Harga Kusen Dan Pintu Kayu Lengkap Terbaru Juli 2020


Kusen Pintu – Setiap rumah pasti akan membutuhkan yang namanya kusen, di zaman yang serba modern dan instan seperti sekarang kusen tidak lagi terbuat dari kayu namun sudah ada kusen dari aluminium atau besi.

Kusen biasanya dipasang pada pintu atau jendela yang berfungsi untuk mempermudah membuka maupun menutup. Secara umum kusen memang sangat dibutuhkan namun untuk menentukan jenis kusen yang terbaik ternyata cukup sulit dan perlu diperhitungkan dengan baik.

Nah di kesempatan kali ini saya hanya akan membahas mengenai kusen dan pintu kayu saja karena ini merupakan yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Kusen kayu memiliki kelebihan dari segi orisinalitas dan juga harganya yang lebih murah, namun anda juga harus pintar-pintar dalam memilih kusen supaya tetap awet digunakan.

Kusen kayu juga lebih mudah dijumpai karena banyak dijual dipasaran, tapi kalau anda berniat membeli kusen lebih ajak tukang anda untuk kemudian diukur berapa besar kusen yang dibutuhkan sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Harga kusen pintu dan pintu kayu mengikuti perkembangan yang ada dan disini saya mencoba memberikan harga kusen terbaru secara lengkap.

Namun sebelum membahas mengenai harga kusen kayu secara lengkap, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai kusen kayu sehingga nantinya bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli kusen yang sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Kayu Untuk Pembuatan Kusen

Kusen kayu memang mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Maka tak heran jika banyak sekali yang menggunakannya meskipun ketersediaan kusen kayu tak sebanyak kusen alumunium dan harganya juga sangat mahal.

Tetapi anda harus selalu teliti dan jeli dalam memilih beragam jenis kayu yang ingin digunakan sebagai bahan pembuatan kusen. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan karena jenis kayu yang digunakan akan menentukan kualitas kusen nantinya. Semakin baik kualitas kayu tersebut maka kusen juga bisa digunakan dalam jangka panjang. Tetapi dalam hal ini anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Ada banyak sekali jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat kusen. Namun hanya ada 3 jenis kayu dengan kualitas terbaik yang umumnya digunakan untuk kusen, yaitu kayu jati, kayu kamper, dan kayu sengon. Setiap jenis kayu sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Namun untuk kusen kayu dengan kualitas terbaik maka kayu jati berada di posisi paling atas. Hal ini karena kayu jati memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan kayu yang lainnya.

Sebelum memberikan informasi mengenai daftar harga kusen dan pintu kayu terbaru, saya juga akan sedikit meriview kelebihan dan kekurangan menggunakan kusen dari kayu jati, kayu kamper dan kayu sengon. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kusen kayu ini tentunya bisa anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli kusen kayu terbaik. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Kusen Kayu Jati

Kusen Kayu Jati

Menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar dalam pembuatan kusen selama ini banak digemari oleh masyarakat karena memiliki tekstur dan serat yang paling bagus. Bahkan kebanyakan orang menilai bahwa kayu jati merupakan kayu yang paling indah jika dibandingkan dengan berbagai macam jenis kayu yang lainnya.

Jika dijadikan sebagai kusen pintu maka kayu jati ini akan cukup unggul karena kuat, stabil, dan mampu tahan lama. Jenis kayu yang satu ini juga anti jamur dan anti rayap karena memiliki kandungan sejenis minyak yang sangat tidak disukai oleh binatang. Bentuk serat juga berbeda-beda karena tergantung dari lahan penanaman dan proses selama pemotongan. Namun harga kayu jati tergolong sangat mahal.

Baca Juga: Harga Cat Kayu Dan Cat Besi Semua Merk

  1. Kusen Kayu Kamper

Kusen Kayu Kamper

Kayu kamper juga mempunyai kualitas sangat baik dan sering dimanfaatkan sebagai kusen pintu. Namun kualitas terbaik dari kayu kamper hanya bisa anda dapatkan pada kayu yang telah dikeringkan dalam jangka waktu cukup lama.  Kelebihan yang dimiliki oleh kayu kamper adalah memiliki serat yang halus dan padat.

Jenis kayu kamper juga sangat kuat dan mampu bertahan cukup lama meskipun memiliki bobot yang ringan. Namun kayu kamper juga memiliki kekurangan yang dimana akan mengembang apabila berada di udara yang sangat lembab.

  1. Kusen Kayu Sengon

Kusen Kayu Sengon

Jenis kayu sengon juga banyak digunakan dalam pembuatan kusen kayu jendela dan pintu. Kayu sengon memiliki banyak sekali keunggulan, salah satunya adalah memiliki batang yang lurus. Disamping itu, kayu sengon mempunyai sifat ringan dan lurus sehingga dapat dibentuk dengan sangat mudah.

Namun sayangnya, kayu sengon tidak sekuat kayu kamper ataupun kayu jati. Anda pun bisa melihat perbedaannya secara detail dengan cara membandingkan harga antara kusen kayu jati, kusen kayu kamper dan kusen kayu sengon.

Harga Pintu Kayu Dan Kusen Pintu

Harga Pintu Kayu Dan Kusen Pintu

KUSEN KAYU ukuran balok 6/15 HARGA
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANG Rp. 230.000 s/d Rp. 680.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANG Rp. 285.000 s/d Rp. 735.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANG Rp. 350.000 s/d Rp. 950.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG 3 LOBANG Rp. 1.000.000 s/d Rp. 2.800.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 1.100.000 s/d Rp. 2.150.000
KUSEN KAYU ukuran balok 6/12 HARGA
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANG Rp. 250.000 s/d Rp. 700.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANG Rp. 300.000 s/d Rp. 750.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANG Rp. 300.000 s/d Rp. 750.000
HARGA KUSEN LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 1.000..000 s/d Rp. 2.800.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG 3 LOBANG Rp. 1.000.000 s/d Rp. 2.800.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 1.100.000 s/d Rp. 2.200.000
KUSEN DAUN PINTU & DAUN JENDELA HARGA
HARGA DAUN PINTU PANEL KOTAK dll Rp. 600.000 s/d Rp. 1.000.000
HARGA DAUN PINTU PANEL LENGKUNG Rp. 700.000 s/d Rp. 1.200.000
HARGA DAUN JENDELA POLOS + KACA POLOS Rp. 475.000 s/d Rp. 800.000
HARGA DAUN JENDELA BLASUT + KACA POLOS Rp. 450.000 s/d Rp. 750.000

Harga Kusen dan Pintu Kayu JATI

KUSEN KAYU JATI ukuran balok 6/15 HARGA
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANG Rp. 1.600.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANG Rp. 1.700.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANG Rp. 1.820.000
HARGA KUSEN LENGKUNG JALOSI / LOBANG Rp. 1.920.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG 3 LOBANG Rp. 5.225.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 5.550.000
KUSEN KAYU JATI ukuran balok 6/12 HARGA
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANG Rp. 1.550.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANG Rp. 1.650.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANG Rp. 1.755.000
HARGA KUSEN LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 1.820.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG 3 LOBANG Rp. 4.900.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANG Rp. 5.250.000
KUSEN DAUN PINTU & DAUN JENDELA JATI HARGA
HARGA DAUN PINTU PANEL KOTAK dll Rp. 5.600.000
HARGA DAUN PINTU PANEL LENGKUNG Rp. 7.150.000
HARGA DAUN JENDELA POLOS + KACA POLOS Rp. 1.550.000
HARGA DAUN JENDELA BLASUT + KACA POLOS Rp. 2.150.000

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Kayu

Kelebihan Kusen Kayu

  • Kusen kayu memiliki bentuk yang beragam, seperti modern, tradisional, minimalis, klasik dan lain-lain. Kusen yang terbuat dari kayu juga bisa diterapkan pada desain rumah tipe apa saja.
  • Kusen kayu memiliki tampilan yang natural.
  • Pada jenis-jenis tertentu kusen kayu tak kalah kuat. Kusen kayu yang terkenal kuat adalah yang terbuat dari kayu jati, kaper atau ulin yang dibuat lewat proses pengovenan.
  • Dapat diubah bentuknya sesuai desain, seperti lurus atau melengkung.
  • Dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan.

Kekurangan Kusen Kayu

  • Sulit untuk mendapat kayu dengan kualitas yang baik.
  • Mudah dimakan rayap. Sehingga membutuhkan perawatan berkala dengan cat atau coating supaya tetap awet.
  • Dapat menyerap air sehingga volume kayu bisa berubah-ubah. Alhasil pintu dan jendela sulit dibuka karena salah satu bagiannya memuai.
  • Kayu yang dipakai untuk kuda-kuda, gordin, usuk dan reng pada atap bisa mengalami puntir jika kayu yang dipakai kurang berkualitas.
  • Lebih mahal dari aluminium, baik dari biaya proses pembuatan, pemasangan maupun perawatannya.

Terlepas dari kekurangan di atas, kusen kayu tetap bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari kusen. Dengan pengaplikasian yang tepat kusen kayu bisa memperindah nuansa rumah Anda. Akan tetapi jika Anda memilih kusen kayu, jangan lupa soal perawatannya sehingga kusen kayu Anda terhindar dari rayap.

Baca juga : Harga Kayu Kaso, Kamper, Balok, dll Terbaru

Itulah daftar harga kusen kayu yang sudah saya sampaikan dan semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Harga pintu kayu diatas hanya menjadi patokan saja sehingga untuk daerah-daerah lain kemungkinan besar ada perubahan harga meskipun tidak terlalu signifikan.

Leave a Comment