memiliki jumlah banyak seperti misalnya di daerah lereng gunung berapi. Namun untuk harga perkotaan jelas lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di daerah-daerah dan selisihnya pun juga cukup banyak.

Untuk itu saya sarankan jika ingin membeli pasir dalam jumlah banyak lebih baik datang langsung ke daerah-daerah penghasil tersebut, tapi jangan lupa perhatikan atau hitung juga besaran biaya untuk transportnya.

Harga Pasir Terbaru 2019

Spesifikasi Barang satuan Harga (Rp.)
Pasir Putih Bangka m3 250.000,-
Pasir Putih Bangka pick up 550.000,-
Pasir Putih Bangka truk 1.330.000,-
Pasir Mundu m3 225.000,-
Pasir Mundu pick up 575.000,-
Pasir Mundu ton 3.750.000,-
Pasir Cileungsi truk 1.150.000,-
Pasir Cileungsi m3 185.000,-

Harga Pasir Putih Rangkas

PRODUK SATUAN HARGA
(Rp.)
Pasir Putih 200.000,-
Pasir Putih Colt Diesel (6-7/M³)  
Pasir Putih Truk (22-25/M³)  
Pasir Putih Rangkas 200.000,-
Pasir Putih Rangkas Colt Diesel (6-7/M³)  
Pasir Putih Rangkas Truk (22-25/M³)  
Pasir Hitam Cor 220.000,-
Pasir Hitam Cor Colt Diesel (6-7/M³)  
Pasir Hitam Cor Truk (22-25/M³)

Harga Pasir Putih Cilegon

PRODUK SATUAN HARGA
(Rp.)
Pasir Cilegon 180.000,-
Pasir Cilegon Colt Diesel (6-7/M³)  
Pasir Cilegon Truk (22-25/M³)

Ciri-Ciri Pasir Berkualitas Baik

Seperti yang diketahui, pasir berdasarkan kegunaannya dibagi menjadi 3 jenis, antara lain pasir pasang, pasir cor dan pasir urug. Masing-masing jenis pasir ini memiliki fungsi yang berbeda. Jika ingin memakai untuk plesteran, maka bisa memakai pasir pasang. Pasir jenis ini sering dipakai untuk pemasangan dinding batu bata maupun batako, serta khusus untuk pekerjaan plesteran dinding.

Ada trik khusus untuk mengecek kualitas pasir yang hendak dibeli. Caranya adalah dengan menggenggam pasir tersebut kemudian dilepaskan. Jika pasir yang terjatuh dari genggaman menggumpal, maka bisa dipastikan bahwa pasir tersebut kurang bagus kualitasnya.

Alasannya pasir yang menggumpal mengandung banyak lumpur, tanah dan garang. Sebaliknya, kualitas pasir yang bagus adalah pasri yang pecah dan bertebaran saat dilepas dari genggaman.

Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai bahan bangunan memiliki penilaian tersendiri mengenai kualitas pasir atau agregat halus yang baik. Berikut adalah ciri-ciri pasir yang bagus menurut standar SNI:

  1. Pasir terdiri dari butiran tajam dan keras (indeks kekerasan <2.2).
  2. Pasir mempunyai sifat yang kekal. Jika diuji dengan Natrium Sufat memiliki bagian hancur maksimal 12%. Sementara jika diuji dengan larutan Magnesium Sulfat memiliki bagian hancur maksimal 10%.
  3. Pasir tidak mengandung lumpur lebih dari 5%. Apabila kandungan lumpur lebih dari itu maka pasir harus dicuci.
  4. Pasir tidak boleh mengandung terlalu banyak bahan organik.
  5. Susunan besar butir pasir mempunyai modulus kehalusan antara 1,5 hingga 3,8 dan terdiri dari butir yang beraneka ragam.
  6. Pasir harus mempunyai reaksi negatif terhadap alkali untuk beton dengan keawetan yang tinggi.
  7. Pasir laut tidak boleh dipakai sebagai agregat halus beton, kecuali dengan petunjuk lembaga Pemerintah mengenai bahan bangunan yang diakui.
  8. Agregat halus yang dimanfaatkan untuk plesteran dan spesi terapan harus mempunyai persyaratan pasir pasangan.

Demikian tadi informasi tentang harga pasir 1 colt ataupun harga pasir 1 truk terbaru ini secara lengkap untuk semua jenis pasir, semoga info yang saya sampaikan diatas bisa bermanfaat buat anda dan setidaknya dapat menjadi referensi sebelum anda memutuskan untuk membeli pasir.

Leave a Comment