Biaya Pembuatan Gudang Konstruksi Baja


Pembuatan Gudang Konstruksi Baja – Setiap perusahaan sudah pasti memiliki gudang sebagai tempat untuk penyimpanan persediaan. Gudang yang digunakan pun umumnya mempunyai ukuran luas, supaya nantinya mampu menyimpan persediaan dalam jumlah banyak.

Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan jenis perusahaan manufaktur, yang mempunyai berbagai macam persediaan dengan tipe yang berbeda dan mempunyai bahan baku.

Perbedaan tipe dan bahan baku tersebut penting untuk diketahui karena dijadikan sebagai tolak ukur apakah barang persediaan bisa disimpan dalam sebuah gudang ataukah tidak. Dengan demikian perusahaan harus bisa memperhitungkan berapa jumlah gudang yang dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam persediaan yang berlainan.

Jika perusahaan Anda sedang memiliki rencana untuk membangun suatu gudang maka usahakan untuk menggunakan rangka baja. Hal ini karena rangka baja menawarkan banyak keunggulan. Sehingga tidak hanya digunakan untuk gudang saja, namun juga bangunan lain seperti rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja Per m2

Fakta Menarik dari Bangunan Konstruksi Baja

Konstruksi baja memang bukan hanya untuk bangunan gudang saja, namun juga untuk rumah atau garasi, gedung pencakar langit, dan juga bangunan industri yang lainnya. Ada beberapa hal yang membuat baja menjadi pilihan bangunan yang menarik dari awal sampai akhir, yaitu:

  • Keberlanjutan
  • Keterjangkauan
  • Daya tahan

Sementara itu, beberapa manfaat dari konstruksi baja adalah sebagai berikut:

  1. Lebih Ringan dari Kayu

Sebagai bahan mentah, material baja memang lebih berat jika dibandingkan dengan kayu.  Tetapi setelah dijadikan sebagai konstruksi, konstruksi bangunan yang dibuat dari bahan baja ternyata jauh lebih ringan daripada kayu ataupun beton.

Hal tersebut karena beban mati pada material baja terbilang sangat kecil. Sehingga baja memiliki sifat kompak saat disusun menjadi kerangka konstruksi dan mampu menopang setiap bebannya. Maka dari itu, tak heran jika konstruksi baja selama ini dinilai lebih stabil.

  1. Elastis dan Minim Perawatan

Konstruksi baja mempunyai daktilitas yang tinggi. Yaitu kemampuan baja yang handal untuk bisa menambah panjang dirinya sendiri dalam kondisi yang tertentu sampai putus. Inilah yang membuat konstruksi baja lebih elastis, sehingga dapat dipastikan mampu untuk menopang beban yang lebih berat jika dibandingkan dengan konstruksi kayu ataupun beton.

Selain itu, konstruksi baja juga tidak membutuhkan banyak perawatan untuk digunakan dalam jangka panjang. Jika sejak awal pemasangan sudah dilakukan dengan benar, konstruksi baja akan menjadi awet dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan juga tidak membutuhkan banyak  pergantian ataupun perawatan.

  1. Proses Pembangunan Cepat dan Ekonomis

Konstruksi baja juga mudah untuk masalah pembangunannya. Meskipun sifatnya kaku, tetapi baja sangat simple untuk dibangun. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan beton yang membutuhkan lebih banyak proses dan tenaga, konstruksi baja bisa dibilang lebih sederhana.

Biaya pembangunan gedung menggunakan konstruksi baja juga akan lebih hemat secara signifikan. Hal ini karena proses konstruksi yang terbilang cepat, tidak membutuhkan berbagai bahan tambah, dan proses pengerjaannya yang sederhana sehingga lebih ekonomis. Nilai ekonomis ini juga termasuk masalah perawatan.

  1. Dapat Didaur Ulang

Sisa dari konstruksi baja yang sudah tidak digunakan lagi ternyata juga bisa di daur ulang. Sehingga limbah baja dipastikan tidak akan menumpuk karena bisa dijadikan produk yang serupa atau bisa juga produk lainnya dari bahan dasar baja.

Jika Anda lebih untuk menggunakan konstruksi baja, maka secara tidak langsung Anda sudah berkontribusi untuk mengurangi karbon dalam jangka panjang. Karena baja memang bisa dilakukan daur ulang, dan kebanyakan produk baja konstruksi bangunan yang beredar merupakan hasil daur ulang dari konstruksi yang sebelumnya.

Hal- Hal yang Dapat Mempengaruhi Besaran Biaya Bangun Gudang Per M2

Perlu diketahui ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi besaran biaya bangun gudang per meter, diantaranya:

  1. Jenis Material yang Digunakan

Bahan atau material yang digunakan dalam pembuatan gudang dapat mempengaruhi besaran biaya pembangunan. Seperti yang kita tahu bahwa dalam pembangunan gudang, ada banyak sekali jenis bahan atau material yang bisa digunakan. Semakin tinggi kualitas dan daya tahan material yang digunakan, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk bangun gudang.

Namun hal tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah yang serius. Sebab, ongkos yang perlu dikeluarkan akan sebanding dengan daya tahan bangunan gudang. Material dengan mutu tinggi akan memberikan hasil maksimal dan bagunan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Tingkat Kerumitan dalam Desain Gudang

Hal penting selanjutnya yang dapat mempengaruhi besaran biaya bangun gudang per m2 adalah tingkat kesulitan desain yang digunakan.  Semakin sulit design bangunan yang digunakan maka ongkos yang dibutuhkan juga akan semakin mahal. Terutama untuk gaji tukang, kontraktor pendiri bangunan, dan juga bahan atau materialnya.

  1. Kerataan Tanah atau Lahan

Tingkat kerataan tanah atau lahan juga dapat mempengaruhi harga bangun gudang per meter. Bangunan gudang yang normal pastinya akan selalu dibangun di atas tanah atau lahan yang rata. Mengingat kerataan tanah sudah menjadi keharusan, maka ongkos pembangunan gudang per meter juga akan dipengaruhi oleh tingkat kerataan tanahnya.

Baca juga: Harga Atap Spandek Pasir

Biaya Pembuatan Gudang Rangka Baja

Jika membahas masalah biaya, biaya yang diperlukan untuk membangun gudang rangka baja memang terbilang jauh lebih murah. Jika perusahaan Anda mempunyai barang persediaan yang berbeda dan harus disimpan di tempat yang berbeda, maka pembangunan gudang menggunakan rangka baja merupakan pilihan yang paling tepat.

Sementara itu, rangka baja ternyata juga banyak digunakan sebagai atap rumah. Bahkan perumahan elok sekarang ini kebanyakan sudah memanfaatkan rangka baja sebagai atap. Dengan menggunakan atap dari rangka baja maka dipastikan bangunan akan semakin bermutu dan tahan terhadap segala macam cuaca yang ekstrim. Tak hanya itu saja, rangka baja juga sudah banyak digunakan di  berbagai sekolah dan universitas.

Bagi Anda yang ingin menggunakan konstruksi baja untuk gudang maka kami akan bagikan informasi mengenai biaya pembuatan gudang rangka baja WF lebih dari 100 KG yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi nantinya.

Akan tetapi, harga yang dipatok di setiap wilayah atau daerah tentunya tidak sama. Maka dari itu, Anda bisa melakukan perhitungan yang sesuai dengan ber meter per kilogram struktur bangunan Anda.

No Harga Satuan (Rp) Satuan (per) Pekerjaan Keterangan
A DAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DIBAWAH 10 TON
1            7,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga
2            9,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat
3          28,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat + bahan
4          105,000 m Pekerjaan Atap Zincalume (spandek) tenaga + alat + bahan
B DAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DIATAS 10 TON
1            6,500 kg Konstruksi Baja WF tenaga
2            9,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat
3          27,000 kg Konstruksi Baja WF tenaga + alat + bahan
4          95,000 m Pekerjaan Atap Zincalume (spandek) tenaga + alat + bahan
C DAFTAR HARGA KONSTRUKSI RANGKA ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DIBAWAH 100 M2
1          65,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga
2        240,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga + bahan (canal C)
(tdk termasuk genteng)
D DAFTAR HARGA KONSTRUKSI RANGKA ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DIATAS 100 M2
1          55,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga
2        185,000 m2 Konstruksi Baja WF tenaga + bahan (canal C)
(tdk termasuk genteng)

Harga Bangun Gudang Rangka Baja, Dinding Bata Dan Spandek

Spesifikasi teknis standard :

  • Pondasi tapak (cakar ayam ) 100 x 100 x 40 cm, beton bertulang besi dia 13 mm
  • Sloof ukuran 20/40 tulangan besi dia 13 mm ulir & Cincin 8 mm.
  • Kolom pedestal sebagai dudukan kolom baja WF, ukuran 25 x 35 besi tulangan diameter 13 ulir & Cincin 8 mm.
  • Kolom besi Baja IWF 250 – ukuran baja IWF bisa membesar tergantung bentangan
  • Total tinggi dinding pinggir = 6 meter termasuk Tinggi kolom pedestal +/- 40 – 50 cm.
  • Dinding Bata Ringan setinggi 2 meter dan diplester + aci, Full dinding , Kiri , kanan ,depan belakang
  • Dinding Spandex 0,35 mm diatas bata ringan – warna asli ( jadi total tinggi 2 meter bata ringan dan 4 meter lagi spandex = total 6 meter dinding keliling )
  • Kuda-kuda baja IWF 200 – tergantung panjang bentangan.
  • Gording Atap CNP 125
  • Penutup atap : Spandex 0,35 mm ( tidak berwarna )
  • Lantai :  cor lantai beton Readymix  K225 = tebal 15 cm di trowel halus.
  • Dinding di cat dengan bahan cat VINILEX ( Setara. )
  • Kuda-kuda baja IWF dan gording CNP di cat menggunakan bahan Cat anti karat Zincromate ex KANSAI Green / Grey
  • Pintu gudang ukuran 200 x 400 cm x 2  terbuat dari plat 1 mm rangka besi siku  40 × 40 – sliding buka kiri kanan

Item pekerjaan ini akan di sesuaikan dengan gambar kerja setelah deal tergantung ukuran lebar dan Panjang Gudang yg akan dibuat.

  1. Harga per m2 mulai dari 500 m2 – 1.000 m2 = Rp. 2.600.000,-/  m2
  2. Harga per m2 diatas 1.000 m2                          = Rp. 2.100.000,- / m2
  3. Berdasarkan Luasan lantai – Khusus Jakarta, Tanggerang – Banten – Bogor & Jawa barat
  4. Harga belum termasuk PPn 10 % untuk PKP.

Catatan

  1. Harga Belum termasuk LISTRIK/PLN , Lampu lampu , Air PAM, Gudang Kosong saja.
  2. IMB, izin izin RT / RW dan Ormas lingkungan diurus oleh Pemilik
  3. Harga SUDAH termasuk tiang pancang dia 30 cm (Bored Pile) dalamnya 6 meter
  4. Tinggi dari tanah / lantai luar adalah 15 cm dan belum termasuk urugan tanah untuk peninggian apa bila ingin lebih dari 15 cm
  5. Harga belum termasuk saluran luar dan Parkiran / infrastruktur lingkungan.

Harga Bangun Gudang Rangka Baja, Dinding Full Bata Ringan Keliling

Dengan spesifikasi teknis standard :

  • Pondasi tapak (cakar ayam ) 100 x 100 x 40 cm, beton bertulang besi dia 13 mm
  • Sloof ukuran 20/40 tulangan besi dia 13 mm ulir & Cincin 8 mm.
  • Kolom pedestal sebagai dudukan kolom baja WF, ukuran 25 x 35 besi tulangan diameter 13 ulir & Cincin 8 mm.
  • Kolom besi Baja IWF 250 – ukuran baja IWF bisa membesar tergantung bentangan
  • Total tinggi dinding pinggir = 6 meter termasuk Tinggi kolom pedestal +/- 40 – 50 cm.
  • Dinding Bata Ringan setinggi 2 meter dan diplester + aci, Full dinding , Kiri , kanan ,depan belakang
  • Dinding Spandex 0,35 diatas bata ringan – warna asli ( jadi total tinggi 2 meter bata ringan dan 4 meter lagi spandex = total 6 meter dinding keliling )
  • Kuda-kuda baja IWF 200 – tergantung panjang bentangan.
  • Gording Atap CNP 125
  • Penutup atap : Spandex 35 mm ( tidak berwarna )
  • Lantai : Cor lantai beton Readymix  K225 = tebal 15 cm di trowel halus.
  • Dinding di cat dengan bahan cat VINILEX ( Setara. )
  • Kuda-kuda baja IWF dan gording CNP di cat menggunakan bahan Cat anti karat Zingkromate ex KANSAI Green / Grey
  • Pintu gudang ukuran 200 x 400 cm x 2 terbuat dari plat 1 mm rangka besi siku  40 × 40, sliding buka kiri kanan

Item pekerjaan ini akan di sesuaikan dengan gambar kerja setelah deal tergantung ukuran lebar dan Panjang Gudang yg akan dibuat. Harga FULL Bata Ringan Keliling =

  1. Harga per m2 mulai dari 500 m2 – 1.000 m2 = Rp. 2.800.000,-/  m2
  2. Harga per m2 diatas 1.000 m2 = Rp. 2.300.000,- / m2
  3. Berdasarkan Luasan lantai – Khusus Jakarta, Tanggerang – Banten – Bogor & Jawa barat
  4. Harga belum termasuk PPn 10 % untuk PKP

Catatan

  1. Harga Belum termasuk LISTRIK/PLN , Lampu lampu , Air PAM, Gudang Kosong saja.
  2. IMB, izin izin RT / RW dan Ormas lingkungan diurus oleh Pemilik
  3. Harga SUDAH termasuk tiang pancang dia 30 cm (Bored Pile) dalamnya 6 meter
  4. Tinggi dari tanah / lantai luar adalah 15 cm dan belum termasuk urugan tanah untuk peninggian apa bila ingin lebih dari 15 cm
  5. Harga belum termasuk saluran luar dan Parkiran / infrastruktur lingkungan.

referensi harga: https://www.ciptawijayamas.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya pembuatan gudang konstruksi baja per meter. Kami juga sudah melengkapi pembahasan ini dengan menjelaskan mengenai manfaat dan hal-hal yang dapat mempengaruhi besaran biaya dalam pembuatan gudang konstruksi baja.

Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua, terutama bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari info biaya pembuatan gudang dari konstruksi baja sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai bahan referensi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *