Harga Dan Ukuran Plat Bordes Per Lembar


Harga Dan Ukuran Plat Bordes – Bagi Anda yang bekerja dalam konstruksi bangunan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya plat bordes. Material yang satu ini memang sering dibutuhkan dalam berbagai industri atau konstruksi bangunan karena memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan material sejenis yang lainnya.



Plat bordes sendiri merupakan salah satu jenis plat baja yang memiliki ketebalan sangat bervariasi. Meskipun umumnya dibuat dari bahan baku besi atau baja, namun ada juga produsen yang membuat plat bordes dari bahan aluminium atau stainless. Berbagai macam bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan plat bordes tentunya akan mempengaruhi harga.

Ukuran standar plat bordes adalah 1,2 meter x 2,4 meter dan memiliki kontur bergelombang. Jenis plat yang satu ini juga biasa disebut sebagai plat berlian, plat lantai, dan plat kembang. Beberapa nama tersebut merujuk pada motif yang dimilikinya, yang terlihat seperti cakar ayam ataupun bunga.

Baca juga: Harga Plat Besi Esser

Ukuran Plat Bordes

Plat bordes memiliki ukuran dan ketebalan yang bervariasi untuk memenuhi fungsinya masing-masing. Adapun ukuran yang dimiliki oleh plat bordes baja adalah 120 cm x 240 cm dengan ukuran ketebalan yang bervariasi mulai dari 2,3 mm sampai dengan 9 mm. Selain itu, plat bordes juga mempunyai berat yang beragam mulai dari 59 kg hingg 215 kg.

Sementara itu, untuk plat bordes dari bahan alumunium mempunyai ukuran yang lebih bervariasi. Plat bordes aluminium umumnya berukuran 100 x 200 cm dan 120 x 240 cm dengan ukuran ketebalan sekitar 1,2 mm sampai 4 mm. Plat bordes dari bahan aluminium ini lebih diminati karena harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan plat bordes dari bahan baja. Meskipun demikian, kedua jenis plat bordes tersebut tetap memiliki fungsi yang sama.



Fungsi Utama Plat Bordes

Plat yang memiliki bagian permukaan bergelombang ini memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Adapun beberapa fungsi utama dari plat bordes adalah sebagai berikut:

  1. Untuk Kendaraan

Jika Anda sering menggunakan alat transportasi seperti bus, tentunya pernah menjumpai lantai bagian bawah saat menaikinya. Jika iya maka itulah yang dinamakan dengan plat, dimana plat ini memang biasa dimanfaatkan pada tranportasi seperti bus.  Namun plat bordes pada bus seringkali diinstal sendiri oleh pemiliknya supaya penumpang tidak jatuh ketika bus sedang berjalan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.