Harga Dan Ukuran Plat Strip Aluminium


Plat Strip Aluminium – Ada banyak sekali bahan bangunan yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi. Salah satunya adalah plat strip yang memiliki banyak fungsi untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk konstruksi, transportasi, permesinan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Material plat strip ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko bangunan.



Sebagian dari Anda terutama yang bekerja dalam dunia konstruksi mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk yang dimiliki oleh plat strip ini. Namun tak jarang, ada juga orang yang masih belum mengetahui dengan jelas bagaimana  bentuknya. Maka dari itu, kami disini akan memberikan penjelasannya untuk Anda. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Harga Plat Strip Stainless Steel

Macam-Macam Plat Strip

Di Indonesia sendiri plat strip banyak diproduksi oleh pabrik krakatau steel yang umumnya dalam bentuk gulungan coil dari bahan baja kuat. Jika Anda ingin menggunakan plat strip maka usahakan untuk memilih material yang pas dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa jenis plat plat strip yang perlu Anda ketahui sebelum membeli:

  • Plat Hitam atau Base Plate

Plat hitam atau yang biasa disebut dengan base plat ini memiliki dimensi seukuran tripleks, yaitu 122 x 244 (cm) atau 4 x 8 (feet). Sedangkan untuk variasi ketebalan yang dimilikinya mulai dari 1,2 mm sampai dengan 200 mm. Pada struktur baja profil,  plat ini hitam ini banyak digunakan sebagai penguat. Namun juga banyak diaplikasikan sebagai dudukan material profil, bahan dasar pembuatan tangki, dan lain sebagainya.

  • Plat Kapal



Plat kapal merupakan salah satu jenis plat yang biasa digunakan dalam berbagai macam instalasi kapal. Jenis plat ini juga sering digunakan sebagai material konstruksi dan fabrikasi dalam pembuatan tangki atau sejenisnya.

Plat kapal memiliki  ukuran yang lebih panjang dan lebar. Ukuran panjangnya sekitar 6.000 mm dan memiliki dua ukuran lebar, yaitu 1.500 mm dan 1.800 mm. Jika dibandingkan dengan jenis plat yang lainnya, plat kapal memiliki ketahanan yang sangat baik terutama terhadap korosi.

  • Plat Strip atau Strip Plate

Plat strip atau strip plate ini memiliki bentuk seperti kayu dengan ukuran panjang standar mencapai 6 meter, dan panjangnya sendiri sangat bervariasi mulai dari 19 mm sampai dengan 200 mm. Sedangkan untuk variasi ketebalan plat mulai dari 3 mm sampai dengan 12 mm. Plat strip umumnya digunakan sebagai material pagar, teralis pintu atau jendela, dan berbagai macam konstruksi pengaman yang lainnya. Kelebihan utama yang dimiliki oleh plat strip ini adalah bisa mudah ditekuk dengan las.



  • Plat Aluminium

Plat aluminium merupakan salah satu bahan logam yang sangat ringan dan kuat. Material yang berupa lembaran ini sangat mudah diproses dalam berbagai macam kebutuhan. Plat aluminium memiliki keunggulan yang tahan terhadap segala macam cuaca dan bahkan sulit terbakar.  Sehingga cocok sekali jika digunakan di wilayah tropis seperti di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *