Harga Besi Pipa Hitam Tebal Dan Tipis


Harga Pipa Besi Hitam – Sebagian dari Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan benda bernama pipa. Benda yang memiliki bentuk silinder memanjang ini biasa digunakan sebagai media yang dapat mengalirkan material berupa gas, cair, dan bahkan solid sekalipun. Pengaplikasian pipa dalam kehidupan sehari-hari juga cukup banyak, terutama dalam instalasi air dan listrik.



Sekarang ini pipa yang di jual dipasaran sudah tersedia dalam berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun salah satu jenis pipa yang paling umum digunakan dalam bidang konstruksi dan mekanik adalah pipa besi hitam. Bahkan dalam dunia properti pipa besi hitam ini juga sangat populer.

Apa itu Pipa Besi Hitam?

Pipa besi hitam merupakan salah satu jenis pipa besi yang dibuat dari bahan dasar baja ringan yang masih tergolong dalam kelas rendah. Dinamakan dengan pipa hitam karena keseluruhan warnanya adalah hitam. Besi hitam umumnya dibuat khusus untuk dapat menyalurkan berbagai bahan tambang yang gampang terbakar. Durabilitasnya memang sangat tinggi sehingga sering digunakan dalam bidang konstruksi.

Pipa ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lainnya. Namun untuk masalah kualitasnya tentu tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, pipa besi hitam mempunyai ketahanan yang sangat baik dan mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya sejak masa produksi.

Baca juga: Harga Plat Besi Hitam

Ukuran dan Ketebalan Pipa Besi Hitam



Penggunaan pipa besi hitam bisa dibilang jauh lebih praktis dan efisien. Ukurannya sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk diameter pipa besi hitam ini dibuat tergantung dari pemakaian dan ketebalan dinding pipa. Anda tinggal menyesuaikan penggunaan pipa ini pada paparan yang tergolong rendah ataupun tinggi. Sedangkan ukuran paling kecil dari pipa besi hitam adalah 0.5 inci, dan ukuran yang paling besar mencapai 24 inch.

Sementara untuk shedule atau ketebalan dari pipa besi hitam biasanya dibuat standar dengan penamaan yang sesuai nomor Schedule. Ada 3 jenis penamaan yang digunakan untuk ketebalan pipa besi hitam, yaitu Standard, Extra Strong (XS), dan Double Extra Strong (XXS).

Jadi, penamaan disini bukan dalam ukuran pipa besi yang sesungguhnya. Dan untuk penamaan ketebalan pipa besi sekarang ini menggunakan nomor schedule atau ketebalan mulai dari 5 dan 5S kemudian 10 dan 10S yang dimana kelipatannya adalah 10 (20, 30, 40,) dan juga kelipatan 20 (60, 80, 100).

Kegunaan Pipa Besi Hitam





Leave a Reply

Your email address will not be published.