Harga Polycarbonate Per Meter Terbaru September 2020


Atap Polycarbonate – Di kesempatan kali ini kami  akan memberikan informasi tentang daftar harga atap Polycarbonate terbaru untuk tahun 2020 yang semoga saja bisa menjadi pandangan untuk anda sebelum ke toko bangunan.

Ada banyak jenis Polycarbonate / atap fiber yang beredar di Indonesia mulai dari kualitas rendah sampai yang terbaik.

Bahan Polycarbonate biasanya dipakai dalam pembangunan terutama di halaman rumah untuk parkiran mobil atau motor, selain itu Polycarbonate juga dapat digunakan sebagai taman kecil karena desainnya yang memang dibuat cerah dan menarik.

Polycarbonate dibuat transparan sehingga cahaya bisa masuk ke bawah namun tetap kuat.

Sekarang ada banyak jenis polycarbonate yang berkualitas bagus dari berbagai merek sehingga anda tidak perlu khawatir lagi salah pilih dalam membeli Polycarbonate.

Nah Soal harga dari Polycarbonate sendiri memang bervariasi tergantung ukurannya apakah 5 mm, 6 mm , 4,5 mm atau yang lebih besar lagi.

Baca juga : Harga Atap Galvalum Dan Seng Gelombang

Dan juga Polycarbonate ini juga sudah memiliki standart internasional untuk solarlite, lexan easy clean, x-lite atau x-lite crystallize. Namun kalau anda tidak suka dengan polycarbonate yang transparan maka bisa juga memilih yang lebih gelap atau warna lain sesuai dengan keinginan anda.

Sebenarnya Polycarbonate tidak hanya digunakan di atap saja namun juga penutup pagar besi, biasanya yang digunakan di pagar lebih ringan dan tipis sehingga bisa disesuaikan dengan bentuk dari pagar itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate

Meredam radiasi matahari

Material ini dapat memberikan perlindungan dari hujan maupun sinar matahari. Sehingga ruang di bawahnya tetap terang dan kering.

Dicetak dalam bentuk lembaran

Polycarbonate biasanya dijual dalam bentuk lembaran. Ukurannya sekitar 18,8 m x 2,1 m. Selain itu juga ada yang dijual dalam satuan meter persegi. Sementara ketebalannya mulai 5 mm, 6 mm hingga 10 mm.

Pemasangan mudah

Material  ini mudah diaplikasikan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Prosesnya sederhana dan cepat dibanding pemasangan material sejenis lainnya.

Harga mahal

Kekurangan Polycarbonate terletak pada harganya yang mahal. Sehingga perlu berpikir dua kali untuk memanfaatkan material ini jika dana terbatas.

Sulit dibersihkan

Pada proses pemasangan, atap direkatkan dengan selotip supaya tidak menimbulkan rongga. Jika berongga, maka akan memunculkan jamur yang sulit untuk dibersihkan.

Cara Memasang Atap Polycarbonate

Cara Memasang Atap Polycarbonate

Untuk pemasangan atap Polycarbonate harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini karena setiap langkahnya sangat dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian ekstra. Meskipun terlihat sangat mudah tetapi banyak orang yang salah dalam melakukan pemasangan atap Polycarbonate. Adapun cara memasang atap Polycarbonate yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa derajat kemiringan permukaan rangka atap jangan sampai kurang dari 5 derajat.
  2. Potonglah lembaran atap Polycarbonate dengan menggunakan sebuah dalam pemotong seperti gerinda, atau bisa juga gunting besi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi Anda bisa menggunakan silet cutter yang memiliki ukuran besar.
  3. Jika pemotongan sudah selesai dilakukan maka lembaran Polycarbonate bisa dipasang secara langsung menggunakan pengencang anti karat di setiap struktur atap. Proses ini dilakukan dengan membuat lubang di lembaran Polycarbonate yang memiliki ukuran 2 mm untuk penempatan pengencang. Untuk masalah jumlah penggunaan pengencang harus anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Jika tahap pemasangan sudah selesai dilakukan maka bagian ujung Polycarbonate bisa ditutup dengan menggunakan selotip kedap air. Kemudian bisa anda tambahkan profil U agar selotip kedap air tersebut tertutup.
  5. Agar setiap potongan lembaran atap Polycarbonate bisa digabung maka anda bisa menggunakan profil H. Profil H yang bisa digunakan Anda bisa memilih yang berbahan Polycarbonate atau bisa juga bahan alumunium.
  6. Selanjutnya gunakan gasket karet Neoprene untuk dijadikan sebagai bantalan, antara rangka atap dengan Polycarbonate. Jangan sampai anda menggunakan gasket yang terbuat dari bahan dasar PVC yang sangat keras.
  7. Gunakan sealent untuk dapat menutup sambungan-sambungan pada lembaran atap Polycarbonate, untuk menutup celah yang tentunya bisa menjadi penyebab terjadinya rembesan air. Tetapi anda harus memilih sealent yang sesuai dengan unsur-unsur Polycarbonate, supaya tidak menimbulkan kerusakan pada material atap Polycarbonate.

Harga Polycarbonate Per Meter Terbaru 2020

Harga Polycarbonate

Merk Tebal Ukuran Harga
Twinlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.200.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.480.000,-
10 mm 2,1 m x 11,8 m 3.500.000,-
Lexan Easy Clean 6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.760.000,-
X-Lite 4,5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.315.000,-
Duromax 4,8 mm 2,1 m x 11,8 m 1.670.000,-
Solarlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.770.000,-
GE Carboron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.870.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.150.000,-
Polykron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.050.000,-
Global 4,2 mm 2,1 m x 11,8 m 1.225.000,-
4,5 mm 2,1 m x 11,8 m  1.395.000,-
De’Light 4 mm 2,1 m x 11,8 m 1.055.000,-

Harga Sambungan Polycarbonate

Spesifikasi Barang Ukuran Harga
Profil “H” warna hitam untuk sambungan 6 m 75.000,-
Profil “H” warna putih untuk sambungan 6 m 68.000,-
Profil “U” warna putih/silver untuk sambungan 6 m 25.000,-
Profil “U” warna hitam untuk sambungan 6 m 32.000,-
Profil Omega warna putih untuk sambungan 6 m 47.000.-

Baca juga: Harga Atap Spandek

Tips Memilih Atap Polycarbonate

Tips Memilih Atap Polycarbonate

Saat hendak membeli atap Polycarbonate, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih atap Polycarbonate agar sesuai kebutuhan:

  • Kekuatan dan Daya Tahan. Tekan lembaran material Polycarbonate dengan kuat. Jika misalnya terjadi penyok ataupun timbul lendutan di bagian rongga Polycarbonate maka kualitas material tersebut kurang baik. Hal ini karena material Polycarbonate yang berkualitas sudah pasti tahan terhadap berbagai benturan dan tekanan.
  • Perlindungan Sinar UV. Polycarbonate yang memiliki kualitas baik umumnya dilengkapi dengan lapisan UV Protection. Lapisan tersebut berguna untuk memantulkan panas, tetapi masih tetap menghantarkan cahaya. Anda bisa mencoba untuk membawa lembaran Polycarbonate dibawah terik cahaya matahari dan bisa diletakkan tepat di atas kepala. Apabila terik cahaya matahari sama menyengatnya dengan tanpa menggunakan material Polycarbonate maka dapat dipastikan bahwa Polycarbonate tersebut memiliki kualitas buruk.
  • Pilih Sesuai Kebutuhan. Material Polycarbonate memiliki jenis yang sangat bervariasi Dengan demikian anda bisa memilih sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bangunan.
  • Kesesuaian Warna. Usahakan untuk memilih atap Polycarbonate yang mempunyai warna senada jika dikombinasikan dengan warna dinding rumah anda.
  • Perhatikan Jaminan Garansi. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan. Jika Polycarbonate digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka anda harus mempertimangkan masalah jangka waktu garansi diberikan jika misalnya terjadi kerusakan yang buka merupakan kesalahan dalam pemasangan.

Demikian tadi informasi tentang daftar harga Polycarbonate terbaru 2020 yang semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, perlu dicatat harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung di daerah mana anda membelinya.

Jadi jangan heran kalau harga Polycarbonate di kota besar seperti Jakarta atau Bandung lebih mahal dibandingkan di daerah-daerah.


Leave a Comment