Harga Spandek Transparan, Pasir Dan Flat


Harga Spandek Pasir, Flat Dan Transparan Di jaman yang modern seperti saat ini ada banyak sekali jenis variasi atap untuk rumah yang digunakan oleh masyarakat, jika dulu kita hanya melihat atap rumah terbuat dari genteng, seng, asbes atau cor saja namun sekarang ada beberapa varian lain yang lebih menarik.

Salah satunya adalah atap spandek yang dibandingkan dengan atap jenis lainnya spandek terlihat lebih modern dan berkelas karena bentuknya dibuat mirip seperti genteng namun dicat dengan bentuk atau warna yang lebih keren.

Atap spandek sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan di perumahan saja namun juga di perkantoran, pertokoan, ruko dan masih banyak lagi yang sekarang mulai memakai atap jenis ini.

Selain memiliki banyak varian atap spandek juga mudah dipasang karena terbuat dari bahan yang cukup ringan jadi untuk pemasangannya sendiri anda tinggal menyesuaikan berapa luas dari atap yang dibutuhkan.

Atap spandek

Atap spandek terbuat dari zincalume atau bahan besi yang masih berbentuk lembaran polos kemudian dengan menggunakan alat khusus dibentuk menyerupai genteng namun berbentuk lebar dan diberi warna menarik, karena terbuat dari baja yang ringan kelebihan dari atap ini adalah tidak mudah pecah, anti karat, pemasangan yang mudah, ringan dan tentu saja tahan lama.

Sementara itu untuk kekurangnnya sendiri cukup banyak, salah satunya jika atap spandek ini terkena benda maka akan menimbulkan suara yang keras dan selain itu ketika turun hujan lebat akan terdengar sangat berisik.

Baca juga: Cara Memilih Atap Spandek Pasir

Ukuran Atap Spandek

Ukuran Atap Spandek

Atap spandek tersedia dalam berbagai macam ukuran. Ukurannya sangat bervariasi sehingga akan memudahkan anda untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan bangunan. Berikut ini adalah beberapa macam ukuran atap spandek yang bisa anda pilih:

  • Atap Spandek Berukuran Tebal 0,30
  • Atap Spandek Berukuran Tebal 0,35
  • Atap Spandek Berukuran Tebal 0,40
  • Atap Spandek Berukuran Tebal 0,45
  • Atap Spandek Berukuran Tebal 0,50

Setiap ukuran atap spandek tersebut sudah pasti dijual dengan harga yang berbeda-beda. Nah, bagi anda yang ingin membeli atap spandek ini maka kami sarankan untuk menghitung kebutuhan atap terlebih dahulu. Pilih atap spandek yang sesuai dengan selera anda masing-masing karena atap ini mempunyai banyak sekali variasi, baik itu masalah warna ataupun jenisnya.

Jenis Atap Spandek

Jenis Atap Spandek

Atap spandek memiliki banyak sekali jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis atap spandek jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya:

  1. Atap Spandek Zincalume
  2. Atap Spandek Galvalum
  3. Atap Spandek Pasir
  4. Atap Spandek Lapis Foil
  5. Atap Spandek Peredam Kedap Suara
  6. Atap Spandek Warna
  7. Atap Spandek Laminasi
  8. Atap Spandek Kliplok
  9. Atap Spandek Transparan

Selain berdasarkan bahan dasar pembuatannya, jenis atap spandek juga dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis atap spandek berdasarkan bentuknya:

  1. Atap Spandek Gelombang Kecil
  2. Atap Spandek Gelombang Besar
  3. Atap Spandek Gelombang Lengkung Atau Bending
  4. Atap Spandek Kliplok ( Cliplock)

Pilihan Merk Atap Spandek Terbaik dan Berkualitas

Di Indonesia sekarang ini ada banyak sekali pabrik yang menyediakan produk atap spandek dengan harga terjangkau. Jika Anda sedang mencari atap spandek untuk bangunan Anda, Anda bisa memilih salah satu merk terbaik dengan kualitas bagus. Berikut ini kami memberikan rekomendasi beberapa merk atap spandek terbaik yang bisa Anda pilih:

  1. Mega Baja

Mega Baja merupakan salah satu supplier besi baja yang menjual atap spandek dengan harga murah tetapi berkualitas. Perusahaan ini sudah melayani berbagai klien sejak 20 tahun yang lalu. Jangkauan pengirimannya sangat meluas hingga seluruh wilayah diIndonesia. Mega Baja kini menjadi toko atau distributor baja ringan terbaik di Indonesia, sehingga tak heran banyak orang yang mencari atap spandek dengan mek mega baja.

  1. Kencana

Kencana merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi atap. Awal mulanya, perusahaan Kencana hanya menyediakan atap metal. Namun sekarang ini telah mengalami perkembangan dan melayani berbagai macam atap termasuk atap spandek.  Kencana sudah berdiri sejak tahun 1991 dan berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Bluescope

Bagi Anda  yang sedang mencari atap spandek terbaik, Anda bisa memilih produk dari Bluescope. Bluescope adalah salah satu produsen baja berkelas Internasional. Bluescope bahkan sudah melayani banyak klien dari berbagai negara seperti Selandia Baru, Australia, Amerika, Kepulauan Pasifik, dan Asia. Banyaknya klien tersebut membuktikan bahwa kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

  1. Lysaght

Lysaght adalah salah satu produk dari perusahaan Blueoscope yang merupakan pelopor penggunaan teknologi pelapisan baja. Lysaght mempunyai pengalaman dan kompetensi yang cukup baik dalam memproduksi produk bangunan seperti atap spandek. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dengan harga terjangkau.

  1. Prima

Atap spandek prima adalah sebuah produk atap yang diproduksi oleh PT Alam Baja Nusantara. Perusahaan ini memiliki komitmen untuk memproduksi produk berkualitas dalam bisnis baja ringan. Hal ini terbukti karena produknya sudah memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia).

  1. Majadeck

Produk spandek dari Majadeck menjadi salah satu atap yang sangat terkenal kualitasnya. Semua produknya memang memiliki kualitas tinggi dengan berbagai macam bentuk gelombang. Ukuran ketebalan yang disediakan juga cukup bervariasi. Harga atap spandek dari merk majadeck bisa dibilang sangat ekonomis dan lebih murah dibanding merk lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Sama seperti atap-atap lainnya, atap spandek memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Sebelum membeli, tidak ada salahnya untuk mengetahui plus dan minus suatu material. Berikut adalah kelebihan kekurangan atap spandek.

Kelebihan Atap Spandek

kelebihan atap spandek

Warna yang Variatif

Atap spandek memungkinkan kita untuk mengaplikasikan warna sesuka hati. Di sisi lain produsen biasanya sudah menyediakan atap spandek dengan beragam warna yang menarik.

Daya Tahan Baik

Atap spandek memiliki daya tahan yang terbilang baik dan awet dipakai hingga berpuluh-puluh tahun. Alasannya adalah perpaduan komposisi yang tepat antara bahan dasar aluminium dan seng yang bisa membuatnya kokoh dan kuat.

Anti Pecah, Keropos dan Rayap

Atap jenis ini memiliki ketebalan sekitar 0,3 mm sampai 0,5 mm yang tergolong tipis. Akan tetapi atap ini tetap kokoh, kuat dan dapat bertahan lama. Selain itu atap spandek terkenal anti pecah, anti keropos, anti retak dan anti rayap.

Harga Terjangkau

Ini menjadi keunggulan yang menarik hati dari atap spandek. Atap ini lebih terjangkau dibandingkan material-material lain yang ada di pasaran. Harga atap spandek menyesuaikan ketebalan dari material itu sendiri.

Mudah Dipasang

Atap spandek terbilang mudah untuk dipasang. Di samping itu juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pemasangannya. Sehingga lebih hemat tenaga. Rahasianya atap spandek tidak memerlukan struktur rangka yang rumit.

Kekurangan Atap Spandek

kekurangan atap spandek

Bising Saat Hujan

Kekurangan ini menjadi poin yang perlu dipertimbangkan. Saat hujan tiba, atap spandek menimbulkan suara gemericik yang bisa terdengar hingga dalam rumah.

Menyebabkan Panas di Dalam Ruangan

Atap spandek dapat menyerap sinar matahari karena tergolong konduktor panas yang baik. Hal ini membuat atap spandek menimbulkan panas saat siang hari. Maka dari itu atap ini lebih banyak dipakai pada bangunan industri.

Ketebalan dari atap spandek sendiri juga bervariasi ada yang mulai 0,30 mm sampai 0,50 mm dan bahkan bisa saja lebih tergantung pemesanan. Kelebihan penggunaan atap spandek :

  • Ringan
  • Anti pecah/retak
  • Anti patah
  • Anti keropos
  • Anti rayap
  • Tidak tembus sinar matahari
  • Bisa memesan berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan kita
  • Kuat tahan lama

Cara Memasang Atap Spandek pada Bangunan Rumah

Cara Memasang Atap Spandek

Atap spandek sekarang ini memang sedang ramai digunakan untuk keperluan atap bangunan seperti rumah. Karena kualitas atap ini terbilang sangat awet dan harganya cukup murah. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua tukang bangunan paham mengenai cara memasang atap spandek dengan baik dan benar.

Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara dalam pemasangan atap spandek.  Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Mengukur Jarak Tumpuan

Pertama Anda harus melakukan pengukuran secara tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat. Silahkan Anda cari terlebih dahulu seberapa luas ruang yang tersedia dan besarnya atap spandek yang perlu digunakan. Jangan lupa juga untuk menentukan lebar atap spandek yang cocok dipakai.

Jika semua data tersebut sudah terkumpul, Anda bisa langsung melakukan pengukuran terhadap jarak tumpuan yang nantinya dibutuhkan oleh atap spandek.

  1. Membuat Desain Kuda-Kuda

Dalam pemasangan atap spandek, disarankan untuk menggunakan kuda-kuda baja ringan atau bisa juga galvalum. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti kemampuan kuda-kuda dalam menopang beban, tingkat kemiringan atap, dan juga penentuan panjang top chord.

  1. Memasang Kuda-Kuda

Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan desain kuda-kuda yang sudah dibuat tadi ke dalam wujud yang nyata. Namun sebelum itu Anda harus menggunakan pakaian pelindung sebagai keamanan. Usahakan untuk menggunakan celana dan baju yang memiliki lengang panjang, kacamata pelindung, dan sarung tangan. Jika sudah maka Anda bisa memulai untuk memasang kuda-kuda untuk menopang atap spandek tersebut. Langkah dalam pembuatan desain kuda-kuda ini harus dikerjakan dengan baik dan benar. Sebab jika salah, maka hal ini akan membuat atap spandek rawan ambruk.

  1. Pemasangan Reng Baja

Setelah memasang kuda-kuda dengan bentangan yang sangat kuat dan kokoh, maka pekerjaan pemasangan reng baja sudah bisa dilakukan. Reng ini nantinya akan dijadikan sebagai penopang atap spandek ketika dipasang sebagai atap. Sehingga pemasangan reng baja harus sesuai dengan ukuran lebar atap spandek yang ingin digunakan. Untuk jarak reng bisa Anda atur sendiri sesuai dengan lebar spandek. Dalam pemasangan reng ini harus cermat dan pastikan bahwa posisinya lurus.

  1. Memasang Atap Spandek

Kini sudah tiba waktunya untuk melakukan pemasangan atap spandek pada rangka atap baja ringan sudah dibuat sebelumnya. Untuk proses pemasangannya bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis atap logam yang lainnya. Dalam hal ini Anda membutuhkan sebuah sekrup khusus yang sudah dilengkapi dengan kepala dari karet supaya terhindar dari rembesan air. Pemasangan sekrup tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan mesi bor listrik, namun untuk mata bor juga harus sesuai agar lebih mudah dan cepat selesai.

  1. Mengecek Hasil Pekerjaan

Langkah terakhir adalah mengecek hasil pekerjaan yang sudah selesai dilaksanakan. Evaluasi hasil pemasangan atap spandek sangat penting dilakukan karena untuk memastikan bahwa semuanya sudah benar-benar terpasang dengan baik. Jika misalnya dijumpai pemasangan komponen yang kurang tepat, segera lakukan perbaikan supaya tidak tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Dengan demikian pekerjaan pemasangan atap spandek sudah memberikan hasil yang optimal.

Harga Atap Spandek Lengkap dan Terbaru 2021

Harga atap spandek di pasaran sekarang ini memang sangat beragam. Nah, bagi anda yang ingin memasang atap spandek di halaman rumah, pertokoan atau Perumahan berikut kami berikan daftar harga lengkapnya :

Harga Atap Spandek

Pada umumnya atap spandek di pasaran akan dijual dalam satuan per meter dan ada juga per lembar. Harga jualnya sangat bervariasi tergantung pada tingkat ketebalan atap spandek itu sendiri. Semakin tebal atap spandek yang anda beli maka akan semakin mahal pula harganya. Untuk harganya biasanya dijual mulai dari harga 50 ribuan rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah.

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Spandek Tebal 0.25mm Per Meter 51.500
Spandek Tebal 0.30 mm Per Meter 61.500
Spandek Tebal 0.35mm Per Meter 71.500
Spandek Tebal 0.40 mm Per Meter 82.000
Spandek Tebal 0.45mm Per Meter 97.000
Spandek Tebal 0.50 mm Per Meter 107.000
Zincalume 0,30 mm Per Meter 49.500
Zincalume 0,35 mm Per Meter 59.500
Zincalume 0,40 mm Per Meter 74.500
Zincalume 0,45 mm Per Meter 79.500
Zincalume 0,5 mm Per Meter 88.500

Harga Atap Spandek Transparan

Atap spandek transparan adalah salah satu jenis atap spandek yang paling banyak disukai dan diminati karena memiliki tampilan yang sangat menarik. Harga atap spandek transparan per meternya yang dijual di pasaran mulai dari 59 ribu sampai dengan 90 ribu rupiah. Untuk detail harganya mari lihat daftar harga atap spandek transparan berikut ini.

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Atap Spandek Transparan Tebal 0.30 mm Per Meter 59.000
Atap Spandek Transparan Tebal 0.35mm Per Meter 65.000
Atap Spandek Transparan Tebal 0.40 mm Per Meter 70.000
Atap Spandek Transparan Tebal 0.45mm Per Meter 80.000
Atap Spandek Transparan Tebal 0.50 mm Per Meter 90.000

Harga Atap Spandek Pasir

Atap spandek pasir juga merupakan jenis atap spandek yang tak kalah banyak peminatnya. Untuk masalah harganya bisa dibilang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan atap spandek transparan. Umumnya dijual dengan tingkat ketebalan mulai dari 0,30 sampai dengan 050 mm. Sedangkan untuk masalah harganya mulai dari 80 ribu sampai dengan 115.000 per meternya.

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Harga Atap Spandek Pasir 0.30 mm Per Meter 80.000
Harga Atap Spandek Pasir 0.35 mm Per Meter 90.000
Harga Atap Spandek Pasir 0.40 mm Per Meter 100.000
Harga Atap Spandek Pasir 0.45 mm Per Meter 110.000
Harga Atap Spandek Pasir 0.50 mm Per Meter 115.000

Harga Spandek Flat Per Meter

Tebal Ukuran  Harga Per Meter  Harga Per Lembar
Tebal 0.3 mm 120×240  Rp           64,000  Rp             128,000
Tebal 0.35 mm 120×240  Rp           71,000  Rp             142,000
Tebal 0.4mm 120×240  Rp           77,000  Rp             154,000
Tebal 0.45mm 120×240  Rp           85,000  Rp             170,000
Tebal 0.5mm 120×240  Rp           95,000  Rp             190,000
Tebal 0.3 mm 1 roll 25 meter  Rp           64,000  Rp          1,600,000
Tebal 0.35 mm 1 roll 25 meter  Rp           71,000  Rp          1,775,000
Tebal 0.4mm 1 roll 25 meter  Rp           77,000  Rp          1,925,000
Tebal 0.45mm 1 roll 25 meter  Rp           85,000  Rp          2,125,000
Tebal 0.5mm 1 roll 25 meter  Rp           95,000  Rp          2,375,000

Note:

  • Harga atap spandek diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Beda daerah sudah pasti akan ada perbedaan harga atap spandek tersebut.

Baca juga: Harga Atap Polycarbonate

Demikian tadi informasi yang sudah kami sampaikan tentang daftar harga atap spandek terbaru 2021, semoga artikel yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin membeli spandek.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa di toko bangunan setiap daerah pastinya memiliki kisaran harga spandek per meter yang berbeda-beda tergantung dari ketersediaan bahan tersebut. Jadi jika anda berada di kota-kota besar mungkin harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan membeli di daerah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *