Harga Plat Besi Tipis Per Lembar


Harga Plat Besi Tipis Per Lembar – Besi plat atau yang biasa disebut dengan pelat merupakan material dalam bentuk lembaran yang digunakan dalam pembuatan berbagai macam peralatan dan perlengkapan untuk kebutuhan industri seperti mesin dan badan kendaraan alat transportasi.

Selain itu, material ini juga biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai macam kebutuhan peralatan rumah tangga.

Tak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari plat hitam lainnya seperti untuk dudukan material profile dan untuk pembuatan stamping, tangki, dan lain sebagainya. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan material ini sangat disarankan untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan jangan sampai sembarangan dalam memilih kualitas plat hitam. Hal ini karena plat hitam mempunyai fungsi yang vital sehingga harus berhati-hati saat membeli, apalagi jika Anda tergiur dengan harga  murah yang sudah pasti kualitasnya diragukan.

Jika Anda tertarik untuk membuat konstruksi dari bahan plat hitam maka Anda harus memilih bahan yang benar-benar berkualitas. Jangan salah  mengambil keputusan dengan memilih plat besi yang harganya jauh dari harga pasaran.

Untuk masalah harga plat besi sendiri sangat beragam tergantung dari produsen dimana tempat Anda membeli dan kualitas yang dipilih. Semakin berkualitas plat besi yang Anda pilih pastinya akan semakin mahal pula harganya.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Plat Eser

Jenis-Jenis Plat Besi Tipis

Di pasaran ada banyak sekali jenis plat besi tipis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis plat besi tipis tersebut sudah pasti memiliki perbedaan tersendiri. Adapun jenis-jenis plat besi tipis adalah sebagai berikut:

  1. Plat Besi Aluminium

Plat besi aluminium merupakan lembaran plat atau pelat logam yang cukup ringan dan kuat. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis plat besi ini adalah anti karat, tidak mudah untuk terbakar dan pastinya tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Selain itu, jenis plat besi yang satu ini juga sangat mudah untuk dibentuk sehingga cocok sekali digunakan dalam bidang industri terutama dalam kebutuhan advertising.

Plat besi aluminium sendiri terbagi dalam 2 macam, yang pertama adalah aluminium tuang yang mampu menghantarkan listrik dan aluminium tempa yang mempunyai kekuatan tarik. Bahan aluminium juga termasuk konduktor listrik yang memiliki kemampuan untuk menghantarkan listrik dengan baik, sehingga untuk plat aluminium yang umumnya digunakan sebagai bahan dasar dalam industri advertising atau pembuatan reklame akan melalui proses anodizing.

Proses anodizing sendiri merupakan suatu proses yang dimana aluminium tidak mampu menghantarkan listrik yang kemudian dipanaskan dengan tujuan supaya tahan terhadap panas udara atau panas air.

  1. Plat Stainless Steel

Plat stainless steel adalah jenis plat yang biasa digunakan dalam industri otomotif untuk membuat badan kendaraan. Selain itu, plat besi yang satu ini juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam peralatan kebutuhan rumah tangga.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh plat besi tipis dari bahan stainless steel ini. Salah satunya adalah mempunyai kemampuan anti karat yang cukup tinggi. Bahkan banyak sekali produsen industri yang sekarang ini melakukan kombinasi (finishing) untuk bisa menghasilkan plat besi stainless steel yang memiliki kualitas lebih baik.

  1. Plat Besi Baja

Jenis plat besi baja merupakan plat besi tipis yang banyak digunakan sebagai bahan material untuk pembangunan konstruksi. Hal ini karena memang kekuatan yang dimiliki oleh plat besi baja sudah tidak diragukan lagi. Bahkan plat besi ini juga sering digunakan sebagai material untuk menyambungkan struktur profil konstruksi bangunan.

Namun karena baja memiliki sifat yang sangat kuat maka plat besi baja ini sangat sulit untuk dibentuk. Sedangkan untuk masalah harga, plat besi baja di pasaran dijual dengan harga yang cukup mahal untuk setiap perlembarnya.

  1. Plat Besi Kuningan

Plat besi kuningan adalah jenis plat yang merupakan hasil dari campuran antara tembaga dengan seng. Jenis plat yang satu ini sudah pasti lebih kuat dan keras jika dibandingkan dengan tembaga. Namun meski demikian, plat besi kuningan lebih mudah untuk dibentuk walaupun tak sekuat dan sekeras baja.

Warna yang dimiliki oleh plat besi kuningan sendiri sangat beragam, ada yang berwarna coklat kemerahan, dan ada juga yang berwarna gelap kekuningan. Warna tersebut tergantung dari kandungan pencampuran antara tembaga dengan seng.

Baca juga: Ukuran Standar Plat Besi Per Lembar

Harga Plat Besi Tipis

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa harga plat besi tipis di pasaran sangat bervariasi karena ditentukan oleh berbagai hal, seperti jenis, ukuran, dan produsen tempat Anda membeli produk tersebut. Berikut ini kami hargadepo.com akan memberikan daftar harga plat besi tipis terbaru 2021:

Jenis Besi Plat Tebal Ukuran  Harga 
Plat Besi Galvanis 1.0 mm 122 x 244         606,000
1.2 mm 122 x 244         720,000
1.5 mm 122 x 244         894,000
2.0 mm 122 x 244     1,182,000
                    –
Plat Besi Galvanil 0.7 mm 122 x 244         318,000
0.8 mm 122 x 244         357,600
0.9 mm 122 x 244         426,000
1.0 mm 122 x 244         480,000
1.2 mm 122 x 244         510,000
                    –
Plat Besi Hitam 2.0 mm 122 x 244         636,000
1.8 mm 122 x 244         576,000
1.5 mm 122 x 244         474,000
1.2 mm 122 x 244         408,000
1.0 mm 122 x 244         360,000
0.9 mm 122 x 244         318,000
0.8 mm 122 x 244         294,000
                    –
Plat Bordes 2.0 mm 122 x 244         702,000
2.1 mm 122 x 244         732,000
2.3 mm 122 x 244         768,000
3.0 mm 122 x 244     1,068,000

Cara Mengelas Plat Besi Tipis

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang usaha bengkel las yang ada di pinggir jalan atau pengelasan kanopi, pagar, dan lainnya maka penting sekali untuk mengetahui cara mengelas plat besi tipis. Hal ini karena material yang digunakan memiliki ketebalan kurang lebih sekitar 1 sampai dengan 5 mm. Pada proses pengelasan dengan tingkat ketebalan seperti demikian sangat rawan sekali terjadi terjadi lubang jika kita salah dalam mengatur ampere yang ada pada mesin las.

Baca juga: Harga Plat Baja Hitam

Untuk melengkapi pembahasan ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengelas pelat tipis supaya mendapatkan hasil yang lebih baik dan terhindar dari resiko terjadinya lubang. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah caranya berikut ini.

  1. Menggunakan Ampere Kecil

Ampere las merupakan salah satu faktor yang penting untuk digunakan dalam teknik pengelasan. Hal ini karena peningkatan arus dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan panas yang masuk ke daerah lasan. Maka dari itu, gunakan ampere yang tidak terlalu tinggi atau disarankan untuk menggunakan arus las kurang lebih 40 A sampai 60 A. Tujuan utamanya tak lain supaya terjadinya bolong pada benda kerja bisa dihindari dan mendapatkan hasil bagus.

  1. Menggunakan Diameter Elektroda Kecil

Diameter elektroda adalah parameter pengelasan yang juga penting untuk diperhatikan. Sebab, jika diameter kawat las yang digunakan semakin kecil maka arus yang digunakan juga akan semakin kecil. Jika Anda mengelas plat besi tipis usahakan untuk menggunakan diameter elektroda sebesar 1,2 2.0 mm atau 2.6 mm. Pemilihan diameter juga bisa disesuaikan dengan deposit las yang diinginkan.

  1. Hindari Pengelasan Secara Kontinyu

Supaya terhindar dari terjadinya lubang ketika mengelas plat tipis, maka jangan sampai Anda mengelas secara terus menerus. Cara mengelas yang paling tepat hanyalah beberapa detik saja kemudian langsung dimatikan, lalu mengelas kembali dan dimatikan lagi, lakukan hal ini sampai selesai. Jika mengelas nyala lalu mati secara bergantian akan membuat masukan panas ke material sedikit dikurangi karena material bisa cepat dingin ketika busur las mati.

  1. Mengelas Secara Intermittent

Pengelasan secara intermittent dalam hal ini berarti bahwa pengelasan tidak dilakukan secara kontinyu. Misalnya saja jika Anda ingin melakukan pengelasan dengan material sepanjang 1 meter, maka perlu dilakukan pengelasan sepanjang 10 cm. Lalu untuk memulai pengelasan  selanjutnya harus diberi jarak sekitar 15 cm lalu dilas lagi, lakukan hal ini sampai selesai.

Teknik mengelas intermittent juga memiliki fungsi untuk menghindari terjadinya deformasi pada material atau benda kerja. Apabila Anda masih kurang paham maka silahkan lihat hasil dari pengelasan intermittent pada gambar di atas.

  1. Mengelas dengan Cepat

Saat mengelas besi hollow harus secara cepat, tujuannya tak lain untuk mengurangi masukan panas secara berlebih pada material. Dengan demikian akan terhindar dari terjadinya lubang, atau Anda bisa juga mencoba parameter lasnya pada besi hollow yang sudah tidak digunakan. Apabila sudah sesuai maka bisa mengelas langsung pada material kerja.

  1. Rutin Melakukan Latihan Pengelasan

Mengelas adalah suatu kemampuan yang harus dilatih secara rutin. Jika sudah dilakukan secara rutin maka sudah pasti akan terbiasa, kemampuan akan semakin meningkat dan mendapatkan parameter las yang sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki kemampuan mengelas plat tipis dengan baik usahakan untuk latihan secara rutin.

  1. Mengikuti Pelatihan Mengelas

Jika Anda sudah mencoba tips mengelat plat tipis yang kami sampaikan di atas namun tetap mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena Anda masih bisa mengikuti program pelatihan untuk tukang las atau welder training. Sedangkan untuk tempat pelatihannya maka Anda bisa langsung daftar di Balai Latihan Kerja (BLK) atau bisa juga lembaga sertifikasi welder yang berada di daerah Anda.

  1. Menggunakan Las Argon (TIG)

Jika Anda memiliki peralatan las TIG atau yang biasa disebut dengan las argon, Anda bisa menggunakan alat tersebut. Hal ini karena las argon sangat cocok sekali untuk teknik las plat tipis yang memiliki tebal sekitar 1 mm. Maka tak heran jika las ini banyak digunakan untuk mengelas kerangka sepeda, rangka mobil, dan juga produk yang menggunakan plat tipis.

Referensi:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *