Harga Pipa Air PVC Berbagai Merk


Pipa PVC kelas O adalah pipa PVC yang dibuat dengan menggunakan metode bi-axial sehingga mempunyai ketahanan dan elastisitas yang jauh lebih kuat. Karena memiliki elastisitas yang sangat baik maka kemungkinan terjadinya keretakan pada pipa juga kecil.



Daya tahan yang dimiliki oleh pipa PVC kelas O ini sangat baik, bahkan mampu menahan beban berat PN-10 hingga PN-12,5 atau 10-12.5 Kg/cm2. Sedangkan untuk masalah instalasinya, pipa PVC kelas O biasanya menggunakan teknik rubber joint.

Baca juga: Harga Tandon Air Stainless Dan Plastik

Sambungan Pipa PVC

Pada umumnya ada 3 tipe sambungan paralon yang biasa digunakan, yaitu sambungan dengan model sok, drat, dan sambungan pipa yang memiliki ukuran besar. Sambungan sok adalah teknik sambungan yang digunakan untuk menyambungkan antara dua atau lebih jenis pipa. Sedangkan sambungan drat digunakan untuk khusus untuk menyambungkan dan memasang pipa pada fitting jenis drat.

Berbeda halnya dengan sambungan pipa yang lebih besar, apalagi jika dibuat dari bahan logam. Jenis ini umumnya menggunakan sambungan baut (flange) sehingga dapat memberikan ksan yang kuat, tidak gampang lepas, dan juga tidak mudah bocor.

Nah, pipa PVC ini memiliki beberapa jenis sambungan yang berbeda. Hal tersebut tergantung dari fungsi dan kebutuhan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa jenis sambungan pipa PVC yang perlu anda ketahui:

  • Elbow PVC atau Knee

Sambungan elbow PVC adalah jenis sambungan pipa PVC yang biasa digunakan oleh para tukang pipa. Sambungan ini lebih populer dengan nama “Knee”, yang dimana memiliki bentuk seperti huruf F dengan dua buah sudut yaitu 45’ dan 90’. Sambungan pipa PVC ini juga mempunyai 3 varian, yaitu elbow drat luar, elbow drat dalam, dan elbow polos.



  • Reducer PVC atau Overloop

Sambungan pipa PVC ini banyak digunakan oleh tukang bangunan yang ada di derah Jawa Timur. Bentuk sambungan yang disebut dengan overloop ini seperti mempunyai leher dengan ukuran diameter yang lebih besar. Hal tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai socket input atau penyambung pipa yang memiliki ukuran lebih besar ataupun lebih kecil.

  • Socket PVC

Sambungan socket PVC memiliki bentuk lurus seperti halnya pipa PVC pada umumnya. Namun mempunyai diameter input yang lebih besar untuk dijadikan sebagai penyambung pipa PVC. Sambungan socket PVC ini dilengkapi dengan 3 jenis varian, yaitu sambungan drat dalam, sambungan drat luar, dan sambungan socket PVC polos tanpa adanya drat.



  • Tee Stuck PVC (T)



Leave a Reply

Your email address will not be published.