Harga Dan Ukuran Reng Baja Ringan


Harga Dan Ukuran Reng Baja Ringan – Tak hanya rangka baja ringan saja yang semakin diminati oleh masyarakat untuk membuat atap rumah rumah. Reng dengan bahan yang sama kini juga mulai banyak dilirik karena memiliki banyak kelebihan.



Material ini juga sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko bahan bangunan ataupun situs jual beli online. Untuk harganya sendiri sangat beragam tergantung dari ukurannya.

Reng baja ringan memang menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan reng kayu.  Seperti yang kita tahu bahwa material kayu sendiri memang memiliki beberapa kelemahan, seperti kualitas bahan yang tidak merata, rawan lapuk yang disebabkan oleh serangan rayap, mudah menuai atau menyusut jika terjadi perubahan cuaca, mudah terbakar, dan sumber daya kayu di alam juga semakin langka.

Kelemahan tersebut tentu tidak akan Anda dapatkan jika Anda lebih memilih untuk menggunakan reng baja ringan. Meskipun reng baja ringan masih belum banyak dikenal, namun reng ini bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi terbaik dalam pembangunan rumah karena keunggulannya.

Baca juga: Harga Baja Ringan Taso Per m2

Apa Itu Reng Baja Ringan?

Reng baja ringan atau yang biasa disebut sebagai profil B merupakan salah satu jenis baja ringan yang memiliki fungsi untuk meletakkan genteng atau penutup bangunan rumah. Selain itu, reng baja ringan juga bisa digunakan untuk mengikat rangka kuda-kuda konstruksi atap.



Bentuk reng baja ringan adalah trapesium yang memiliki ukuran ketebalan sangat bervariasi, yaitu mulai dari 0.40 mm hingga 0.45 mm. Sedangkan untuk tinggi profilnya yaitu sekitar 28 mm sampai dengan 40 mm. Semakin tinggi profil reng baja ringan, maka sudah pasti tumpuan akan menjadi semakin kuat dan kokoh. Reng baja ringan dibuat dari bahan plat baja yang lebih tipis jika dibandingkan dengan jenis atau profil baja ringan yang lainnya. Inilah yang membuat harga reng baja ringan jauh lebih murah.

Ukuran Reng Baja Ringan

Untuk ukuran reng baja ringan terbagi dalam menjadi dua, yaitu ukuran ketebalan dan ukuran tinggi profil. Ukuran ketebalan reng baja ringan pada umumnya yaitu 0.45 mm. Namun meskipun demikian, ada pula reng yang memiliki ukuran ketebalan sekitar 0.40 mm sampai dengan 0.60 mm. Sementara untuk tinggi profil yang dimiliki oleh reng baja ringan juga bervariasi, yaitu mulai dari 28 mm, 30 mm, 31 mm, 40 mm, 70 mm, sampai dengan 100 mm.

Spesifikasi dari reng baja ringan juga dapat mempengaruhi daya tahan rangka dalam menopang atap bangunan. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa semakin tinggi spesifikasi dari reng baja ringan pada profilnya, maka akan semakin kuat dalam menopang beban yang berasal dari genteng.

Jenis-Jenis dan Manfaat Baja Ringan

Sama halnya dengan bahan bangunan pada umumnya, reng baja ringan juga terbagi dalam berbagai jenis dengan karakter dan kualitas yang berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dalam proses pembangunan. Adapun jenis-jenis reng baja ringan adalah sebagai berikut:



  1. Baja Ringan Kaso atau Trus

 

Baja ringan kaso atau trus berfungsi sebagai kaki dan tiang utama dalam sebuah konstruksi. Kaso sendiri mempunyai dua profil, yaitu W dan C. Perbedaan kedua profil tersebut ada pada ukurannya, yang dimana profil W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan profil C.

Untuk penggunaannya tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dengan begitu tidak akan banyak sisa yang terbuang percuma. Daya tahan yang dimiliki juga cukup lama bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Selain itu, cara penggunaannya terbilang sangat simple sehingga tidak akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaannya.

  1. Baja Ringan Profil B

Baja ringan ini dibuat dari bambu kemudian diolah hingga sedemikian rupa sampai bisa dijadikan sebagai penopang genteng ketika proses dalam pembuatan atap. Bahkan biasanya juga memakan banyak waktu untuk bisa mendapatkan hasil yang mampu tahan lama karena harus direndam dalam air terlebih dahulu.

Namun sekarang ini sudah hadir reng baja ringan profil B untuk dijadikan sebagai penggantinya, proses pembuatannya pun juga sangat singkat. Tampilannya memang sangat tipis namun untuk masalah ketahanan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bentuknya seperti trapesium sehingga membuat penampilannya terlihat sangat bagus dan modern.



  1. Baja Ringan Taso

Baja ringan taso memiliki bentuk yang hampir sama dengan huruf A, jika dilihat dari sisi luar akan nampak seperti balok dengan ukuran kecil yang memiliki fungsi sebagai pengikat profil B. Hal tersebut dibutuhkan untuk membentuk rangka atap supaya semakin kuat dan kokoh.

Disamping itu, taso juga digunakan sebagai pengikat kuda-kuda dan memperkuat gording untuk memudahkan dalam penempatan bagian permukaan atap. Ukurannya juga tipis sehingga tampilan bangunan akan terlihat lebih modern.

Keunggulan Reng Baja Ringan

  1. Memiliki Sifat Liat dan Tangguh

Reng baja mempunyai sifat liat, hal ini berarti sangat fleksibel tetapi tetap tangguh. Meskipun diterpa oleh beban yang cukup berat, rangka seng baja ringan tetap bisa berdiri kokoh. Bahkan reng baja ringan juga mudah untuk dipindah maupun digeser. Material yang satu ini juga tidak akan mudah rusak ataupun hancur jika mendapat tekanan berlebih.

  1. Memiliki Bentuk yang Seragam karena Produksi Pabrik

Proses produksi reng baja ringan dilakukan di pabrik, sehingga untuk masalah kualitas bahan ukuran ataupun panjangnya sudah pasti konsisten atau seragam sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian maka akan mendapatkan hasil akhir yang nampak rapi dan mempunyai kekuatan yang sama.

  1. Anti Rayap dan Karat

Keunggulan paling nampak yang dimiliki oleh reng baja ringan daripada reng kayu adalah kemampuannya dalam menghalau serangan rayap. Seperti yang diketahui bahwa rayap memang tidak akan bisa mengonsumsi kerangka baja, inilah yang membuat material ini mampu tahan lama dan awet.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *